mr.vocAvatar border
TS
mr.voc
Koarmatim Tingkatkan Kerjasama Taktis Antara KRI dan Pesawat Udara



ARMATIM (19/11),- Jajaran Koarmatim meningkatkan kerjasama taktis antara Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dengan Pesawat Udara (Pesud) dilakukan dalam bentuk Latihan Kerjasama Taktis antara Pesawat Udara dan KRI (Kersamtis Pesud dan KRI) TNI Angkatan Laut tahun 2013. Latihan ini dibuka oleh Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum., bertempat di Base Ops Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda, Surabaya, Senin (18/11).
Pada kesempatan itu Pangarmatim membacakan sambutan Asops Kasal Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., mengatakan, kerjasama antara pesawat udara dan KRI harus selalu terjalin secara optimal guna pencapaian tugas pokok TNI Angkatan Laut selaku komponen utama Pertahanan Negara di laut. Pesawat udara sebagai kepanjangan tangan KRI, menuntut pengawak yang berkualitas dan profesional serta siap melaksanakan tugas operasi laut dimanapun dan kapanpun baik dalam situasai damai maupun perang.
Aspek yang mendorong dilaksanakan Latihan ini antara lain belajar dari pengalaman sejarah dimana peran pesawat udara dalam operasi laut mulai terbukti keampuhannya dalam peristiwa penting pada Perang Pasifik, tepatnya di Pertempuran Midway pada tahun 1942. Dimana kekuatan Armada Angkatan Laut Amerika Serikat dan Jepang tidak pernah bertemu atau saling berhadapan.
Kerugian yang sangat besar dialami oleh Angkatan Laut Jepang dengan tenggelamnya Armada Kapal Induk mereka, akibat serangan udara yang dilakukaan oleh pesawat-pesawat tempur yang berpangkalan di Kapal Induk Amerika Serikat.
Latihan dilaksanakan selama lima hari, mulai tanggal 18 - 22 Nopember 2013, bertempat di Ruang Briefing Naval Aviation Combat Simulator dan Alur Perairan Barat Surabaya (APBS). Pelaku Latihan yaitu satu kapal perang jenis Eskorta, Wing Udara 1 dan Lanudal Juanda. Unsur latihan diantaranya satu KRI jenis Sigma, lima Pesud terdiri dari satu Pesud Patroli Maritim CN-235, satu Pesud NC-212 Cassa, dua Pesud N-22/24 Nomad, dan satu BO-105 Bolcow.
(Sumber: http://www.tni.mil.id/view-55988-koa...wat-udara.html)
0
2.4K
10
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan