batakposAvatar border
TS
batakpos
"Jumat Keramat" Ratu Atut Ditahan KPK

Jumat, 20 Desember 2013 | 20:27: Wib
batakpos


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah terkait kasus pemberian hadiah kepada Akil Mochtar semasa ia menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi dan menangani perkara sengketa Pilkada Lebak.

"Ditahan di rumah tahanan Pondok Bambu untuk 20 hari pertama," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Jumat (20/12).

Penahanan tersebut dilakukan setelah Ratu Atut diperiksa untuk pertama kalinya sebagai tersangka.

"Penahanan dilakukan dengan alasan subjektif penyidik," tambah Johan.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Bambang Widjojanto, meminta pihaknya diberi waktu sejenak mengambil nafas setelah memutuskan menahan Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.

Komisi masih berfokus menyidik kasus Ratu Atut dalam penanganan sengketa Pemilihan Kepala Daerah Lebak di Mahkamah Konstitusi. "Apa tidak bisa kasih nafas (sebentar) buat KPK?," kata Bambang.

Saat keluar dari gedung KPK, Ratu Atut tampak ketakutan dan terhambat keluar dari gedung KPK karena banyak wartawan dan simpatisan yang menunggunya.

Ratu Atut akhirnya dapat mencapai mobil tahanan dengan pengawalan petugas keamanan KPK dan polisi yang bertugas di gedung KPK.

KPK menetapkan Ratu Atut sebagai tersangka berdasarkan surat perintah penyidikan tertanggal 16 Desember 2013.

Adapun pasal yang menjerat Ratu Atut adalah Pasal 6 ayat 1 huruf a Undang-undang nomo 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi junto Pasal 55 ayat 1 ke I KUHP. Selain menetapkan status tersangka di kasus Pilkada Lebak, Ratu Atut juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Alat Kesehatan Banten.

Ketua KPK Abraham Samad menyatakan Ratu Atut bersama-sama dengan adiknya Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan diduga memberikan suap sebesar Rp1 miliar kepada Akil Mochtar semasa menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi melalui advokat Susi Tur Andayani yang juga sudah berstatus tersangka.ANT/OKZ

www.batakpos.co.id
0
1.3K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan