Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perdjoenganmudaAvatar border
TS
perdjoenganmuda
Aksi-aksi masyarakat sterilisasi jalur busway
Sterilisasi jalur busway oleh petugas mulai digencarkan belakangan ini. Namun, sebelum sterilisasi ini dilakukan, sejumlah warga Jakarta, yang gerah dengan aksi penyerobotan jalur busway, sudah lebih dulu bertindak sendiri.

Aktivisme warga untuk mencegah penyerobotan jalur busway ini dilakukan dengan sejumlah cara. Ada yang menindak langsung, ada pula yang hanya menyampaikan informasi ke publik.

Berikut aksi-aksi mereka:

1. MEDIA SOSIAL
Lewat media sosial, sejumlah warga mencoba menangkap basah penerobos jalur bus Transjakarta. Caranya, dengan mempersilakan siapa pun yang melihat pengendara menyerobot jalur busway untuk memfoto pelanggaran lalu lintas itu. Untuk kemudian, mengirimkan ke alamat email yang diberikan.

Foto tersebut akan di-posting oleh admin media sosial dan dilihat oleh netizen. Di Twitter, aktivis jalur busway ini menggunakan akun @masukbusway dan sudah mempunyai 10 ribu pengikut lebih. Sementara di Facebook, fanpage 'Masuk Busway' masih sepi.

Aktivisme warga ini lumayan berhasil. Sejumlah pihak yang kepergok menerobos jalur busway, mulai dari kendaraan milik pejabat, parpol, militer, sampai sebuah media besar.

2. BUSWAY KICK

Aksi yang dilakukan Muhammad Daivi ini sudah masuk kategori penindakan. Penumpang setia bus Transjakarta itu kerap melakukan 'busway kick' alias memasang kaki dari atas halte untuk menghadang setiap penerobos jalur busway. Dia juga menggunakan ponselnya untuk memfoto si penerobos.

Sudah sejak September lalu, Daivi melakukan aksi busway kick di halte-halte Transjakarta. Bermula dari Halte Jatinegara, Daivi lantas keliling dan hingga kini lebih kurang ada 50 halte yang dia datangi.

Setiap hari Daivi mendatangi halte-halte Transjakarta. Biasanya, pria 62 tahun ini beraksi dua kali sehari, pertama di jam sibuk berangkat kerja yakni pukul 6 sampai 7 pagi, kemudian sore hari saat pulang kantor.

3. SITUS INTERNET

Aktivisme warga mencegah penerobosan jalur busway tidak hanya memanfaatkan media sosial. Mereka juga menggunakan situs online, seperti [url=http://www.masukbusway.com.]www.masukbusway.com.[/url]

Di situs tersebut tertulis, "Masuk Busway adalah sebuah situs yang menampilkan pelanggaran-pelanggaran lalu lintas di mana para pengguna kendaraan bermotor memasuki jalur busway yang seharusnya hanya boleh dilalui oleh bus TransJakarta."

"Foto-foto yang ditampilkan merupakan hasil jepretan kontributor kami yang peduli dengan disiplin berlalu-lintas dan mendukung keberadaan transportasi publik."

Di situs itu tampak sejumlah foto kendaraan yang ketangkap basah menerobos jalur busway.
(*http://www.merdeka.com/jakarta/aksi-aksi-masyarakat-sterilisasi-jalur-busway.html)

Menurut agan-agan Aksi-aksi apa lagi yang dapat kita lakukan untuk menaggulangi masalah menerobos/utk sterilisasi jalur busway? berbagi yuk di sini....emoticon-Request
0
5.2K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan