Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jajang100Avatar border
TS
jajang100
Siapakah Koruptor yang Dijatuhi Pidana Penjara Seumur Hidup?
Jakarta, - Mahkamah Agung (MA) dikabarkan menjatuhkan vonis pidana penjara seumur hidup bagi seorang terdakwa korupsi. Hingga Senin (18/11) pagi ini belum ada pejabat resmi yang memberikan pernyataan terkait vonis tersebut.

Berdasarkan UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), hukuman penjara seumur hidup bisa dijatuhkan kepada koruptor yang menggarong uang negara kepada:

"Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain yang suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta dan paling banyak Rp 1 miliar," demikian bunyi pasal 2 ayat 1 UU Tipikor seperti detikcom kutip, Senin (18/11/2013).

Kejahatan dalam Pasal 2 ayat 1 bisa diperberat menjadi hukuman mati, jika dilakukan dalam keadaan tertentu.

"Yang dimaksud dengan 'keadaan tertentu' dalam ketentuan ini adalah keadaan yang dapat dijadikan alasan pemberatan pidana bagi pelaku tindak pidana korupsi yaitu apabila tindak pidana tersebut dilakukan terhadap dana-dana yang diperuntukkan bagi penanggulangan keadaan bahaya, bencana alam nasional, penanggulangan akibat kerusuhan sosial yang meluas, penanggulangan krisis ekonomi dan moneter, dan pengulangan tindak pidana korupsi," lanjutnya.

Terdakwa yang sudah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup yaitu Adrian Herling Waworuntu. Adrian merupakan pembobol BNI kantor cabang utama Kebayoran Baru senilai Rp 1,3 triliun pada 2004 silam.

Adrian dijatuhi penjara seumur hidup karena korupsi dan pencucian uang. Adrian kini menghuni sel LP Sukamiskin, Bandung.

[url]http://news.detik..com/read/2013/11/18/061422/2415357/10/siapakah-koruptor-yang-dijatuhi-pidana-penjara-seumur-hidup?n991102605[/url]

Diatas kertas bagus...faktanya susah sekali membuktikannya apalagi pengacara-pengacara lebih pintar cari pembenaran dari hukum yg mereka buat sendiri, teori saya, kalo mau korupsi habis batasi kekayaan pejabat negara cukup 1 rumah, 1 mobil, 1 istri kalo ada yg berani lebih miskinkan... Itu baru namanya pengabdian untk negara
0
1.3K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan