hukumonline.comAvatar border
TS
hukumonline.com
Ini Bukti Sistem Peradilan Kita Belum Bebas Dari Korupsi
Agan-Aganwati kaskuser melek hukum tercinta…

Tanggal 9 Desember biasa diperingati sebagai hari anti korupsi sedunia. Pada tanggal itu, setiap negara biasanya akan memperingati dengan berbagai cara. Termasuk juga Indonesia gan.. Di sini, biasanya KPK bakal bikin acara. Mulai dari yg serius seperti seminar sampai yang santai-santai, semisal perlombaan.

Sayangnya, walaupun diperingati tiap tahun, korupsi tak kunjung habis. Bahkan keliatan makin parah. Tiap hari kita lihat di media ada aja pejabat yg ditangkep gara2 terjerat pasal-pasal Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (“UU Tipikor”) yang udah diubah Undang-Undang No. 20 Tahun 2001.

Yang sangat disayangkan lagi, pelaku tindak pidana korupsi ternyata juga adalah para oknum aparat hukum atau setidaknya mereka yang biasa berurusan dengan proses peradilan. Oknum pelaku bisa jadi seorang pengacara yang menangani perkara, Polisi, Jaksa, bahkan Hakimnya.

Berikut ini beberapa kasus aparat hukum dan peradilan yg terjerat kasus korupsi. Hukumonline sengaja gak nampilin semua kasus. Tapi cuma kasus2 terbaru yang terungkap di media dan untuk mewakili instansi. Sebagai catatan, beberapa kasus di bawah seperti kasus yang dialami Mario C Bernardo dan M Akil Mochtar memang masih berproses. Sehingga masih ada kemungkinan di kemudian hari pengadilan memutuskan mereka tidak bersalah. Ya udah deh langsung cekidot gan:


Spoiler for Pengacara:


Spoiler for JAKSA:


Spoiler for Polisi:


Spoiler for Hakim:


Yah, semoga sih ga nambah lagi jumlah aparat penegak hukum kita yang berakhir di bui karena terjerat UU Tipikor. Tapi kita yang jadi masyarakat tetep harus waspada sih, kalo udah tau ada oknum yang melakukan tindak pidana korupsi, jangan ragu-ragu buat pengaduan ke KPK. Ngadunya bisa dari situs kpk.go.id kok, ga sulit kan.

Selain itu, kalo menurut agan-aganwati, apa aja sih yang bisa kita lakukan sebagai bagian dari masyarakat untuk memerangi korupsi? Yang jelas mulai dari diri sendiri sih ya, yakini diri sendiri ga mau terlibat yang begitu-begituan. Trus apa lagi gan? Ada ide-ide lain gak? sharing pendapat dan komentarnya yah… emoticon-I Love Indonesia (S)

Spoiler for Disclaimer::

0
90.1K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan