

TS
jgr
Diskusi tentang suspensi dan adjustable seatpost
Karna saya lihat belum ada diskusi yang spesifik tentang tehnis suspensi, saya akan mencoba memulai sebuah diskusi yang lebih mengarah ke masalah tehnis dan seluk beluknya, dalam hal ini juga termasuk adjustable seatpost (sama sama menggunakan sistem hidrolis dan pneumatis).
Saya akan memulai nya dengan hal hal sederhana yang sering dibicarakan oleh rekan rekan goweser.
Macam macam spring dan kelemahan serta kelebihannya
Saya akan memulai nya dengan hal hal sederhana yang sering dibicarakan oleh rekan rekan goweser.
Macam macam spring dan kelemahan serta kelebihannya
- Coil spring
Plus
- Lebih mudah dalam perawatan
- Relatif lebih tangguh dakam penggunaan yang berat
- Memiliki kurva relatif linier / natural progressive
- Bila spring rate pas dengan berat tubuh, relatif kerasa lebih lembut, terutama pada awal travel/initial stroke
Minus
- Mempunyai bobot yang lebih berat
- Bila spring rate tidak sesuai dengan bobot tubuh, meski ganti spring
- Untuk mendapatkan bobot yang ringan meski menggunakan material yang mahal (titanium)
- Air spring
Plus
- Mempunyai bobot yang ringan
- Mudah disesuaikan dengan bobot tubuh
- Relatif bersifat progresif, sehingga sekaligus berfungsi sebagai anti bottoming (mentok)
Minus
- Perawatan yang lebih ribet
- Adanya gesekan yang kuat antara seal dan dinding silinder, menjadikan relatif kurang responsif bila dibandingkan dengan coil spring, terutama pada initial stroke
- Seiring pemakaian, bila tidak terjadi keausan yang menyebabkan kebocoran angin, seal bisa mengembang sehingga gesekan menjadi semakin kuat dan menjadikan semakin kurang responsif


davecchio memberi reputasi
1
67.5K
143


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan