Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

garabankelingAvatar border
TS
garabankeling
Inilah Cara Panglima TNI Hindari Penyadapan
Ane masih penasaran sama Inkripsi. Agan-agan ada yang bisa bantu:

sumber: [url]http://nasional.inilah..com/read/detail/2049423/inilah-cara-panglima-tni-hindari-penyadapan#.UpWzFCdkidI[/url]

Inilah Cara Panglima TNI Hindari Penyadapan

inilah..com, Denpasar - Untuk menghindari aksi penyadapan yang dilakukan Australia dan negara lainnya, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku memiliki cara tersendiri untuk menghindarinya.

"Kita sedang menyiapkan incription. Hanya dengan incription itulah kebocoran bisa diatasi," ujar Moeldoko saat membuka Musyarawah Nasional Perkumpulan Masyarakat dan Pengusaha Indonesia Tionghoa, di Pecatu, Badung, Bali, Kamis (21/11/2013).

Hal pertama, kata Moeldoko, alat komunikasi harus diinkripsi sehingga hal itu akan menghindari dari kebocoran. Cara kedua, dengan memperkuat kapasitas sumber daya manusia (SDM). "Alat komunikasi kita harus diinkripsi agar tidak bocor. Selain itu, kemampuan, mental dan moralnya kita perkuat," jelasnya.

Dalam konteks hubungan internasional, jelas Moeldoko, ada hal yang sensitif dari aksi penyadapan itu yang tidak tepat dilakukan. "Ada hal-hal sensitif menurut pandangan normal hubungan internasional itu tidak pas," tegasnya.

Menurut Moeldoko, sangat tidak pantas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkomunikasi secara pribadi dengan Ibu Negara Ani Yudhoyono juga ikut disadap. "Apa hubungannya presiden berhubungan dengan ibu terus disadap. Itu hal-hal sensitif dalam konteks hubungan internasional," tandas Moeldoko heran.

Meski begitu, aksi sadap menyadap dalam hubungan militer dapat saja dikatakan wajar. Namun, tidak wajar jika aksi penyadapan itu terbongkar. "Tidak wajar kalau ketahuan," tuturnya.

Moeldoko memaparkan nanti pada 5 Oktober 2014, alutsista Indonesia akan menjadi sangat canggih. "Nanti pada 5 oktober 2014 bisa dilihat perkembangan alutsista kita," tegas Moeldoko. [yeh]
0
5.1K
22
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan