dwikadimAvatar border
TS
dwikadim
skripsi anak kimia
Permisi gan, sist, ane cuma mau share sedikit pengetahuan ane tentang spektrometri massa. Semoga pengetahuan yang ane bagikan berguna buat anak-anak kimia tingkat akhir yang skripsinya tentang metil ester, silahkan dikomentari bila yang ane bagikan ini ada kesalahan. Kemaren ada temen ane yang nanya pembahasan spektrometri massa untuk metil ester dari minyak sawit, setelah ane ubek-ubek file-file kuliah ane dulu yang ada di kompi, plus nanya-nanya mbah google, akhirnya ane dapet juga pembahasan yang menurut ane cukup memuaskan (ini menurut ane lho, klo menurut agan/sista masih kurang silahkan dikomentari, kritik juga boleh emoticon-Big Grin)
Langsung aja deh cekibrot spectra massa yang mau ane bahas kira-kira bentukannya begini
Spoiler for spektra:

Oiya, maksudnya kata “bahas”, disini ane merujuk pada tujuan untuk menyimpulkan senyawa apakah itu?
Quote:

Quote:

Quote:

Dan beginilah kira-kira
Spoiler for ekspresi dosen pengujinya:

Seperti yang sudah dikatakan tadi, bahwa 90% kemungkinan senyawa ini adalah Methyl myristate, maka untuk membahasnya sebaiknya gunakan acuan bahwa senyawa ini adalah Methyl myristate (Mr=242 gram/mol). Kenapa perlu digunakan acuan? klo alesan ane si biar ga kayak maen lotre/tebak-tebakan berhadiah. Kita memang akan menebak, namun sebelum menebak kita sudah dikasih modal 90% kemungkinan, jadi menurut ane akan sangat efektif bila kita memanfaatkan 90% kemungkinan itu.
Oke kita mulai bahasnya, yang pecahan massanya ditunjukan(diberi notasi angka) adalah pecahan-pecahan massa yang sangat perlu kita bahas, angka-angka tersebut sudah secara otomatis dipilih oleh komputer, prosesnya gimana, ane juga ga ngerti(emang jago banget ya komputer ni, udah ngasih 90% kemungkinan, masih ngasih tau juga bagian yang penting-penting) oke kita ambil angka-angka itu :
242
211 yang diperoleh dari 242-31 (angka yang berwarna merah disini ane maksudkan bahwa pecahan massa ini tidak terdeteksi di alat spektrometri massa)
199 yang diperoleh dari 242-43
185 yang diperoleh dari 242-57
157 yang diperoleh dari 242-85
143 yang diperoleh dari 242-99
Dari mulai 157, 143, 129, 115, 101, dan 87. Kalau diperhatikan bilangan ini berkurang secara teratur, yakni -14, yang mengindikasikan hilangnya gugus CH2. Ini mengindikasikan bahwa senyawa ini memiliki rantai alkana yang panjang.
Quote:

Quote:


Quote:

Spoiler for McLafferty:

Nah setelah agan tau sebagian besar pecahan massanya, sekarang agan bisa jawab ke dosen penguji dengan gantengnya: “Setelah saya analisis pola-pola pemecahannya, dan saya bandingkan hasil analisis saya dengan database yang ada dikomputer, degan ini saya berkesimpulan bahwa senyawa ini adalah Methyl myristate”
Biar ga dikira asal ngomong sama si dosen, agan tunjukkan juga pemecahan senyawa-senyawa yang agan bahas tadi.
Sekian dari ane, semoga bermafaat buat orang yang tepat. emoticon-Big Grin

Spoiler for update benzena:
Diubah oleh dwikadim 20-12-2013 17:03
0
2.9K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan