Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ararechanAvatar border
TS
ararechan
ente mau jadi caleg gan? 2 Miliar saja ongkosnya
Okezone.com memberitakan gan, yang intinya kalau ente pada minat mau jadi caleg, siapkan sekitar 500 jt sampai 2 M dari kocek agan-agan sekalian.

biar lebih apdol, ane kasih linknya gan http://m.okezone.com/read/2013/12/06/568/908080/wow-ongkos-nyaleg-tembus-rp2-miliar

JAKARTA - Untuk menjadi anggota legislatif tak dapat dipungkiri memang membutuhkan modal yang besar. Pasalnya, banyak calon anggota legislatif (caleg) yang berani mengeluarkan kocek sampai bermiliaran agar bisa duduk di kursi parlemen.  

Seperti diungkapkan Sekjen Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Yenny Sucipto, pengalaman dari caleg yang diperolehnya, mereka mengeluarkan modal yang bervariasi untuk kampanye dan rata-rata terbilang besar.   "Itu antara Rp500 juta, Rp1 miliar, bahkan ada yang sampai Rp2 miliar lebih, " kata Yenny, kepadaOkezone, Kamis (5/12/2013).  

Dia menuturkan, para caleg itu membutuhkan modal yang besar karena membutuhkan biaya operasional untuk pemenangannya. Mulai dari biaya sosialisasi, dan mobilisasi dicabang, hingga ke kelompok-kelompok bawah yang mendukungnya.  

Jelang Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, kata Yenny, tentunya para Caleg sudah menyiapkan dana dengan nominal tertentu untuk bisa menjadi anggota dewan. Kendati, memang masih ada caleg yang memang tidak mengeluarkan banyak dana untuk bisa sampai ke parlemen.   "Tapi masih ada juga yang tidak pakai modal, karena itu modal untuk menjadi Caleg itu bervariatif," tandasnya.   Lebih jauh, Yenny menambahkan, persoalan besar atau tidaknya dana kampanye itu tidak menjadi persoalan selama dapat dipertanggungjawabkan. (cns)
0
2.1K
34
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan