jajang100Avatar border
TS
jajang100
Ketua DPP Golkar: Jokowi Lebih Banyak Beringinnya Daripada Banteng
Jakarta - Ketua DPP Partai Golkar Indra J Piliang menilai kinerja Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) cenderung mirip dengan kader partainya. Hal ini disampaikannya menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia.

"Kalau Jokowi itu dari segi politik orang yang beringin tapi besar di bantengnya. Jokowi lebih banyak menggunakan bahasa politik Golkar ketimbang marhaenisme," ujar Indra di kantor Indikator pimpinan Burhanuddin Muhtadi di Jl Cikini V, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (1/12/2013).

Ia mencontohkan ketika Jokowi menghadapi tuntutan buruh. Menurutnya, Jokowi tidak membela tuntutan upah buruh Rp 3,7 juta karena memperhatikan kebutuhan pengusaha. "Kalau marhaenis pasti mengutamakan kepentingan buruh," ujar Indra.

Indra menambahkan antara sosok dan konstituen partai terkadang juga tidak sejalan. Menurutnya, parpol tak semuanya memiliki konstituen dari kalangan urban yang lebih memilih sosok atau citra.

"Golkar misalnya yang didukung pemilih di pedesaan, lebih banyak masyarakat plural daripada urban. Maka kepentingan Golkar lebih banyak bicara pedesaan. Mungkin dari publik tak terwakili tapi dari konstituennya lebih terwakili," ujar Indra.

Terkait masalah pencapresan, Indra menilai lebih cepat Jokowi maju maka lebih baik. Tapi kritiknya adalah agar rakyat melihat sosok seperti Jokowi tak bisa lepas dari kepentingan partai.

"Jadi nanti, Jokowi ini menjalankan kepentingan partai. Ini logika yang muncul dari hasil survei ini. Artinya kita tunggu Jokowi jadi capres PDIP," ujar Indra.

Komentar Indra tersebut menanggapi hasil survei Indikator Politik Indonesia terkait sosok presiden yang diinginkan. Survei ini juga menyimpulkan rakyat cenderung tak mempercayai partai dibandingkan sosok yang jujur dan peduli pada rakyat seperti Jokowi.

Survei ini sendiri dilakukan dari 10 Oktober-20 Oktober 2013 dengan 1.200 responden melalui metode wawancara tatap muka. Error sampling mencapai 2,9 persen, dan nama Jokowi lagi-lagi mengungguli tokoh-tokoh capres lainnya.

[url]http://news.detik..com/read/2013/12/01/170741/2428964/10/ketua-dpp-golkar-jokowi-lebih-banyak-beringinnya-daripada-banteng?n991102605[/url]

Mau nebeng ketenaran Jokowi tapi tetap aja Golkar ga bakalan laku.
0
1.5K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan