KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
5 Kasus Kehamilan yang Berisiko Hukum
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52a98697fdca17ab1e8b460f/5-kasus-kehamilan-yang-berisiko-hukum

5 Kasus Kehamilan yang Berisiko Hukum

Halo Agan-aganwati sekalian!

Gak ada orang tua yang ingin anak-anaknya melakukan hubungan seks sebelum nikah, percaya deh, apalagi kalau anaknya cewe. Orang tua tentu tidak ingin anak perempuannya hilang keperawanannya sebelum dia menikah secara sah.

Tak bisa dielakkan kalau dewasa ini remaja, bahkan masih di usia sekolah, melakukan hubungan intim dengan kekasihnya. Bahkan, untuk nunjukkin rasa cintanya ke pacarnya, dia rela memberikan keperawanannya hingga berujung pada kehamilan. Waduh emoticon-Cape d... (S)

Pergaulan yang terlalu bebas, kurangnya pengawasan orang tua, dan besarnya rasa ingin tahu remaja akan seks membuat mereka terjebak dalam kasus seks pra-nikah.

Nah, berikut kami merangkum seputar kasus kehamilan beserta risiko hukumnya yang pernah dimuat di Klinik Hukumonline, langsung cekidot aja yuk gan!

1. Hamil Duluan, Si Wanita Tidak Punya Bukti, Pacar dan Orang Tua Pacar Menolak Bertanggung Jawab

Ini dia gan yang sering kejadian. Banyak pasangan yang berpacaran hingga kelewat batas. Saking keasikannya, bablas deh hingga berujung si wanita hamil. Atas kejadian ini, si wanita (21) meminta pertanggungjawaban pacar dan orang tunya. Akan tetapi yang jadi masalah adalah orang tua pacar menolak bertanggungjawab dan si pacar gak berani bertanggungjawab karena diintimidasi orang tuanya. Kalau sudah begini, apa yang bisa dilakukan si wanita?

Spoiler for Penjelasan:


2. Menikahi Wanita Hami Yang Ditinggal Pacarnya

Ada lagi ni gan permasalahan terkait wanita yang hamil sebelum menikah. Ada seorang laki-laki nikah sama perempuan hamil yang ditinggal sama pacarnya (alias ayah biologis dari anak si perempuan itu). Kemudian si perempuan melahirkan anak tersebut setelah perkimpoian dilangsungkan.

Kalau mereka cerai, apakah si anak (anak perempuan itu dan pacarnya) dapat warisan dari ayah yang bukan ayah biologisnya? Apakah setelah cerai, si laki-laki harus membiayai si anak sampai dewasa, walaupun anak tersebut bukan anak kandungnya?

Spoiler for Penjelasan:


3. Hubungan Badan Pasangan Remaja yang Belum Menikah Atas Dasar Suka Sama Suka Itu Tidak Memiliki Konsekuensi Hukum, yang Ada Hanya Konseskuensi Moral

Ada lagi yang bertanya apakah hubungan seks di luar nikah itu bisa disebut perzinahan? Sebenarnya bagaimana perzinahan yang diatur dalam KUHP itu? Adakah konseskuensi hukum saat wanita hamil dan pria menolak bertanggungjawab? Ini penjelasannya gan:

Spoiler for Penjelasan:


4. Status Anak Hasil Married by Accident

Tidak dapat dipungkiri kalau pergaulan remaja zaman sekarang sudah sebegitu bebasnya sehingga sangat mungkin terjadi kehamilan di luar perkimpoian.

Kalau sudah hamil, pasti si perempuan minta pertanggungjawaban si laki-laki untuk menikahinya. Dalam masyarakat, hal ini biasanya dikenal dengan sebutan married by accident.

Bagaimana nanti status anak hasil married by accident?

Spoiler for Penjelasan:


5. Menikah Sesudah Hamil Duluan

Gan, pasti pernah denger kan tentang pasangan yang sudah hamil duluan kemudian baru menikah. Sebagai contoh, artis-artis yang sudah hamil beberapa bulan, kemudian baru menikah. Terus ketauan sudah hamil duluan karena si wanita melahirkan hanya beberapa bulan sejak perkimpoian. Misalnya hanya 6 bulan sejak perkimpoian.

Nah bagaimana status anaknya jika si perempuan sudah hamil duluan sebelum menikah? Apakah anak tersebut adalah anak yang sah? Perlu ga sih dilakukan perkimpoian ulang setelah anak tersebut lahir supaya si anak jadi anak yang sah?

Spoiler for Penjelasan:


Quote:


Gitu gan. Risiko hukumnya bisa merambah kemana-mana hingga status anak dan permasalah hukum lainnya. Bagaimanapun juga, seks pra nikah dihindari sebaik mungkin ya gan. Masa remaja memang seru dan menyenangkan, tapi kalau nikmat sesaat tapi berujung masalah hukum, apa manfaatnya? Agan punya pendapat lain? Share di sini yuk!

Spoiler for Disclaimer:


lsc, tja

ane mau nanggapin yg no.2 aja. Berarti si anak dianggap ahli waris dari bapak nya meski bukan anak kandung ya. Klo bapak nya yg asli ternyata masih ada dan masih hidup gmana ya gan emoticon-Bingung (S)
Quote:


Kalo bingung, baca UU Perkimpoian ama Putusan MK 46/PUU-VIII/2010
makanya pakai kon*om

emoticon-Shutup
Diubah oleh wacka
mf gan utk kasus ini "Hamil Duluan, Si Wanita
Tidak Punya Bukti, Pacar dan
Orang Tua Pacar Menolak
Bertanggung Jawab"
pihak cwe bisa menggugat mnggunakan hukum perdata, atas dasar PMH. yg jd pertnyaan. klo si cwo ngelak bhwa itu bkan prbuatan dy, apkah hrus nunggu smpai anaknya lahir utk mndptkan DNA anak sbgai bukti?
Quote:


ini yg bener menurut ane mencegah lebih baik dari pada mengobati, safe sex
Quote:


Janji K.A.W.I.N tidak menimbulkan hak untuk menuntut, kecuali sudah diumumkan.

edited: kimpoi to kaw!n
Diubah oleh Night Stalker
kalau yg simpanan pasti aman gan... hihihihhihi... namanya disimpan pasti dirahasiakan... hahahahahaha
anjrit deh. jebmen banget. gua kira resiko hukum untuk dokter emoticon-Ngakak


nice try Gan Kumon emoticon-Ngakak
Iya kasian anaknya nanti yah gan
Mau komen atau nanya juga jarang di tanggepin sama si momod
resikonya tanggung penumpang
Diubah oleh majur
Mestinya ada suatu UU Kondisional yah... emoticon-No Hope
nikah dulu aja biar ngak ribet. hehrhe
Poin nmr2,enak bgt itu mah
kalo di barat banyak yg kayak bagituan.hamil tanpa suami karena sex bebas.kita orang Indonesia jgn ikut2an kyk gitu deh
Wahhh good info buanget nihh
Ternyta hamil duluan itu kalau menikah tidak dengan yang menghmili bisa mnjdi kasus besar ya gan sis, tp kan seblm mnikah sktg harus ada tes nya dlu. Hamil apa enggak.


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di