Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

polpen.macetAvatar border
TS
polpen.macet
[PPATK HERAN] Parpol Bisa Sewa Pesawat Tapi Tak Ada Transaksinya.
PPATK Heran Parpol Bisa Sewa Pesawat Tapi Tak Ada Transaksinya

Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyoroti tingginya transaksi keuangan partai politik saat Pemilu. PPATK menduga banyak parpol yang bertransaksi tidak secara tunai.

"Kita lihat rekening parpol tidak banyak, tapi aktivitas fungsionalnya Masya Allah. Dari mana bisa sewa pesawat?," kata ketua PPATK M Yusuf dalam Diskusi 'Pemilu Bersih Tanpa Politik Uang' di Kedai Kopi Deli, Jalan Sunda, Jakpus, Minggu (8/12/2013).

Menurutnya, untuk mencegah politik uang dalam Pemilu perlu terobosan. PPATK sudah bicara dengan Menkeu dan Gubernur BI yang salah satunya perlu pembatasan transaksi.

"Saya melihat kita perlu obat untuk (money politic) ini. Obatnya itu perlu ada regulasi pembatasan transaksi tunai saya sudah sampaikan ke Menkeu, Gubernur BI," ujarnya.

Ia berharap KPU juga punya terobosan untuk mengantisipasi politik uang yang sangat massif dan membudaya tiap kali Pemilu.

"Penyelenggara Pemilu harusnya pro aktif kasih rekening (parpol)nya ke PPATK," ucapnya.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/12/08/131815/2435611/10/ppatk-heran-parpol-bisa-sewa-pesawat-tapi-tak-ada-transaksinya?9911012"]sumber[/URL]

PPATK: Transaksi Keuangan Tinggi Saat Hari Pemungutan Suara

Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mencermati tingginya transaksi keuangan saat Pemilu berlangsung. Transaksi itu tinggi setahun sebelum Pemilu, saat hari pencoblosan, dan setahun setelah.

"Melihat contoh Pemilu 2009, modusnya ada pengijonan. Jadi (transaksi tinggi) satu tahun sebelum (hari pemungutan suara), pada saat pemungutan suara dan satu tahun sesudah," kata ketua PPATK M Yusuf dalam Diskusi 'Pemilu Bersih Tanpa Politik Uang' di Kedai Kopi Deli, Jalan Sunda, Jakpus, Minggu (8/12/2013).

Menurutnya, pola transaksi yang tinggi itu terjadi di setiap Pemilu, setidaknya terlihat di Pemilu tahun 2004, 2009 dan sekarang mulai terlihat gejalanya untuk Pemilu 2014.

"Ada semacam pengijonan dan sekarang sudah mulai. Ekonomi kita memang tidak terlalu bagus, karenanya saya melihat (mencegah politik uang) tak bisa tataran ideologis," ujarnya.

Soal rentang transaksi tinggi setahun sebelum Pemilu diduga untuk pembiayaan partai politik, pada hari pemungutan suara dugaan politik uang dan setahun setelah adalah upaya balas budi.

"(Transaksi tinggi setahun setelah Pemilu) ada upaya balas budi," ucap Yusuf.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/12/08/124248/2435589/10/ppatk-transaksi-keuangan-tinggi-saat-hari-pemungutan-suara?nd771104bcj"]sumber[/URL]

Jangankan sewa pesawatnya pak, orang sewa maskapai tanpa transaksi juga bisa pak. cukup dengan meramu kata2 "minjem ".

emoticon-Ngakak
Diubah oleh polpen.macet 08-12-2013 06:40
0
2.7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan