Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xoarAvatar border
TS
xoar
ASEAN sepakat bangun jalur kereta dari China hingga Surabaya
ASEAN sepakat bangun jalur kereta dari China hingga Surabaya


Merdeka.com - Awal tahun ini Kementerian Perhubungan mengusulkan gagasan Trans-ASEAN-China Rail Link, sebuah jalur rel lintas negara, menghubungkan Kota Kumning, China sampai Surabaya, Jawa Timur, kepada Sekretariat ASEAN.

Kemarin, Jumat (20/12), dalam pertemuan ke-19 Menteri Perhubungan se-ASEAN di Kota Pakse, Laos, usulan itu disetujui.

"Seluruh delegasi mendukung proyek jalur kereta lintas negara itu untuk mendukung transportasi terintegrasi buat menumbuhkan perekonomian anggota ASEAN," seperti dikutip dari situs Kantor Berita Laos KPL

Pemerintah Indonesia sudah punya beberapa skenario untuk mewujudkan keterhubungan jalur kereta tersebut. Salah satunya adalah menyambung stasiun Malaka, di Malaysia, ke Dumai, Riau.

Akan ada pemaduan moda, setelah penumpang turun di Malaka, maka perjalanan ke Riau dilanjutkan dengan kapal feri atau jembatan. Dari sana, kereta akan disambungkan hingga Lampung. Perjalan ke Jawa juga akan dimediasi dengan kapal penyeberangan, baru dilanjutkan kembali dengan kereta yang jalurnya relatif sudah memadai di Jawa.

Awalnya, Trans-ASEAN-China Rail Link direncakan hanya menghubungkan Kumning hingga Singapura. Namun, Indonesia menilai jalur ini bisa disambungkan ke Tanah Air. Pemerintah yakin, pengiriman logistik lewat jalur KA lebih efisien dibanding hanya mengandalkan kapal.

Sejauh ini, proyek tersebut belum sampai tahapan perencanaan serius. Studi kelaikan sedang diupayakan dengan menggandeng lembaga donor.

Negeri Tirai Bambu sendiri serius mendukung proyek ini. Diberitakan Surat Kabar The Nation (25/9), Duta Besar China untuk Thailand Ning Fukui menilai, harus ada jalur kereta yang menghubungkan dua mitra dagang tersebut.

"Proyek jalur kereta ini adalah salah satu yang sangat didorong oleh China untuk masa depan," tuturnya.


http://www.merdeka.com/uang/asean-se...-surabaya.html

--------------------------------

pastinyo para tourist bakalan kaget kalau perjalanan kreta udah sampae di jakarta, banyak kendaraan main selonong aja. atau parahnya kereta nubruk lagi ma truk tangki minyak... emoticon-Big GrinDUUUAAAARRRR!! emoticon-Ngakak
Diubah oleh xoar 21-12-2013 02:51
0
9.1K
158
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan