Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hectoradiAvatar border
TS
hectoradi
Tingkatan (Level) Hacker Dari Segi Kemampuan Meretas Sistem
Kata Hacker mungkin sudah tidak asing lagi di era teknologi modern saat ini. Peretas atau juga disebut hacker (dalam bahasa inggris) adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan. Pada beberapa kasus, hacker biasanya diidentikkan dengan hal-hal yang bersifat kriminal di dunia maya (cyber crime). Level hacking (peretasan) dikelompokkan pada tingkat kesulitan pada tiap-tiap aktivitas peretasan tersebut. Ada 5 level atau tingkatan Hacker yang dikategorikan dari segi kemampuan meretas sebuah sistem. Berikut penjelasannya.

1. Lamer

Lamer adalah level hacker tingkat dasar. Pada level ini, hacker menggunakan perangkat lunak trojan, nuke, dan DoS. Mereka adalah orang tanpa pengalaman dan pengetahuan yang ingin menjadi hacker (wanna-be hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang hacker dan ingin menjadi seperti mereka.

2. Script Kiddie

Seperti juga Lamer, pada level ini mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI (Graphic User Interface) . Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti dan menyusahkan pengguna Internet.

3. Developed Kiddie

Level Developed Kiddie ini biasanya aktiv mempelajari dunia hacking. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil. Umumnya mereka masih menggunakan GUI (Graphic User Interface) dan baru belajar hal dasar dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.

4. Semi Elite

Pada Level ini, hacker mempunyai kemampuan dan pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi termasuk kelemahannya(vulnerability). Biasanya mereka memiliki sebuah program yang dipakai untuk mengeksploitasi sebuah sistem. Banyak publikasi serangan yangd dilakukan oleh hacker tingkat ini.

5. Elite

Ini adalah level tertinggi dari seorang hacker. Hacker Elite merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka memahami sistem operasi Onside maupun Outside, mampu mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global. Mereka biasanya efisien & terampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat. Mereka seperti siluman yang dapat memasuki sistem tanpa terdeteksi, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data yang ditemui. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada.

___________________________________________

Itulah 5 level atau tingkatan dalam dunia hacker. Di level manakah Anda?

Hacker bukan sekedar kemampuan untuk membobol sebuah sistem kemudian mengacak-acak isi didalamnya. Namun kreatifitas dan kemampuan "menganalisa" sebuah sistem yang tidak dimiliki semua orang. Jika Anda mempunyai kemampuan hacking, gunakanlah ilmu Anda untuk hal-hal yang positif.

Sumber : Pediakita
0
5.6K
57
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan