kakakayeAvatar border
TS
kakakaye
Surat untuk Kaskus - Apa Alasan Anda Punya Anak?
Dear Kaskuser,

Saya percaya, media yang mengutamakan kekuatan konten dari masyarakat seperti Kaskus adalah harapan terbesar negeri ini. Media seperti inilah yang menjadi penyeimbang opini yang diciptakan penguasa. Media seperti ini juga yang benar-benar mampu mengangkat masalah riil, dan mendorong munculnya kekuatan paling besar dari bangsa ini: rakyatnya. KITA.

Di sini, saya sungguh berharap muncul gerakan-gerakan sosial yang bersifat horisontal - antar kita, bahkan tanpa campur tangan dana dan kekuasaan.

Di bawah ini, adalah penjelasan sebuah kampanye sosial yang memerlukan kekuatan media internet dan pelakunya seperti kita. Dibuat dengan kesungguhan, tanpa ada niat komersil atau apapun. Social Movement ini adalah inisiasi saya, disambut beberapa sahabat untuk diwujudkan. Kami, dibantu banyak orang, berniat menjadikan kampanye ini milik semua orang.

Semoga tergerak emoticon-Smilie



Ide-nya muncul ketika pertama kali bertemu Ibu Robin di Ubud...

---------------------------

Social campaign ini berawal dari premise sederhana. Dari sebuah pertanyaan yang seharusnya bisa dijawab dengan mudah:

"Apa sesungguhnya alasan Anda memiliki Anak?"

Jawaban-jawaban kita, para orang tua, ternyata mudah ditebak: supaya ada keturunan, pewaris bisnis, pembuktian keperkasaan suami, tuntutan mertua, supaya ada yang bisa diajak main di rumah, alasan istri meminta suami pulang cepat dari kantor, bahkan dijadikan "alat" untuk memperkuat kembali hubungan retak antara suami istri.

Egois.

Alasan kita memiliki anak ternyata hanya untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan kita.

Harusnya anak adalah anugerah, yang membuat manusia meng-escalate kadar cinta yang dimiliki. Ketika Tuhan menitipkan anak, Tuhan juga menitipkan bekal cinta untuk dibagikan. Dan itulah tugas orang tua, membagikan cinta.

Jauh dari Jakarta, kami menemukan Yayasan Bumi Sehat di Bali yang digagas Ibu Robin. Lepas dari prakteknya yang memberikan layanan gratis dan metode-metode alamiah yang dilakukan, kami lebih menilai apa yang dikerjakan Ibu Robin dan teman-teman adalah contoh baik perwujudan cinta.

Segala metode yang dilakukan berawal dari kepedulian terhadap relasi antara ibu dan anak. Menekankan ikatan emosional dan kesungguh-sunguuhan orang tua untuk menjadi bagian dari setiap perjalanan anak. Terutama pada saat anak pertama kali hadir di dunia, dengan memastikan sang anak lahir dengan lindungan cinta.

Bumi Sehat tidak hanya menyediakan layanan gratis. Mereka menyediakan cinta yang cukup secara gratis. Dan mengajarkan kita, para orang tua, untuk selalu punya asupan cinta tanpa syarat buat sang anak.


Campaign Streamline

Campaign ini, diawali dengan materi lagu berjudul "Will I Have this Love From You?". Lagu curahan hati seorang anak - yang baru akan lahir- untuk orang tua-nya. Lagu ini akan didukung video klip berisi potongan-potongan video aktivitas di Bumi Sehat.

Video Klip lagu ini di-upload di YOUTUBE. Ini link-nya:


Alhamdulillah, Tuhan memudahkan niat baik ini. Kami dipertemukan dengan beberapa musisi yang bersedia COVERING video ini. Jadi mereka akan mengaransemen, menyanyikan lagu yang sama tapi sesuai versi mereka sendiri. Juga akan di-upload di youtube.

Semakin banyak musisi terlibat, tentu saja semakin baik bagi amplifikasi campaign. Semakin banyak buzzer social media (meskipun bukan musisi) juga tentu berdampak baik bagi kecepatan penyebaran lagu dan pesan.

Sebab selanjutnya, kami berharap ada para orang tua lain juga menyanyikan lagu yang sama, lalu membuat video sederhana buatan mereka sendiri, lalu di-upload di internet. Agar menjadi user-generated campaign.

Untuk itu-lah tulisan ini dibuat. Untuk mengajak Anda semua,
1. Nonton videonya
2. Sebarkan ke banyak orang
3. Jika Anda bisa, silakan nyanyikan lagu yang sama. Boleh mengganti nada atau aransemen sesuai karakter musik Anda, tapi JANGAN MENGGANTI LIRIK.
4. Rekam dan bikin video performa Anda. Video sederhana Anda nyanyi di depan webcam juga tak apa. Besar artinya untuk campaign ini.
5. Upload di youtube. Katakan bahwa ini untuk membantu campaign “Will I Have” untuk support Ibu Robin di Ubud.

Oya, video klip kita ini akan mengajak publik untuk mengunjungi website Will I Have.com. Jika orang tertarik dengan gerakan ini, lalu mengunjungi websitenya, di dalam landing page tersebut akan ada 2 ajakan tentang:

1) Share. Kirimkan link video atau website ini ke kenalan Anda yang menurut Anda relevan.
2) Donate. Jika klik button ini, audience akan dibawa ke page "wish list" yang ada di website www.bumisehatfoundation.org. SEMUA DONASI TIDAK MELALUI KAMI. Jadi campaign ini cuma mengarahkan orang-orang untuk berdonasi langsung ke Yayasan Bumi Sehat.

Untuk campaign ini, tak ada biaya yang harus dikeluarkan Yayasan Bumi Sehat. Tak ada energi yang harus dihabiskan oleh teman-teman Bumi Sehat. Tugas mereka sudah cukup berat: memastikan cinta hadir di setiap kelahiran.
-------------------------

Salam Kaskus, emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh kakakaye 12-11-2013 07:46
0
40.6K
576
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan