Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atheizAvatar border
TS
atheiz
Anas Sebut Pidato SBY Bikin Ngantuk

Anas Sebut Pidato SBY Bikin Ngantuk


JAKARTA - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, mengkritik gaya pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurutnya, gaya berpidato orang nomor satu di Indonesia itu membikin ngantuk.

Hal itu dia sampaikan Anas dalam Forum Diskusi Inilah Demokrasi dengan tema Telaah Komunikasi Politik Anas Urbaningrum di Jalan Rimba Buntu, Jakarta Selatan, Minggu (10/11/2013).

"Pidato panjang seringkali membosankan, bikin ngantuk, dan malah bikin marah, ha ha.Ya kan? Apalagi monoton kurang bisa membangkitkan minat audiens. Saya bukan ahli pidato, saya kalau pidato enggak panjang. Saya berusaha mencari kalimat-kalimat atau kata-kata baru yang menurut saya bertenaga kata itu," ujar Anas.

Anas menjelaskan, seharusnya cara berpidato seorang komunikator politik harus sederhana. Karena dengan potongan kalimat sederhana itu, kata Anas, mudah ditangkap mudah dicerna sekaligus menimbulkan pertanyaan baru.

"Pernyataan baru itu penting untuk oli bagi perputaran pesan itu. Jadi sederhana penting. Yang tidak lazim itu juga bisa menjadi salah satu magnet untuk audiens mendengar dan memperhatikan," katanya.

Kendati demikian, Anas juga mengaku belajar banyak dari cara berpidato SBY seperti bagaimana SBY berpidato, dan bagaimana SBY berbicara di forum yang lebih kecil.

"Juga almarhum Cak Nur bicara menyampaikan gagasannya. Bagaimana Akbar menyampaikan gagasannya, mendengarkan pidato Bung Karno, pidato Bung Tomo. Pasti ada kelebihan dan kekurangan dari tokoh hebat itu. Minimal sekali tidak ngantuk," ucapnya.

Seperti diketahui, Presiden SBY beberapa kali menegur para pejabat yang tertidur saat dirinya sedang berpidato. Bahkan anak TK yang tertidur kala SBY berpidato pun diminta untuk dibangunkan.



sumber
0
2.5K
31
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan