kerekokAvatar border
TS
kerekok
Masyarakat di Himbau Jangan Mudah Terprovokasi

Menjelang Pemilu tahun 2014, masyarakat jangan mudah diadu domba atau di provokasi. Banyak sekali kasus-kasus yang terjadi akibat masyarakat mudah di provokasi dengan alasan tertentu karena di adu domba oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab.
Akhir-akhir ini kita semua disuguhi tontonan maupun bacaan di media massa cetak maupun elektronik dengan sejumlah insiden kekerasan yang memilukan seperti insiden Bekasi, insiden Buol Sulteng, insiden Muara Gembong Bekasi, Insiden Muko Muko, Sumbar, Insiden Manokwari dan insiden Musi Rawas, Sumsel. Munculnya insiden sekecil apapun itu harus dikategorikan gejala kekerasan baik horizontal maupun vertikal yang harus ditolak agar tidak semakin berkembang. Insiden itu juga menjadi bukti, masih adanya oknum-oknum yang suka mengadu domba sesama warga bangsa. Meski pahit untuk diungkapkan, tetapi itulah kenyataannya pada era reformasi ini.
Walaupun sudah mendapat jaminan keamanan dari aparat keamanan yang memadai, tetapi berbagai tindak kekerasan masih sulit untuk dihilangkan. Hal ini sangat ironis karena bangsa kita telah membuktikan sebagai bangsa yang cinta damai, yakni kita mampu menggelar pemilu dan pilpres secara damai. Setiap gejala kekerasan baik yang bersifat horizontal maupun vertikal tidak boleh dianggap sepele, karena dampaknya dapat membahayakan bagi kelangsungan bangsa dan negara. Pemerintah tidak boleh membiarkannya berkembang luas dan tak terkendali.
Untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah maupun pihak terkait secara terbuka harus mengutuk tiap aksi dan reaksi yang dilakukan kelompok mana pun yang nyata-nyata cenderung dapat memicu kekerasan baik horizontal maupun vertikal. Dengan demikian, semua pihak akan mengerti, Presiden juga menentang tiap gejala kekerasan baik horizontal maupun vertikal.
Pemerintah juga memberi instruksi secara terbuka kepada aparat keamanan (TNI/Polri) untuk meningkatkan pemberian jaminan keamanan bagi semua anak bangsa. Dalam hal ini, aparat keamanan harus segera menindak tegas terhadap pihak mana pun yang nyata-nyata hendak mengganggu keamanan. Karena, tanpa ada tindakan tegas, gejala kekerasan baik horizontal maupun vertikal sekecil apa pun bisa berkembang dan jadi bentuk teror baru bagi masyarakat kita.Ibarat sepercik api, jangan sampai dibiarkan berkobar menghanguskan seluruh negeri tercinta ini.
Selain itu, yang tidak kalah pentingnya kita harus terus waspada, tidak mudah terpengaruh oleh provokasi/adu domba yang dapat menyesatkan serta senantiasa menyikapi setiap permasalahan dengan pikiran jernih dan akal sehat. Bila ada masalah, perlu ditelusuri dan dicek dulu kebenarannya, kemudian baru dicarikan jalan keluar terbaiknya.
0
896
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan