Win.DoraemonAvatar border
TS
Win.Doraemon
RUPIAH TEMBUS 12.000/DOLLAR, BI Minta Masyarakat Tenang.
NILAI TUKAR RUPIAH SAAT INI, DATA BLOOMBERG


ini adalah statistik pergerakan mata uang kawasan Asia Pasifik, dimana dapat dengan jelas kita lihat bahwa mata uang yang nilainya drop paling banyak jika dibandingkan dengan USD ialah JPY (Japan Yen) ini memang disengaja oleh PM Shinzo Abe karena memang nilai tukar yensudah sangat tinggi. Lalu disusul dengan India yang pada awal krisis bulan agustus 2013 merupakan mata uang yang nilainya paling anjlok, tetapi sudah berangsur pulih...
BAGAIMANA DENGAN RUPIAH (SAYA GARIS MERAH)!!!!!! dari nilai terendah Rp 9590/dollar (ini kalau saya pakai data lebih lama kita sudah berhasil rebound ke nilai DIBAWAH 8.900-an!!!!! dan sekarang adalah masa yang sulit karena sekarang adalah nilai terendahnya (bisa bertambah lagi) rupiah! masa negara lain sudah banyak yang pulih kita malah tambah hancur emoticon-Cape d...
sorry gw bukan pemain forex




Gubernur Bank Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan nilai tukar rupiah yang melemah hingga Rp 11.800 per dollar AS masih mencerminkan kondisi fundamental Indonesia, yang masih sangat terpengaruh oleh faktor eksternal

"Rupiah dalam kondisi di tingkat yang mencerminkan fundametnal ekonomi kita. Ini satu kondisi yang dipahami BI. Ini memang faktornya eksternal," ujarnya Rabu (27/11/2013).

Selain itu, dia juga menyebutkan ada kenaikan permintaan dollar AS yang signifikan jelang akhir November ini. Beberapa di antaranya digunakan untuk repatriasi keuntungan, pembayaran hutang yang jatuh tempo, serta bunga.

Menurut Agus kebutuhan perusahaan swasta akan dollar sudah dipenuhi bulan sebelumnya, meskipun masih ada kebutuhan dollar untuk lain hal di akhir bulan ini.

"Mohon jangan khawatir. Tapi Indonesia sekarang, semakin ramping, fit, semakin siap dan nilai tukar rupiah pun sudah disesuaikan, sudah lebih lemah dari sebelumnya," pungkasnya.

Terkait dengan pengurangan stimulus perekonomian oleh Federal Reserve, AGus Marto memperdiksikan langkah itu kemungkinan bakal terjadi pada kuartal I-2014.

"Dari laporan perekonomian Amerika Serikat saat ini, angka retail lebih buruk dari perkiraan, sehingga pemangkasan stimulus ekonomi mungkin akan terjadi di kuartal I-2014," lanjut Agus.


http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...yarakat.Tenang

anjrit nih si agus!!! dollar lemah malah suruh tenang dan malah nilainya 'sengaja' lemahin !!! dasar tai!!! sekolah tinggi2 tapi otak udang!!! emoticon-fuck
PESAN ANE : MASYARAKAT HARUS TENANG DALAM ARTIAN JANGAN TUKAR RUPIAH KE DOLLAR LAGI!!! STOP TUKAR RUPIAH JADI DOLLAR!
SOLUSI : MENYIMPAN SESUATU SEPERTI EMAS ITU LEBIH BAIK DIBANDINGKAN TUKAR DOLLAR YANG BUAT EKONOMI TAMBAH HANCUR!!!





Presiden SBY: Alhamdulillah, Ekonomi Indonesia Terus Tumbuh


Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pagi ini membuka Kompas 100 CEO Forum, yang dihelat di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Dalam forum bertajuk "Perhelatan Politik dan Momentum Menjaga Pertumbuhan Ekonomi" tersebut, SBY menyampaikan empat pandangannya tentang perekonomian Indonesia.

"Pertama, sejumlah realitas, tren, dan tesis, kalau kita bicara ekonomi, saya ingin kita berangkat dari cara pandang yang relatif sama. Meskipun dunia bergejolak, Alhamdulillah ekonomi Indonesia terus tumbuh," kata SBY, di Jakarta, Rabu (27/11/2013).

Kedua, lanjut SBY, jika permasalahan mendasar yang menghambat pertumbuhan ekonomi bisa dituntaskan, sebetulnya perekonomian Indonesia bisa tumbuh lebih tinggi.

Ketiga, Presiden mendorong agar pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan para ekonom untuk tekun, sabar dalam mengelola ekonomi Indonesia.

Presiden juga memandang, perekonomian Indonesia setiap saat bisa mengalami gejolak, di luar karena faktor eksternal. Bahkan katanya lagi, saat inipun ia merasakan ada gejolak ekonomi.

Dari empat pandangannya itu, ia menyampaikan empat poin pertanyaan penting yang bisa didiskusikan dalam forum yang juga dihadiri oleh 11 elit partai politik itu.

"Dari empat pandangan tadi, saya garisbawahi bagaimana kita mengelola ekonomi di akhir 2013 dan menjaga pertumbuhan ekonomi di tahun pemilu. Ada empat poin pertanyaan, pertama, ada apa dengan ekonomi kita? Seberapa besar tekanan yang kita alami? Langkah apa yang akan kita lakukan? Dan apa yang kita harapkan, meski politik akan memanas karena Pemilu, agar ekonomi tumbuh, dan pertumbuhan terjaga," sebut SBY.

Usai menyampaikan pidatonya soal perekonomian bangsa tersebut, Presiden menekan tombol sebagai tanda Kompas 100 CEO Forum dibuka. Turut mendampingi SBY membuka resmi forum, yakni Pemimpin Umum Kompas Jakob Oetama, CEO Kompas Gramedia Agung Adi Prasetyo, Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo, dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.

http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...a.Terus.Tumbuh

DUNGU!!!! emoticon-Mad (S) EKONOMI ITU BUKAN CUMA STATISTIK BEGO!!! TAPI SITUASI YANG NYATA!!!! JANGAN CUMA TERPAUT DENGAN PERSENAN DASAR bodoh!!!





Transaksi Dollar AS di Bank Sudah Tembus Rp 12.000

Nilai tukar rupiah di pasar spot pagi ini, Kamis (28/11/2013), kembali melemah dan mendekati level Rp 12.000 per dollar Amerika Serikat. Pada pukul 08.47 WIB, nilai tukar rupiah melemah 0,33 persen menjadi Rp 11.925 per dollar AS.
Kondisi ini memengaruhi nilai tukar rupiah yang diperdagangkan di beberapa bank besar di Indonesia. Beberapa bank bahkan sudah mematok dollar di atas Rp 12.000 per dollar AS. Bank Mandiri, misalnya, mematok posisi jual dollar AS di posisi Rp 12.005 per dollar AS.
Begitu juga dengan Bank International Indonesia (BII) yang juga mematok posisi jual dollar AS di posisi Rp 12.125 per dollar AS. Sementara Bank Central Asia (BCA) mematok posisi jual dollar nyaris menyentuh Rp 12.000 per dollar AS, yakni di posisi Rp 11.990 per dollar AS.

http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...mbus.Rp.12.000

SEKARANG UDAH NAIK LAGI!!!

GILA KAGAK ADA OTAK NIH BI SAMA MENKEU!!!! DOLLAR UDAH 12 RIBU MALAH TENANG!!! DOLLAR DI ATAS 10.500 BILANG SANTAI AJA! DIATAS 11 RIBU DIBILANG MASIH AMAN!!! SEKARANG 12 RIBU KITA DIMINTA TENANG AJA!!!! DASAR PEJABAT bodoh!!!
3 TOKOH PENTING (PARA EKSEKUTIF) YANG PALING BERTANGGUNG JAWAB YAITU :
1. PRESIDEN, SEBAGAI PEMEGANG KEKUASAAN GAK BISA APA2 CUMA FOKUS PARTAI DAN 'PERSENTASE PERTUMBUHAN EKONOMI', TAPI NGAK DENGAN FUNDAMENTALNYA :FUCK:
2. MENKEU CHATIB BASRI, SI TUYUL....
3. AGUS MARTOWARDOYO SELAKU GUBENUR BI!!! INI INTERVENSI CUMA NAIKIN BI RATE DOANK!!! bodoh! SURUH ORANG YANG BARU BELAJAR EKONOMI JUGA TAU!!!!

NON EXECUTIVE :
1. MASYARAKAT KONSUMTIF, TERUTAMA YANG DENGAN BANGGANYA GUNAIN BARANG LUAR NEGERI emoticon-Najis
2. SPEKULAN, DENGAN MODALNYA MEREKA BISA MEMBUAT EKONOMI SUATU NEGARA HANCUR (CONTOH : SOROS)
3. PERUSAHAAN YANG NGUTANG PAKAI DOLLAR, SAMA SEPERTI PEMERINTAH HOBINYA JANGAN NGUTANG DOLLAR AJA!!! KALAU GAK BISA BAYAR KAN EKONOMI NASIONAL JUGA YANG BERPENGARUH!!!! ( TAHUN 1998 HUTANG YANG JATUH TEMPOH KEBANYAKAN DARI PERUSAHAAN SWASTA DISUSUL PEMERINTAH)

TAMBAH ANCUR NIH NEGARA!!!emoticon-Mad (S) emoticon-Mad (S)


Jaga Rupiah, BI Intervensi

Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS melemah semakin dalam, Kamis (28/11). Rupiah nyaris menyentuh Rp 12.000 per dollar AS. Oleh karena itu, Bank Indonesia melanjutkan intervensi pasar untuk menjaga volatilitas nilai tukar rupiah dan menjaga ketersediaan valuta asing.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), kemarin, nilai tukar rupiah Rp 11.930 per dollar AS. Sejak April 2009, posisi ini merupakan yang terendah.
Akan tetapi, nilai dollar AS di bank dan pedagang lebih tinggi daripada kurs tengah Bank Indonesia (BI) tersebut. Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di Bank Mandiri Rp 11.893 (beli) dan Rp 12.087 (jual) per dollar AS. Di Bank BCA, Rp 11.980 (beli) dan Rp 12.060 (jual) per dollar AS. Di Bank Commonwealth Indonesia Rp 11.997 (beli) dan Rp 12.125 (jual) per dollar AS.
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga ditutup melemah, tertekan penurunan rupiah. IHSG ditutup turun 17,56 poin (0,41 persen) ke posisi 4.233,93.
Gubernur BI Agus DW Martowardojo, saat dikonfirmasi soal melemahnya rupiah, menyatakan, fundamen ekonomi Indonesia tecermin dalam nilai tukar. Secara umum, kondisi intern dan ekstern memengaruhi hal itu.
Saat ditanya pelemahan rupiah kali ini yang paling dalam sejak April 2009, Agus menjawab pendek, ”Tidak apa-apa. Tidak masalah.”
Meski demikian, Agus meminta semua pihak memahami kondisi saat ini. Dalam empat tahun terakhir, pasar terlalu likuid, bunga terlalu murah. Dengan kemungkinan pengurangan stimulus moneter oleh bank sentral AS, The Fed, ditambah membaiknya kondisi ekonomi negara maju, Indonesia harus menyiapkan diri. Melemahnya rupiah berarti dollar AS semakin mahal. Untuk mendapatkan dollar AS, diperlukan rupiah dalam jumlah yang semakin besar.
Permintaan dollar AS tersebut, antara lain, untuk pembayaran utang luar negeri. Utang luar negeri Indonesia per September 2013 sebesar 259,867 miliar dollar AS. Rencana pembayaran pokok dan bunga utang pada Oktober-Desember 2013 senilai 21,025 miliar dollar AS.
Hal itu, misalnya, jika kebutuhan dollar AS untuk membayar utang tersebut dipenuhi 1 Oktober 2013, diperlukan Rp 243,742 triliun. Saat itu, nilai tukar Rp 11.593 per dollar AS. Namun, jika dipenuhi saat ini, diperlukan Rp 250,828 triliun.
Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi Ahmad Johansyah menegaskan soal langkah intervensi BI tersebut. ”BI berharap pelemahan rupiah ini hanya terjadi sementara,” kata Difi. Sama seperti sikap BI selama ini, Difi menolak menyebutkan besaran target intervensi pasar tersebut.
Faktor struktural

Mahalnya dollar AS ini sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran. Dollar AS menjadi mahal karena permintaan tinggi dan terbatasnya penawaran. Oleh karena itu, intervensi BI dilakukan untuk menjaga pasokan dollar AS di pasar. Intervensi ini menggunakan persediaan dollar AS dalam cadangan devisa, yang sebesar 96,996 miliar dollar AS per akhir Oktober 2013.
Namun, ekspektasi pasar akibat buruknya data transaksi berjalan Indonesia juga ikut melemahkan nilai tukar. Defisit transaksi berjalan, yang merupakan masalah struktural ekonomi domestik, terutama disebabkan tingginya impor minyak. Impor yang tinggi membuat kebutuhan dollar AS untuk membayar impor juga besar.
Defisit transaksi berjalan Indonesia per triwulan III-2013 sebesar 8,4 miliar dollar AS. Neraca minyak pada transaksi berjalan defisit 5,856 miliar dollar AS. Hal ini akibat impor minyak sebesar 10,668 miliar dollar AS.
Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang, Ahmad Erani Yustika menilai pemerintah mengabaikan industrialisasi. Sebagai buahnya, ekonomi domestik menuai komplikasi persoalan defisit transaksi berjalan, minimal sampai dua tahun ke depan.
Berdasarkan data BI, porsi ekspor komoditas berbasis nonsumber daya alam turun 12 persen, dari 48 persen pada 2005 menjadi 36 persen pada 2013. Sebaliknya, porsi ekspor komoditas berbasis sumber daya alam meroket 19 persen, dari 20 persen pada 2005 menjadi 39 persen pada 2013. ”Ini harga yang harus dibayar akibat ketidakjelasan strategi industrialisasi di Indonesia,” kata Erani.
Depresiasi rupiah yang terjadi, terutama selama setahun terakhir, menyebabkan kondisi kian berat. Bahan impor yang semakin mahal menyebabkan industri kesulitan. Ujung-ujungnya ekspor menurun. ”Terus terang, dengan sangat sedih, saya katakan, pemerintah tidak melakukan upaya industrialisasi. Sampai dengan tahun depan, tidak akan ada upaya yang lebih konkret untuk melakukan itu. Betul pemerintah mengeluarkan konsep dan kebijakan, tetapi tidak ada jejaknya di lapangan,”
kata Erani.
Namun, Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian Benny Wahyudi mengatakan, pemerintah terus berusaha mendorong kinerja industri pengolahan, termasuk dari sisi ekspor. Menurut Benny, ekspor sumber daya alam, seperti bijih besi dan bauksit, dalam bentuk bahan mentah sudah harus dihindari.
Lain halnya apabila produk berbasis sumber daya alam tersebut sudah diolah lebih lanjut menjadi bahan baku antara atau bahkan produk jadi. ”Kata kuncinya adalah nilai tambah harus di dalam negeri. Jangan ekspor sumber daya alam mentah,” kata Benny.
Faktor psikologis

Ekonom Lembaga Penjamin Simpanan, Doddy Ariefianto, berpendapat, dampak psikologis justru memperburuk kondisi nilai tukar. Kondisi psikologis itu bisa berupa sikap pemegang dollar AS dalam jumlah besar, seperti eksportir, untuk menahan dollar AS di tangannya.
Langkah menaikkan BI Rate menjadi 7,5 persen, kata Doddy, semestinya meningkatkan daya tarik Indonesia. Hal itu terutama terhadap dana asing. ”Namun, dana yang ditunggu tidak datang. Pertumbuhan ekonomi melambat. Yang terjadi, investor saham terpukul,” kata Doddy. Ia menyarankan BI mengomunikasikan lebih baik kebijakannya. Dengan demikian, ekspektasi pasar tidak berlebihan.
Kekhawatiran akan kondisi ekonomi juga muncul di kalangan partai politik. Ketua Partai Nasdem Enggartiasto Lukita khawatir pada tahun mendatang kondisi ekonomi akan jauh lebih berat, seperti telah disampaikan Gubernur BI dalam Kompas100 CEO Forum hari Rabu lalu.
Ketua Umum PPP Suryadharma Ali memandang krisis ekonomi global akan memengaruhi stabilitas ekonomi. ”Itu sebabnya pemerintah harus membangun komitmen, baik partai politik, calon presiden, maupun calon anggota legislatif,” katanya.

http://bisniskeuangan.kompas.com/rea....BI.Intervensi



Quote:


ane bukan ahli makroekonomi, tapi ini bisa distop dengan banyak cara minimal bisa meminimalisasi, antara lain :
1. Neraca harus surplus, caranya yah jangan impor doank emoticon-Najis tapi tingkatin ekspor
2. Hapus aturan yang membuat rupiah jeblok, terutama aturan dari IMF dan bank dunia emoticon-fuck
3. tingkatkan suku bunga/bi rate, udah dilaksanakan dan hanya ini!!! tapi gak berjalan
4. PAKAI PRODUK2 BUATAN INDONESIA/ DALAM NEGERI!!!!!

YANG PALING AMPUH!!! PAKAI FIXED RATE ( ADA YANG TANYA FIXED RATE ITU APA? FIXED RATE BAHASA BODOHNYA ITU MATA UANG KITA ITU SAMA HARGANYA TETAP DIBANDINGKAN MATA UANG NEGARA LAIN, CONTOH : 1 DOLAR AMERIKA = 8000 DAN KAGAK BISA BERUBAH LAGI! POKOKNYA TETAP/ KAYAK BISA BERUBAH WALAU BANYAK PERMAINAN PARA SPEKULAN 'PENJUDI' MATA UANG/ BARANG ATAU JASA!!!! INI KEbodohAN PEMERINTAH KAGAK PERNAH PAKE FIXED RATE SEHINGGA RUPIAH BISA DENGAN MUDAH DIPERMAINKAN PARA SPEKULAN :FUCK: SEPERTI SOROS PADA TAHUN 1998 YANG MEMBUAT MATA UANG ASIA SEMUA HANCUR, YANG PALING PARAH NI ORANG YANG BUAT RUPIAH DARI 2 RIBU JADI 16 RIBU(50% SALAH DIA, SISANYA PEJABAT KORUP YANG SUKA BANYAKIN UTANG SAMPAI KAGAK BISA BAYAR LAGI emoticon-Najis), YAH GIMANA LAGI ORANG PEJABATNYA NYIMPEN DOLLAR SEMUA :FUCK: HAL INI SUDAH BANYAK DITERAPKAN DI BANYAK NEGARA SAAT KETIDAK STABILAN MATA UANGNYA, CONTOH MALAYSIA PADA TAHUN 1998, CHINA HINGGA TAHUN 2010 MASIH PAKAI INI, VENEZUELA

Quote:



KRISMON/ KRISIS MONETER/ KRISIS EKONOMI DI DEPAN MATA KOK TENANG!!! INGAT!!! KEBIASAAN BELI DOLLAR ITU MULAI TERJADI SETELAH KRISIS 1998!!! KALAU RUPIAH STABIL YAH MASYARAKAT JUGA ADEM AYEM AJA KALAU MAU BELI DOLLAR!!!

Quote:


mereka itu lebih pintar dari gw tentunya! tapi mereka itu bodoh, dungu, idiot karena mereka gak ada hati nurani sama sekali dengan nasib negara dan bangsa ini!!!


PERINGATAN : KRISIS EKONOMI KALI BUKAN MAIN-MAIN, KRISIS MONETER SUDAH DI DEPAN MATA!!! JANGAN KONSUMTIF!!! KEBUTUHAN PRIMER/ POKOK (MAKANAN) ITU LEBIH PENTING DARI PADA ALAT ELEKTRONIK!!!!

PESAN BUAT PEMERINTAH : WOY KALAU BENAR2 SERIUS TANGANIN KRISIS INI TANPA INTERVENSI DARI ASING TENTUNYA, PAKAI FIXED RATE!!!! JANGAN BUAT RAKYAT MATI PELAN-PELAN!!!
Diubah oleh Win.Doraemon 29-11-2013 15:49
-1
27K
509
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan