kiko.starjesAvatar border
TS
kiko.starjes
Ini Dia Rayuan Manis Yang Paling Sering Dipakai Caleg
Pemilu 2014 memang dimulai tahun depan. Namun gaungnya sudah mulai terasa. Sejumlah calon legislatif pun bersiap terjun ke lapangan menjaring dukungan masyarakat. Modalnya? tentu saja “janji manis” dan “angin surga” demi kemaslahatan rakyat. Padahal “janji surga” yang kerap diumbar para calon wakil Rakyat sejatinya adalah amanat rakyat terhadap pemerintah yang memang sudah di atur dalam undang undang dasar 1945.

Pendek kata, janji manis para calon wakil rakyat sebenarnya adalah amanat konstitusi alias hak rakyat yang harus di tanggung negara dan tentu saja bukan semata mata karena visi misi caleg.

Berikut “Janji manis”yang sering diusung para caleg :




Pendidikan gratis
Dalam Pasal 31 UUD 1945 dinyatakan secara tegas, setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Negara juga memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang kurangnya 20 % dari anggaran pendapatan dan belanja negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan nasional. Artinya pendidikan gratis tidak muncul begitu saja semata mata karena dijanjikan para caleg.

Kesehatan gratis

Penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan berupa Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) sesungguhnya sudah diamanatkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan Undang-Undang Nomor 40/2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional yang harus dilaksanakan pemerintah dan jajaranannya. Pemerintah daerah (provinsi, kabupaten, kota) dipersilakan menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan berupa Jamkesmas daerah, supaya semua warga negara Indonesia memperoleh layanan kesehatan.

Anti korupsi
Sudah lazimnya seorang wakil rakyat akan disumpah tidak melanggar undang undang dalam menjalankan tugas. Termasuk tidak melakukan tindak korupsi. Lantas apakah ada jaminan seorang caleg tidak melakukan tindak korupsi setelah dilantik? semua kembali lagi pada pribadi masing-masing.

Dekat dengan Rakyat
Slogan ini seringkali dijumpai di baliho atau papan reklame para calon. Nyaris semua caleg mengklaim paling dekat dengan rakyat. Slogan ini biasanya dipadu dengan foto besar dengan tampilan wajah senyum ramah. Benarkah mereka merepresentasikan konstituen? Semua kembali pada pilihan masyarakat.

Bersih dari Korupsi
Semboyan yang satu ini dianggap paling menjual. Umumnya slogan ini tertulis jelas di baliho para caleg pemula alias pendatang baru. Jika dicermati, tentu saja mereka bebas korupsi karena memang belum pernah menjabat dan belum pernah terlibat dalam kebijakan anggaran.

Siap Bekerja Keras Menyejahterakan Rakyat
Slogan ini terbilang sangat umum. Hampir semua caleg menjanjikannya dalam setiap kampanye. Namun bagi seorang pemilih cerdas, janji ini tentu masih diawang-awang. Lantas seberapa hebat seorang caleg mampu menyejahterakan rakyat?



Itulah beberapa Janji Manisdari para Caleg yang sudah tidak asing lagi bagi kita, menurut ts mendingan yang pake slogan-slogan kaya gitu jangan dipilih apalagi yang slogannya Bersih dan Bebas Dari Korupsi mending pilih kalo ada slogannya yang Gantung atau Tembak Mati Koruptor emoticon-Big Grin Ada yang mau nambahin?

Terima kasih buat para kaskuser yang udah masuk dan komentar di trit sederhana ane.. Special trims buat mimin dan momod emoticon-Big Grin yang udah jadiin trit ini HT.. Ini HT yang ke.. ah, gak penting berapa kali. Oia gan, buat yg mau ngasih ane cendol ane terima langsung gak pake kontroversi hati. Asal jangan dibata ane ya gan.. Doa ane, semoga masih ada hari esok yang lebih baik untuk Indonesia. Salam kaskus!
Diubah oleh kiko.starjes 05-02-2014 02:52
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
59.1K
946
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan