Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

HobbyMiliterAvatar border
TS
HobbyMiliter
Pisau Swiss Army yang Melegenda
Nonton MacGyver dulu ya... emoticon-Big Grin


Ingat MacGyver? yang lahir era akhir 70-an dan awal 80-an serta besar di era 90-an pasti tau film ini, MacGyver. Agen USA yang otaknya encer banget, haram pakai senjata api, namun mahir utak utik segala barang dengan pisau lipat ajaibnya.. practical science banget deh... Tau nda, pisau ajaibnya itu? SWISS ARMYbiasa di sebutnya...

Swiss Army Knife disebut dalam bahasa Perancis sebagai Couteau Suisse, bahasa Jerman sebagai Schweizer Offiziersmesser, bahasa Italia sebagai Coltellino Svizzero adalah merk pisau saku multi alat yang diproduksi oleh Victorinox AG dan Wenger SA. Istilah "Swiss Army Knife" diciptakan oleh tentara AS setelah Perang Dunia II karena lidah mereka yang kesulitan mengucapkannya dalam bahasa Jerman. Untuk Indonesia, kita sebut saja dengan Pisau Swiss Army.

Pisau Swiss Army umumnya terdiri dari pisau dan berbagai alat, seperti obeng, pembuka kaleng/tutup botol dan masih banyak lagi. Peralatan ini tersimpan di dalam gagang pisau dengan menggunakan mekanisme pivot point -Sobat pasti sudah tahu mekanismenya-. Warna gagang biasanya berwarna merah dengan logo "cross" Victorinox atau Wenger.

Aslinya pisau ini berasal dari Ibach, Swiss. Pisau Swiss Army pertama kali diproduksi pada tahun 1891 setelah perusahaan Karl Elsener, yang kemudian berubah menjadi Victorinox memenangkan kontrak untuk memproduksi Pisau Army Swiss model 1890 dari pabrikan Jerman sebelumnya. Pada tahun 1893, perusahaan Paul Boechat & Cie, yang kemudian berubah menjadi Wenger, menerima kontrak pertama dari milier Swiss untuk memproduksi pisau model 1890. Kemudian kedua perusahaan mulai berbagi kontrak untuk penyediaan pisau sejak tahun 1908 hingga Victorinox diakuisisi oleh Wenger pada tahun 2005.

Desain dan fleksibilitas dari pisau ini telah mendapatkan pengakuan dari seluruh dunia. Berikut beberapa foto cantik dari Pisau Swiss Army

Pisau Swiss Army yang Melegenda

Pisau Swiss Army yang Melegenda

Pisau Swiss Army yang Melegenda

Pisau Swiss Army yang Melegenda

Pisau Swiss Army yang Melegenda

Pisau Swiss Army yang Melegenda

Saya sendiri sehari hari menggunakan yang type ini
Pisau Swiss Army yang Melegenda
-SWISS CHAMP

agak berat sih, cuma saja sudah sangat banyak berguna:
1. Nolongin anak orang yang kakinya terjerat juri sepeda
2. Ngambil duid 100rb yang ga sengaja jatuh di sela2 kursi KRL
3. Pas manjat triangle, nda perlu bawa tools banyak2.. di ketinggian 35 meter, kebanyakan tools adalah hal yang merepotkan
4. Benerin airsoft waktu skirmish..
5. Nyelametin anak tetangga yang mainan kunci di kamar mandi..
6. Banyak lah......

Coba, yang punya, boleh bagi cerita dunk...

O iya TIPS:
1. Jangan di kantongin, masukkan tas slempang/dompet; Di kantongin itu bikin kita "pd", "tambah berani" dan akhirnya petantang petenteng. Ini multitools, bukan alat self defense. Saya selalu membawa multitools ini di dompet saya (yang berupa tas kamera eiger), bersama ID card dan senter kecil.
2. Kalau ketemu polisi razia, jelaskan kita membawa multitools, bukan sajam. Disimpan dengan baik dan tidak membahayakan. Saya bolak balik kena razia dan selamet. terutama karena ID card teknisi saya sih, yang membuat saya "politically correct" membawa multitools.
3. Kalau naik pesawat, pas cekin, TITIPkan multitools sebagai security items di counter cekin, ATAU tauh di tas yg di taruh di bagasi. Saya prefer yang pertama, soalnya pernah sih, kehilangan multitools di tas yang di gembok.. hebat tuh maling bandara.. Soalnya kalau nekat dikantongin, PASTI disita di pintu pemeriksaan menuju ruang tunggu..
4. Rawat baik2, jangan lupa bersihkan secara berkala...

hayo.. siapa yang punya disini?
Diubah oleh HobbyMiliter 18-11-2013 17:04
0
12.2K
70
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan