jumanAvatar border
TS
juman
Jokowi Gunakan Ikan Koan untuk Bersihkan Eceng Gondok di Waduk



JAKARTA, KOMPAS.com— Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menebarkan ribuan ekor ikan koan (Ctenopharyngodon idella) di sejumlah waduk di Ibu Kota. Ikan tersebut bermanfaat untuk mengendalikan populasi tanaman gulma eceng gondok di waduk.

"Metode pembersihan ini bersifat biologis dan ramah lingkungan. Ini arahan Pak Gubernur," ujar Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin melalui siaran pers kepada wartawan, Kamis (12/12/2013).

Penggunaan ikan koan untuk membersihkan tanaman eceng gondok ini juga sudah dilakukan di beberapa daerah, antara lain di Danau Kerinci, Jambi, dan Danau Limboto, Gorontalo.

Unu mengatakan, persoalan kebersihan tidak hanya terjadi di waduk, tetapi juga di permukiman warga. Untuk itu, Dinas Kebersihan menjajaki kerja sama dengan perusahaan swasta untuk membina komunitas 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Kerja sama dengan pendanaan corporate social responsibility (CSR) itu telah dilakukan dengan PT Astra International Tbk. Pemprov DKI juga menggandeng akademisi untuk penanganan sampah warga.

"Kita sedang kerja sama pemrosesan sampah secara alamiah dengan beberapa perguruan tinggi, yakni Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung," ujar Unu.

Menurut Unu, UGM telah berhasil memproses sampah secara alami di Pasar Induk Sayur Mayur Gamping, Yogyakarta. Sampah itu diubah menjadi tenaga listrik yang digunakan untuk penerangan pasar.

Adapun UI tengah menjajaki teknik pengolahan tanaman eceng gondok menjadi etanol. Unsur kimia tersebut bisa digunakan untuk bahan bakar. Sementara itu, ITB juga menciptakan teknik pengolahan sampah di skala kelurahan dan kecamatan yang telah teruji.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, kebersihan di lingkungan perumahan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga masyarakat. Oleh sebab itu, ia mengajak semua warga berperan aktif menjaga kebersihan di lingkungannya sendiri. "Kita (Pemprov DKI) sudah berkomitmen. Tinggal masyarakatnya saja yang menunjukkan komitmen menjaga kebersihan," ujar Jokowi.

emberrr

waduk bakalan dipenuhi mancing mania ni ganemoticon-Ngakak,trus bakalan ada siomay ikan koanemoticon-Ngakak

ikan koan atau grass carp




Hebatnya lagi ikan ini kabarnya ada yang mampu tumbuh hingga 1,2 Meter dangan berat 18 KG, dengan masa hidup maksimal antara 5 hingga 9 tahun. Namun tentu saja tidak semua ikan Grass Carp bisa tumbuh sebesar itu dan kemungkinan panjang rata-rata untuk Grass carp dewasa adalah kira-kira 50Cm


SILAKAN BACOTemoticon-Cendol (S)


video ikan koan


tapi jgn mimpi di jakarta bakalan kek itu ganemoticon-Ngakak



baru dijakarta ini ikan sapu2 dimakanemoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh juman 13-12-2013 10:59
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
21K
213
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan