Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jajang100Avatar border
TS
jajang100
Ubur-ubur Mulai Kuasai Lautan
Ubur-ubur Mulai Kuasai Lautan


TEMPO.CO, Jakarta - Populasi ubur-ubur di berbagai lokasi di perairan dunia ternyata meningkat drastis. Lonjakan populasi ubur-ubur mulai terlihat 13 tahun lalu ketiika perairan Australia dipenuhi makhluk lunak berwarna merah yang terentang lebih dari seribu kilometer dari utara ke selatan. Saking panjangnya, gerombolan ubur-ubur itu bisa diamati dari luar angkasa.

Meski kebanyakan lonjakan populasi ubur-ubur tidak sebesar itu, peneliti Australia, Lisa-ann Gershwin mengindikasikan jumlah onrganisme itu terus bertambah. Lonjakan populasi ubur-ubur ini diduga terjadi karena adanya pencemaran laut, penangkapan ikan yang berlebihan, hujan asam, polusi dari pestisida, dan perubahan iklim global.

Dalam penelitiannya, Gershwin menyimpulkan bahwa ubur-ubur bisa menguasai lautan dunia. "Di area dengan tingkat kerusakan parah dari berbagai macam gangguan, lonjakan ubur-ubur selalu menjadi masalah besar," kata peneliti dari Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation, Rabu, 6 November 2013.

Di Laut Jepang, gerombolan ubur-ubur muncul dalam jumlah besar dan bergerak dari Cina. Cina menghadapi masalah lingkungan seperti penangkapan ikan berlebihan (overfishing) dan polusi dari pembangunan pesisir mereka. Kondisi itu menjadi habitat yang tepat bagi ubur-ubur muda. Penangkapan ikan secara berlebihan mengurangi jumlah pesaing ubur-ubur dalam mencari makanan sehingga mereka mudah berkembang biak.

Ubur-ubur diketahui menyukai perairan hangat dan berkembang pesat dalam kondisi lingkungan perairan yang mengandung asam. "Ubur-ubur jadi satu-satunya makhluk yang bisa berkembang dalam kondisi ekstrim sementara yang lain menderita," kata Gershwin seperti dikutip LiveScience.

http://www.tempo.co/read/news/2013/11/06/095527632
0
4.4K
67
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan