Jakarta - Tahun depan bus TransJakarta yang baru akan mulai dioperasikan. Seiring dengan itu, Pemprov DKI Jakarta juga perlahan memperluas haltenya.
"Ya sekarang aja sudah diperluas," kata Gubernur DKI, Joko Widodo di Balaikota Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Rabu (18/12/2013).
Ia menjelaskan jika di beberapa lokasi halte sudah dilakukan perluasan.
"Di Perintis Kemerdekaan sudah diperluas, Cempaka Putih juga," terangnya.
Ia mengharapkan dengan perluasan halte ini akan mengurangi antrean panjang penumpang TransJakarta. Terlebih saat jam pulang kerja.
"Kita ingin saat ada dua bus di halte bisa ada 2 antrean penumpang. Pintu haltenya ditambah. Jadi yang antre tidak kebanyakan. Bisa angkut lebih banyak," pungkasnya.
Sekitar 314 bus TransJakarta akan didatangkan secara bertahap tahun depan. Bus-bus ini akan dioperasikan di beberapa koridor yang dinilai saat ini masih kekurangan armada.
Penambahan armada ini juga untuk mendukung program pemprov DKI yang ingin mendorong pengguna kendaraan pribadi pindah ke transportasi massal.
ga sabaran banget sih nih panastak mau ngajak debat grrrrrr.....
==============================
btw, setelah jokowi ahok wa pecut pake kritikan cerdas , maka si jokowi ahok menitahkan kepadah para anak buahnya untuk segera membuat halte busway menjadi seperti ini, agar masalah kemacetan yang akan melanda lajur busway di semua koridor setelah 1000TJ didatangkan dari china datang tuntas dengan hasil membawa kenyamanan bagi penumpang dan sopir TJ
Quote:
Original Posted By chipschups►orang2 dah mikirin seribu langkah lebih maju kok
nih gw kasi konsep halte busway kedepan
Spoiler for :
jangan takut busway bakal stuck di jalurnya
justru penumpang bakal seneng kalo tiap berapa menit busway nongol gk kek sekarang
setengah jam sekali aja udah bagus
Spoiler for :
ini contoh halte mana aja yang mw direnovasi lengkap dengan data rasio penumpang
untuk koridor blok m-kota dan dukuh atas-ragunan yang jadi prioritas pertama
pajang di depan biar pinter
============================================== Pesan dari bata yang paling mengerikan
==============================================
komentar terpilih yang berdasarkan dari pengalaman kaskuser di TJ akan wa sematkan disini yah , THX atas Sharing nya semua kaskuser yang sudah memberikan komentar di thread ini
Quote:
Original Posted By GalankBrindill►Sorry gaan nyelaa,
Ane salah satu Satgas Pelayanan Bus TransJakarta, koridor 9 (petugas yg di dlm bus nya).
Untuk proses penaikan/penurunan penumpang itu ga ampe 1 menit gaan (tp bukan di halte transit).
Untuk halte transit sendiri seperti di UKI, BNN, Kuningan, Semanggi, Grogol bisa menghabiskan kurang lebih 4-5menit (untuk jam pulang kantor) tergantu waktu juga gan.
Karena disini kami lebih memprioritaskan yang ingin turun terlebih dahulu, kemudian baru yang naik, supaya tidak terjadi bentrokan antar penumpang dan juga menghindari hal2 yang tidak diinginkan seperti (copet/pelecehan/atau yg lainnya).
Untuk proses penurunnya sendiri diperlukan waktu yg lumayan cukup, karna sebagian penumpang yang mau turun itu terhalang oleh penumpang yang mau naik, (karna proses penaikan/penurunan penumpangnya melewati pintu yang sama), kecuali di halte Semanggi arah PGC/Pinang Ranti. karna cuma dihalte itu yg pintu penaikan/penurunannya melewati pintu yg berbeda.
Untuk masalah busway lama datengnya itu ga cuma dari jalur atau armadanya aja, tp juga ada faktor2 lain seperti TL/lampu merah dan tempat pengisian BBGnya,
Banyak halte2 busway yang letak/posisinya berdekatan dengan TL/lampu merah seperti Grogol, Slipi, Kuningan, Pancoran arah pluit, dan TamanMini, yang menghambat proses Ritase. (Kadang pada saat jam pulang kantor nunggu 1 armada busway lewat aja bisa lebih dr 30mnt, itu jg udh sukurr, tapi sekalinya dateng bisa langsung 4-5 bus berentet/berturut2).
Jujur ajaa, anee juga suka gedeg klo lagi ngelewatin lampu merah Tomang/Kuningan, soalnya IJO nya cepet bgt gaann' merahnya lamaa. di lampu merah itu aja bisa2 ngabisin waktu 20menitan, bahkan bisa lebih kalo kondisi hujan jalur macett.
Klo untuk pengisian BBG itu sendiri, 1 armada busway single butuh waktu 15-20 menit, dan untuk busway yang gandeng bisa 25-30an. (itu 1 armada yaa, belom antrinya) bayangin aja misalkan ada 10 armada busway yang mau isi BBG barengan..
Yaaa mudah2an ajaa kondisi DKI Jakarta bisa sperti yang agan2 dambakan selama ini, bebas macet, banjir, dsb.
anee juga masih sering telat ke kampus gara2 kejebak macet dibusway pad saat kerjaa. :
Quote:
Original Posted By gatotkacabodoh►Numpang komen juga gan....
Ane sebagai penumpang busway ngerasain sendiri kalau problemnya banyak, contohnya sbb:
-nunggu 1 busway aja bisa sampe 1 jam T_T
-kalo antrian ampun2an, sering sudah sampe depan, ternyata busway yang dateng penuh banget, akhirnya jadi nunggu busway berikutnya
-penumpangnya masih banyak yang ga tahu diri gan, apalagi waktu turun ama naik, biarpun udah ditegasin ama petugas ampe suaranya udah mau abis, tetap aja yang naik main egois, ga mau kasih penumpang busway untuk turun dulu. Pernah baru hari senin kemarin ane sampe ngomel gan, tapi tetap dicuekin ama ibu-ibu dan mbak-mbak yang mau naik !!
-penumpang yang antrian naik busway masih aja kayak orang udik gan, main dorong-dorongan dan ga sabaran, saya juga sempat ngomel ke bapak yang dibelakang tapi sering dicuekin juga. Kayaknya memang mental orang kita yang jadi masalah utama gan.
Ya akhirnya saya cuma bisa berharap tidak hanya fasilitas busway yang makin diperbaiki, tetapi mental, sikap dan sifat penumpang kita juga harus diperbaiki gan, apalagi kebanyakan masih tidak menghiraukan sisi keamanan, ini sangat memprihatinkan, jangan sampai benar-benar seperti orang-orang di India.
Quote:
Original Posted By aeromegablast►Ane salah satu pengguna TJ jg menyayangkan mental penduduk yg mau dibilang intelek tp enggak kenyataannya.
Ane pernah antri di halte yg samping polda, trus ada bapak2 berpakaian rapi seperti org kantoran yg seharusnya intelek. Jadi kondisinya si pintu otomatis yg di halte tiba2 ditahan ketika mau nutup.
Ane udh ngingetin itu bisa ngerusak pintu, tp apa jawaban dia.. " panas, biarin aja.." Rasanya pgn tunjuk2 dimuka nya.
Dikasih tau yg bener malah gitu sikapnya. Mudah2an dia ngaskus trus baca tulisan ane
Quote:
Original Posted By denoveline►kalo buswaynya ditambah tapi jalurnya ga di yang ada malah penumpukan,.ujung-ujungnya malah busway nya yang bisa macet di jam sibuk dong?
mending busway dibuat jalur khusus aja sama seperti halnya kereta,.,soalnya sampai saat ini klo ke mangga dua nunggu di halte pademagan nunggu busway arah pgc bisa 1 jam lebih,.klo nyambung kampung melayu juga sama,.ujung-ujungnya lebih lama di jalan dari pada waktu yang dihabiskan untuk belanja,.klo ane naek sepeda dari pgc ancol paling sejam,.
sayang banget pemkot belum bisa nyediain jalur sepeda dan parkiran sepeda di mall-mall,.mungkin klo itu tersedia bisa jadi akan ada peralihan dari yang biasanya naik kendaraan umum dan kendaraa bermotor pindah pakai sepeda kalau ga terlalu cape
Quote:
Original Posted By VLylsp►bakal sesuai rencana gk tuh?
ane sebagai penumpang TJ jurusan x deres mau komen juga
-bisnya jarang gan arah x deres
- bisnya kadang ACnya panas gan malah sesek lagi penumpang pada numpuk ditengah swt
-antrian bis jurusan x deres dr harmoni bujung dah apalagi pas jam pulang kantor , kek mo ngantri nonton konsernya jekate gan. panjang beudhh
-udh ngantri berjam-jam, blm kena macet di roxy plus sekarang lg ada perbaikan d samsat macetnya ampun dah
-klo penumpangnya no komen.dah udh pd tau semua kelakuknya
ane berharap bis nya tuh diganti plus diperbanyak soalnya buat naik aja butuh waktu lama plus macet. mending dpt duduk si oke, ini BERDIRI BERJAM-JAM hampir tiap hari.
banyak kasus ane alami dr mulai bis mogok ditenggah jalan(harus pindah dr bis yg lain yg bisnya udh penuh sam penumpang)
pintu bis pas dibuka ambruk
ah tapi pencuma ane curhat disini, gk ada yg peduli
Quote:
Original Posted By yudaasuka►ikut komen yaa. ane bukan pengguna sering TJ sihh..
tp kalo ada problem sama motor ane ane sealu menggunakan TJ untuk brngkat kuliah dr jurusan kp.rambutan ke Taman anggrek
pengalaman ane saat make Tj dan ngelihat Tj setiap hari saat berangkat kuliah
- make Tj lumayan bisa ngirit ongkos
- kalo ngeliat orng" ngantri naik Tj bujeng dari pintu halte ngantrinya bisa sampe tangga naik nih biasanya sering trjd di darah semanggi dan sekitarnya
- belom lagi bus yang mau di naikin udh penuh sesak
- terus bnyk bgt bus Tj yang sering mogok di jalur
- bnyk juga orang yang nembus jalur busway sampe bikin Tj nya macet
kalo ane sih mikir 2x untuk naik busway, soalnya jam brp coba ane hrs berangkat naik motor aja yg bisa selap selip gtu aja jam 6 udh hrs brngkt anS E N S O R
sbnrnya masalah untuk masyarakat untuk menggunakan busway itu di waktu gan.. asalkan perbandingan naik busway sama naik motor bisa lebih cepet naik busway ane mau dehh naik busway
kalo ane buat saran kedepanya lebih baik busway di ganti sama kereta aja gan, di buat jalur khusus yang ga mungkin ada pengguna kendaraan lain masuk ke jalurnya
kalo kereta ane sering make, untuk jalan" hari libur ke mangga 2, aduh bener deh kereta itu nyaman bgt udh ga macet fasilitas bagus..
kalo untuk perbandingan waktu naik kereta sama naik motor jauh bgt, naik kereta hampir bisa menghemat waktu 1,5jam dari naik motor
gimana jakarta mau nanggulangin macet loh kendaraan darat di tambah
ya tambah macet.. kan logikanya gtu