KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Atas Nama Gengsi, Seperempat Orang Indonesia Berutang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/528eb54a18cb175867000005/atas-nama-gengsi-seperempat-orang-indonesia-berutang

Atas Nama Gengsi, Seperempat Orang Indonesia Berutang

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 64 dari 78
yg ptg kedewasaan qt dlm brhutang gan. qt brhutang u/ sesuatu yg bnr2 prlu n qt yakin bs ngelunasina.
Hutang emg bikin gelisah
Alhamdulillah ane mah jarang ngutang kalau emg ga mendadak bwt keperluan
Kalau ngutang demi meningkatkan status sosial buat apa sih nnti nya malah buat sengsara kita juga akhir nya
Bersyukur dengan apa yg kita miliki skrg
kalo ngk gengsi, naik mtr per orang 1 ... mgkn kita kaya gan... emoticon-Matabelo
alhmdllh ane blm pernah ngutang sampe gak kebayar berbulan bulan...
paling ngutang warteg karena ane lupa bawa dompet, atau gak ada kembalian...
emoticon-Ngakak
hutang itu perlu gan..
asal dipakai dijalan yang benar emoticon-Kiss
Waduhh ada ada aja ya manusia jaman kini, demi status sosial apa pun rela dilakukan. emoticon-thumbdown emoticon-thumbdown



Spoiler for Yuk Masuk! Muda, Cantik dan Berbakat Nih Gan:
Kalo kata pakar ekonomi, jng pernah berhutang utk keperluan pribadi, apalg keperluan buat gaya2an doang (bukan kebutuhan)
klw kredit mtor
trmasuk gengsi ngk y
Quote:


emoticon-Shakehand2

Ane setuju gan sama ente, ane jg ngalamin hal yg sama.


mending ngak punya utang & hidup sederhana
Ya memang sifat konsumtif sudah terpelihara sejak dulu dan mulai berkembang.
kalo cm ngikutin trend dan gengsi ga bakalan ada akhirnya . .
Quote:

itu bukan termasuk kebutuhan yak? emoticon-Bingung (S)
eh, gengsi juga bisa dink emoticon-Ngakak
Diubah oleh ilegalbrain
miris banget nih gan ... emoticon-Cape d... (S)
Soalnya banyak yg punya prinsip gak hutang, kerjanya gak semangat..
Padahal klo tanpa hutang kan tanpa beban bunga tiap bulan..
Klo pegawai2 punya hutang kayaknya sih menurut ane blm pas Gan.. Yang pas itu klo wiraswasta pinjam tambahan modal ke bank buat nGedein usahanya.. Klo pun hutang ke bank 100% ke bank buat modal usaha, bukan tambahan modal kayaknya juga berat Gan..
Intinya gini deh, buat agan2 yg masih muda klo bener2 gak punya uang/modal/bukan pegawai/calon pns/pengangguran mending kerja jadi TKI ke luar negeri deh.. Ke Korea/Japan sekalian 5 tahun, hasilnya bawa pulang buat modal usaha..
yaa ini karena tingkat gengsi di negara kita lebih besar daripada tingkat pendapatan / ekonominya.. emoticon-Hammer2
kalo utang yang bisa naikin produktifitas usaha gpp tapi kalo utang buat naikin kadar gengsi itu masalah emoticon-Cape d... (S)
utang asal sesuai kebutuhan dan kemampuan sih gapapa kayanya gan
kalo masih bisa ngutang ngapain bayar?? emoticon-Ngakak
Diubah oleh no.more.drama
iya sih gan contohnya waktu ane dulu di Manado gan banyak banget tetangga yg pake baju2 dan bergaya parlente gan maklum banyak noni tapi setelah tau rumahnya mah rata2 tipe perumnas yg udah usang budaya mereka itu "Lebih Baik Kalah Nasi Daripada Kalah Aksi" padahal kalo ane mah g banget gan emoticon-Cape d... (S)
wah kebalik nih

bukan klo pny utang malu ya? emoticon-Stick Out Tongue
Halaman 64 dari 78
×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di