zeppelin86Avatar border
TS
zeppelin86
Iran Pamerkan Pesawat Tak Berawak dengan Rudal Berjangkauan 2.000 Km



Teheran - Otoritas Iran memamerkan pesawat tak berawak terbaru buatannya yang dilengkapi rudal. Disebut-sebut rudal itu mampu menjangkau jarak sejauh 2.000 kilometer.

"Pesawat tak berawak Fotros memiliki jangkauan operasional sejauh 2.000 kilometer dan bisa terbang pada ketinggian 7.620 meter, dengan waktu terbang selama 16-30 jam," ujar Menteri Pertahanan Iran, Mohammad Dehgan seperti dikutip kantor berita IRNA dan dilansir AFP, Senin (18/11/2013).

Dehgan menuturkan, dengan pesawat tak berawak ini, Iran bisa melakukan misi pengintaian maupun misi serangan rudal dari udara ke darat. Pesawat tak berawak ini, menurut Dehgan, sudah diuji coba dengan sukses.

"Ini menunjukkan bahwa sanksi yang diterapkan oleh musuh bukanlah suatu halangan bagi kemajuan industri pertahanan," cetus Dehgan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Iran menunjukkan ambisinya dalam program pesawat tak berawak. Hal ini cukup membuat khawatir negara-negara Barat yang memiliki hubungan tidak baik dengan Iran, terutama Amerika Serikat.

Pada September lalu, Garda Revolusioner Iran mengumumkan produksi massal pesawat tanpa awak 'Shahed 129' buatannya. Pesawat tersebut diklaim memiliki jangkauan 1.700 kilometer dan mampu membawa delapan rudal sekaligus, serta mampu terbang selama 24 jam nonstop.

Masih pada bulan yang sama, Iran memamerkan pesawat tak berawak bernama 'Yasseer' yang berfungsi untuk pengintaian. Pesawat tanpa awak jenis ini diklaim mampu mengudara selama 8 jam nonstop pada ketinggian 4.500 meter dan memiliki jangkauan sejauh 200 kilometer.

Pembuatan Yasseer sendiri didasarkan pada pesawat tak berawak milik AS bernama ScanEagle yang diklaim oleh Iran berhasil ditembak jatuh pada Desember 2012 lalu. Sementara itu, baru-baru ini militer Iran juga melontarkan niatnya memproduksi pesawat tanpa awak seri lain yang diberi nama Rad-85.

Sumber: Iran Pamerkan Pesawat Tak Berawak dengan Rudal Berjangkauan 2.000 Km
0
4.1K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan