- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Kuliah karena Minat bukan karena lowongan kerja banyak
TS
kieor2
Kuliah karena Minat bukan karena lowongan kerja banyak
Kuliah karena Minat bukan karena lowongan kerja banyak. Untuk agan-agan yang masih sekolah jangan sampai salah ambil jurusan. Misalkan agan kuliah di jurusan Akuntansi karena lowongan kerjanya banyak. Tidak semua orang itu berbakat di Akuntansi. Dan yang ane tahu Temperamen kita juga berpengaruh. Marketing itu kerja di lapangan sedangkan akuntansi duduk diam, fokus. Buat agan yang tidak bisa diam istilahnya mundar-mandir saja kerjaannya agan cocoknya jadi marketing. Tidak semua orang suka kerja di lapangan atau sebaliknya.
Nah, di sini ane akan kasih cara agar agan tahu agan itu cocok kerja di bidang yang sesuai dengan kepribadian agan. Yaitu dengan Multiple Intelligences.
Apa sih itu Multiple Inteligences ? Baca artikel di bawah ini
Mengenali dan Mengembangkan Potensi Diri Melalui Perspektif
MULTIPLE INTELLIGENCES
Oleh : Rudianto
Sebagian orang berpendapat bahwa kecerdasan adalah kemampuan seseorang untuk menyelesaikan soal-soal akademik di sekolah. Orang lain lagi berpendapat bahwa kecerdasan adalah tingkat kapasitas otak yang dimiliki seseorang dalam mengingat dan mengolah data matematis. Tetapi sebenarnya kecerdasan tidak selalu harus dikaitkan dengan kemampuan otak untuk menyelesaikan persoalan akademik di sekolah saja atau persoalan matematis saja. Karena kecerdasan lebih berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan berbagai persoalan di dalam kehidupan.
Kecerdasan (intelejensi) adalah suatu kemampuan untuk menumbuhkan kemampuan baru dalam mengatasi masalah atau menghasilkan suatu produk yang dinilai tinggi dalam satu atau lebih perangkat kebudayaan tertentu. Itu berarti, kecerdasan merupakani kemampuan untuk menyelesaikan berbagai persoalan di dalam kehidupan. Kemampuan tersebut dibagi menjadi :
1. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam kehidupan manusia.
2. Kemampuan untuk menghasilkan persoalan-persoalan baru untuk diselesaikan.
3. Kemampuan untuk menciptakan sesuatu di dalam budaya tertentu.
Dengan demikian, kecerdasan tidak hanya berkaitan dengan kemampuan menyelesaikan persoalan matematis atau persoalan akademik semata, tetapi jauh lebih luas dari itu. Karena intelejensi terkait secara langsung dengan kehidupan manusia, bukan sekedar kehidupan sekolah, maka teori tentang kecerdasan tunggal yang selama ini digunakan adalah pendapat yang sudah tidak relevan dengan perkembangan situasi saat ini. Teori tentang kecerdasan tunggal adalah teori yang sudah kedaluwarsa.
Jika ukuran kecerdasan manusia hanya menggunakan ukuran kecerdasan tunggal (IQ) maka orang-orang dengan IQ yang tinggi akan mendominasi dan menguasai dunia. Dan orang-orang dengan IQ yang biasa atau rendah hanya akan menjadi pelengkap atau peserta tambahan di dunia. Faktanya, orang-orang yang menonjol atau dominan di dalam masyarakat tidak selalu orang-orang yang memiliki IQ yang tinggi. Itu berarti, orang-orang yang tidak memiliki IQ tinggi dan menonjol di dalam masyarat pasti memiliki suatu kemampuan tertentu yang tidak dimiliki oleh orang-orang dengan IQ tinggi. Kelemahan lain dari test IQ adalah terlalu menekankan pada lingkup matematis-logis dan linguistik.
Pada tahun 1983, Dr. Howard Gardner dari Harvard University, Amerika Serikat mengembangkan suatu kriteria jamak untuk mengukur intelejensi manusia. Gardner berpendapat bahwa, kecerdasan yang dimiliki seseorang terdiri dari berbagai bentuk kecerdasan, bukan kecerdasan tunggal. Dan teori tentang kecerdasan jamak tersebut disebut dengan multiple intelligences. Multiple intelligences adalah sebuah penilaian yang melihat secara deskriptif bagaimana individu menggunakan berbagai kemampuan yang dimilikinya untuk memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu.
Di dalam teori muliple intelligences, Dr. Howard Gardner membagi kecerdasan manusia menjadi dalam 8 jenis kecerdasan, yaitu :
1. Kecerdasan Linguistik adalah kemampuan untuk membaca, menulis dan berkomunikasi. Anak-anak dengan kemampuan linguistik diatas rata-rata, tidak akan memiliki kesulitan dalam berbahasa, baik verbal maupun tulisan. Anak dengan kecerdasan linguistik yang menonjol, biasanya ditandai dengan beberapa hal. Umumnya, mereka senang bercerita, senang bermain peran dan games yang berhubungan dengan kata-kata, seperti bermain tebak kata. Mereka juga memiliki kepekaan terhadap suara, arti dan irama kata-kata. Mereka juga suka membaca dan menulis.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan linguistik yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Pengacara
- Penulis : buku, novel, cerpen, dsb
- Penyair
- Penyiar radio atau televisi
- Guru bahasa
- Ahli bahasa
- Penerjemah
- Humas (public relation)
- Editor buku
- Konsultan media
- Pemain sandiwara
- Politikus
2. Kecedasan Logis-matematis adalah kemampuan untuk menganalis masalah secara logis, dan sistematis, menemukan atau menciptakan rumus-rumus atau pola matematika dan menyelidiki sesuatu secara ilmiah. Kecerdasan ini dapat juga diterjemahkan sebagai kecerdasan ilmiah, karena berkaitan dengan kegiatan berargumentasi berdasarkan logiko-hipotetiko-verifikatif. Proses berpikir anak dengan kecerdasan logis-matematis sangat didukung oleh kriteria empiris, atau bukti konkret. Dan anak dengan kecerdasan ini yang menonjol, pada dasarnya haus akan pencarian rumus atau pola.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan matematis-logis yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Ilmuwan
- Peneliti
- Ahli matematika
- Dokter
- Akuntan
- Ahli ekonomi
- Programmer komputer
- Teknisi
- Guru IPA & matematika
- Ahli statistik
- Banker
3. Kecerdasan Visual-Spasial adalah kemampuan untuk berpikir melalui gambar, memvisualisasikan hasil masa depan, mengimajinasikan sesuatu dengan penglihatan. Kecerdasan jenis ini memungkinkan orang membayangkan bentuk geometri atau tiga dimensi dengan lebih mudah. Ini karena kemampuan mengamati dunia spasial secara akurat dan mentransformasikan persepsi ini, termasuk di dalamnya adalah kapasitas untuk memvisualisasikan, menghadirkan secara visual dengan grafik atau ide spasial dan untuk mengarahkan diri sendiri dalam ruang secara tepat. Kecerdasan ini juga membuat individu mampu menghadirkan dunia ruang secara internal dalam pikirannya.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan visual-spatial yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Seniman
- Arsitek
- Fotografer
- Desainer (interior, grafis, fashion)
- Pemahat/pematung
- Pelukis
- Peneliti / surveyor
- Ahli kecantikan
- Juru gambar teknik
- Perencana kota
- Pilot
4. Kecerdasan Musikal adalah kemampuan untuk mengkomposisikan musik, menyanyi dan menghargai musik serta memiliki kepekaan terhadap irama. Anak-anak dengan kecerdasan musikal yang menonjol, tanda yang tampak adalah kemampuan mereka untuk mengenali dan mengingat nada-nada dengan mudah. Anak-anak seperti ini senang sekali dengan kegiatan yang mengembangkan atau melibatkan pola-pola ritmis sebagai alat bantu belajar. Karena musik secara umum, bukan hanya memberikan hiburan menenangkan bagi manusia, melainkan juga mengasah kepekaan emosi. Maka, anak-anak dengan kecerdasan musikal yang tinggi, biasanya memiliki kepekaan emosi yang cukup baik.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan musikal yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Penyanyi
- Pemain musik
- Pencipta lagu
- Penata aransemen musik (music arranger)
- Dirijen
- Pemandu musik
- Teknisi alat musik
- Konsultan musik
- Disc jockey
5. Kecerdasan Kinestetis-Badan adalah kemampuan untuk menggunakan badan secara terampil. Anak-anak dengan kecerdasan jenis ini, secara alamiah memiliki tubuh yang atletis dan memiliki ketrampilan fisik. Mereka juga memiliki kemampuan merasakan bagaimana seharusnya tubuh membentuk sesuatu. Mereka ahli menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan, dan ahli dalam penggunaan tangan untuk menghasilkan sesuatu. Di dalam kecerdasan ini juga termasuk ketrampilan koordinasi, keseimbangan, kelenturan, kekuatan dan fleksibelitas serta kecepatan.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan kinestetis-badan yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Olahragawan
- Ahli beladiri
- Penari
- Aktor / aktres
- Pemain drama panggung
- Koreografer
- Ahli bedah
- Tukang bangunan
- Tentara
- Ahli akupuntur
- Petualang alam (pemandu wisata)
- Pembuat patung
6. Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan untuk bisa memahami dan berkomunikasi dengan orang lain, serta melihat perbedaan orang lain dari segi suasana hati, temperamen dan motivasi. Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan untuk bekerja secara efektif dengan orang lain, memiliki empati dan pengertian, menghayati motivasi dan tujuan seseorang.Kecerdasan ini juga meliputi kemampuan seseorang membentuk dan menjaga hubungan, serta mengetahui berbagai peran yang terdapat di dalam suatu lingkungan sosial.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Manajer
- Guru
- Pekerja sosial
- Politikus
- Pengembang sumber daya manusia
- Terapis wicara
- Konselor
- Wiraniaga
- Psikolog
- Psikiater
- Organizer
- Trainer, coach, mentor
7. Kecerdasan Intrapersonal merupakan kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri, mengetahui siapa dirinya, apa yang dapat ia lakukan, apa yang ingin ia lakukan, bagaimana reaksi diri sendiri terhadap suatu situasi, dan memahami situasi seperti apa yang sebaiknya ia hindari serta mengarahkan dan mengintrospeksi diri. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan untuk analisis & refleksi diri dan memahami diri sendiri serta kemampuan untuk menilai keberhasilan orang lain. Biasanya anak-anak dengan kecerdasan intrapersonal yang baik, memiliki pemahaman yang baik pula terhadap dirinya sendiri dan tak menjadi sosok pengacau saat berkumpul dengan kelompok sosialnya. Biasanya mereka juga mengetahui apa saja yang dapat mereka lakukan dan apa yang tidak dapat mereka lakukan. Merekapun dapat mengetahui individu yang tepat saat memerlukan bantuan. Mereka juga akan tumbuh menjadi anak yang memiliki etika yang baik, dapat melakukan aktivitasnya dengan kreatif dan produktif. Selain itu, mereka juga mampu mengakui kesalahannya dan bersikap jujur.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Filsuf (ahli filsafat)
- Dokter jiwa
- Ahli agama
- Psikolog
- Konselor spiritual
- Perencana program pengembangan diri
- Peneliti
8. Kecerdasan Naturalis adalah kemampuan untuk merasakan bentuk-bentuk serta menghubungkan elemen-elemen yang ada di alam. Individu-individu dengan kecerdasan naturalis yang tinggi sangat berminat pada lingkungan bumi dan spesies. Mereka juga memiliki ketertarikan terhadap dunia luar, pada binatang, tumbuhan dan alam semesta dengan intensitas yang sangat tinggi. Mereka sangat peka terhadap perubahan disekitarnya, sekalipun perubahan itu sangat sedikit. Dalam perkembangannya kemudian, mereka akan tertarik pada biologi, botani, ilmu hewani, geologi, meteorology, palaentologi atau astronomi.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan naturalis yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Petualang (pemandu wisata)
- Ahli lingkungan alam
- Ahli biologi
- Dokter hewan
- Petani
- Peternak
- Ahli perkebunan
- Ahli batu-batuan
- Pengamat cuaca
Pendekatan multiple intelligences ini merupakan alat untuk melihat bagaimana pikiran manusia mengoperasikan dunia, baik itu benda-benda yang konkret maupun yang abstrak. Karena itu, menurut teori ini tidak ada orang yang bodoh atau pintar. Yang ada, orang yang menonjol pada salah satu atau beberapa jenis kecerdasan.
Karena kecerdasan merupakan potensi yang diberikan Tuhan pada manusia, maka kecerdasan tersebut harus digali dan ditemukan. Dengan mengamati secara cermat sejak dini, potensi yang Tuhan berikan pada diri kita, maka kita akan menemukan jenis kecerdasan yang kita miliki. Setelah dikenali jenis kecerdasan tersebut, maka menjadi tugas kita untuk memupuk dan mengembangkan jenis kecerdasan tersebut supaya menjadi optimal. Tanpa observasi serius terhadap potensi yang kita miliki, maka potensi tersebut bisa hilang atau salah pengembangan.
MIRORCREATOR
Semakin besar Nilainya semakin Berbakat agan dalam bidangnya
CARA DOWNLOAD MIRORCREATOR
Atau dari Thread sebelah Bahasa inggris
http://www.kaskus.co.id/post/51b049b...cb174c75000005
JANGAN LUPA BATANYA GAN
Nah, di sini ane akan kasih cara agar agan tahu agan itu cocok kerja di bidang yang sesuai dengan kepribadian agan. Yaitu dengan Multiple Intelligences.
Apa sih itu Multiple Inteligences ? Baca artikel di bawah ini
Spoiler for Multiple intelligences:
Mengenali dan Mengembangkan Potensi Diri Melalui Perspektif
MULTIPLE INTELLIGENCES
Oleh : Rudianto
Sebagian orang berpendapat bahwa kecerdasan adalah kemampuan seseorang untuk menyelesaikan soal-soal akademik di sekolah. Orang lain lagi berpendapat bahwa kecerdasan adalah tingkat kapasitas otak yang dimiliki seseorang dalam mengingat dan mengolah data matematis. Tetapi sebenarnya kecerdasan tidak selalu harus dikaitkan dengan kemampuan otak untuk menyelesaikan persoalan akademik di sekolah saja atau persoalan matematis saja. Karena kecerdasan lebih berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan berbagai persoalan di dalam kehidupan.
Kecerdasan (intelejensi) adalah suatu kemampuan untuk menumbuhkan kemampuan baru dalam mengatasi masalah atau menghasilkan suatu produk yang dinilai tinggi dalam satu atau lebih perangkat kebudayaan tertentu. Itu berarti, kecerdasan merupakani kemampuan untuk menyelesaikan berbagai persoalan di dalam kehidupan. Kemampuan tersebut dibagi menjadi :
1. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam kehidupan manusia.
2. Kemampuan untuk menghasilkan persoalan-persoalan baru untuk diselesaikan.
3. Kemampuan untuk menciptakan sesuatu di dalam budaya tertentu.
Dengan demikian, kecerdasan tidak hanya berkaitan dengan kemampuan menyelesaikan persoalan matematis atau persoalan akademik semata, tetapi jauh lebih luas dari itu. Karena intelejensi terkait secara langsung dengan kehidupan manusia, bukan sekedar kehidupan sekolah, maka teori tentang kecerdasan tunggal yang selama ini digunakan adalah pendapat yang sudah tidak relevan dengan perkembangan situasi saat ini. Teori tentang kecerdasan tunggal adalah teori yang sudah kedaluwarsa.
Jika ukuran kecerdasan manusia hanya menggunakan ukuran kecerdasan tunggal (IQ) maka orang-orang dengan IQ yang tinggi akan mendominasi dan menguasai dunia. Dan orang-orang dengan IQ yang biasa atau rendah hanya akan menjadi pelengkap atau peserta tambahan di dunia. Faktanya, orang-orang yang menonjol atau dominan di dalam masyarakat tidak selalu orang-orang yang memiliki IQ yang tinggi. Itu berarti, orang-orang yang tidak memiliki IQ tinggi dan menonjol di dalam masyarat pasti memiliki suatu kemampuan tertentu yang tidak dimiliki oleh orang-orang dengan IQ tinggi. Kelemahan lain dari test IQ adalah terlalu menekankan pada lingkup matematis-logis dan linguistik.
Pada tahun 1983, Dr. Howard Gardner dari Harvard University, Amerika Serikat mengembangkan suatu kriteria jamak untuk mengukur intelejensi manusia. Gardner berpendapat bahwa, kecerdasan yang dimiliki seseorang terdiri dari berbagai bentuk kecerdasan, bukan kecerdasan tunggal. Dan teori tentang kecerdasan jamak tersebut disebut dengan multiple intelligences. Multiple intelligences adalah sebuah penilaian yang melihat secara deskriptif bagaimana individu menggunakan berbagai kemampuan yang dimilikinya untuk memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu.
Di dalam teori muliple intelligences, Dr. Howard Gardner membagi kecerdasan manusia menjadi dalam 8 jenis kecerdasan, yaitu :
1. Kecerdasan Linguistik adalah kemampuan untuk membaca, menulis dan berkomunikasi. Anak-anak dengan kemampuan linguistik diatas rata-rata, tidak akan memiliki kesulitan dalam berbahasa, baik verbal maupun tulisan. Anak dengan kecerdasan linguistik yang menonjol, biasanya ditandai dengan beberapa hal. Umumnya, mereka senang bercerita, senang bermain peran dan games yang berhubungan dengan kata-kata, seperti bermain tebak kata. Mereka juga memiliki kepekaan terhadap suara, arti dan irama kata-kata. Mereka juga suka membaca dan menulis.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan linguistik yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Pengacara
- Penulis : buku, novel, cerpen, dsb
- Penyair
- Penyiar radio atau televisi
- Guru bahasa
- Ahli bahasa
- Penerjemah
- Humas (public relation)
- Editor buku
- Konsultan media
- Pemain sandiwara
- Politikus
2. Kecedasan Logis-matematis adalah kemampuan untuk menganalis masalah secara logis, dan sistematis, menemukan atau menciptakan rumus-rumus atau pola matematika dan menyelidiki sesuatu secara ilmiah. Kecerdasan ini dapat juga diterjemahkan sebagai kecerdasan ilmiah, karena berkaitan dengan kegiatan berargumentasi berdasarkan logiko-hipotetiko-verifikatif. Proses berpikir anak dengan kecerdasan logis-matematis sangat didukung oleh kriteria empiris, atau bukti konkret. Dan anak dengan kecerdasan ini yang menonjol, pada dasarnya haus akan pencarian rumus atau pola.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan matematis-logis yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Ilmuwan
- Peneliti
- Ahli matematika
- Dokter
- Akuntan
- Ahli ekonomi
- Programmer komputer
- Teknisi
- Guru IPA & matematika
- Ahli statistik
- Banker
3. Kecerdasan Visual-Spasial adalah kemampuan untuk berpikir melalui gambar, memvisualisasikan hasil masa depan, mengimajinasikan sesuatu dengan penglihatan. Kecerdasan jenis ini memungkinkan orang membayangkan bentuk geometri atau tiga dimensi dengan lebih mudah. Ini karena kemampuan mengamati dunia spasial secara akurat dan mentransformasikan persepsi ini, termasuk di dalamnya adalah kapasitas untuk memvisualisasikan, menghadirkan secara visual dengan grafik atau ide spasial dan untuk mengarahkan diri sendiri dalam ruang secara tepat. Kecerdasan ini juga membuat individu mampu menghadirkan dunia ruang secara internal dalam pikirannya.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan visual-spatial yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Seniman
- Arsitek
- Fotografer
- Desainer (interior, grafis, fashion)
- Pemahat/pematung
- Pelukis
- Peneliti / surveyor
- Ahli kecantikan
- Juru gambar teknik
- Perencana kota
- Pilot
4. Kecerdasan Musikal adalah kemampuan untuk mengkomposisikan musik, menyanyi dan menghargai musik serta memiliki kepekaan terhadap irama. Anak-anak dengan kecerdasan musikal yang menonjol, tanda yang tampak adalah kemampuan mereka untuk mengenali dan mengingat nada-nada dengan mudah. Anak-anak seperti ini senang sekali dengan kegiatan yang mengembangkan atau melibatkan pola-pola ritmis sebagai alat bantu belajar. Karena musik secara umum, bukan hanya memberikan hiburan menenangkan bagi manusia, melainkan juga mengasah kepekaan emosi. Maka, anak-anak dengan kecerdasan musikal yang tinggi, biasanya memiliki kepekaan emosi yang cukup baik.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan musikal yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Penyanyi
- Pemain musik
- Pencipta lagu
- Penata aransemen musik (music arranger)
- Dirijen
- Pemandu musik
- Teknisi alat musik
- Konsultan musik
- Disc jockey
5. Kecerdasan Kinestetis-Badan adalah kemampuan untuk menggunakan badan secara terampil. Anak-anak dengan kecerdasan jenis ini, secara alamiah memiliki tubuh yang atletis dan memiliki ketrampilan fisik. Mereka juga memiliki kemampuan merasakan bagaimana seharusnya tubuh membentuk sesuatu. Mereka ahli menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan, dan ahli dalam penggunaan tangan untuk menghasilkan sesuatu. Di dalam kecerdasan ini juga termasuk ketrampilan koordinasi, keseimbangan, kelenturan, kekuatan dan fleksibelitas serta kecepatan.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan kinestetis-badan yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Olahragawan
- Ahli beladiri
- Penari
- Aktor / aktres
- Pemain drama panggung
- Koreografer
- Ahli bedah
- Tukang bangunan
- Tentara
- Ahli akupuntur
- Petualang alam (pemandu wisata)
- Pembuat patung
6. Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan untuk bisa memahami dan berkomunikasi dengan orang lain, serta melihat perbedaan orang lain dari segi suasana hati, temperamen dan motivasi. Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan untuk bekerja secara efektif dengan orang lain, memiliki empati dan pengertian, menghayati motivasi dan tujuan seseorang.Kecerdasan ini juga meliputi kemampuan seseorang membentuk dan menjaga hubungan, serta mengetahui berbagai peran yang terdapat di dalam suatu lingkungan sosial.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Manajer
- Guru
- Pekerja sosial
- Politikus
- Pengembang sumber daya manusia
- Terapis wicara
- Konselor
- Wiraniaga
- Psikolog
- Psikiater
- Organizer
- Trainer, coach, mentor
7. Kecerdasan Intrapersonal merupakan kemampuan seseorang untuk memahami diri sendiri, mengetahui siapa dirinya, apa yang dapat ia lakukan, apa yang ingin ia lakukan, bagaimana reaksi diri sendiri terhadap suatu situasi, dan memahami situasi seperti apa yang sebaiknya ia hindari serta mengarahkan dan mengintrospeksi diri. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan untuk analisis & refleksi diri dan memahami diri sendiri serta kemampuan untuk menilai keberhasilan orang lain. Biasanya anak-anak dengan kecerdasan intrapersonal yang baik, memiliki pemahaman yang baik pula terhadap dirinya sendiri dan tak menjadi sosok pengacau saat berkumpul dengan kelompok sosialnya. Biasanya mereka juga mengetahui apa saja yang dapat mereka lakukan dan apa yang tidak dapat mereka lakukan. Merekapun dapat mengetahui individu yang tepat saat memerlukan bantuan. Mereka juga akan tumbuh menjadi anak yang memiliki etika yang baik, dapat melakukan aktivitasnya dengan kreatif dan produktif. Selain itu, mereka juga mampu mengakui kesalahannya dan bersikap jujur.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Filsuf (ahli filsafat)
- Dokter jiwa
- Ahli agama
- Psikolog
- Konselor spiritual
- Perencana program pengembangan diri
- Peneliti
8. Kecerdasan Naturalis adalah kemampuan untuk merasakan bentuk-bentuk serta menghubungkan elemen-elemen yang ada di alam. Individu-individu dengan kecerdasan naturalis yang tinggi sangat berminat pada lingkungan bumi dan spesies. Mereka juga memiliki ketertarikan terhadap dunia luar, pada binatang, tumbuhan dan alam semesta dengan intensitas yang sangat tinggi. Mereka sangat peka terhadap perubahan disekitarnya, sekalipun perubahan itu sangat sedikit. Dalam perkembangannya kemudian, mereka akan tertarik pada biologi, botani, ilmu hewani, geologi, meteorology, palaentologi atau astronomi.
Orang-orang yang memiliki kecerdasan naturalis yang tinggi dapat bekerja secara efektif pada beberapa bidang, seperti :
- Petualang (pemandu wisata)
- Ahli lingkungan alam
- Ahli biologi
- Dokter hewan
- Petani
- Peternak
- Ahli perkebunan
- Ahli batu-batuan
- Pengamat cuaca
Pendekatan multiple intelligences ini merupakan alat untuk melihat bagaimana pikiran manusia mengoperasikan dunia, baik itu benda-benda yang konkret maupun yang abstrak. Karena itu, menurut teori ini tidak ada orang yang bodoh atau pintar. Yang ada, orang yang menonjol pada salah satu atau beberapa jenis kecerdasan.
Karena kecerdasan merupakan potensi yang diberikan Tuhan pada manusia, maka kecerdasan tersebut harus digali dan ditemukan. Dengan mengamati secara cermat sejak dini, potensi yang Tuhan berikan pada diri kita, maka kita akan menemukan jenis kecerdasan yang kita miliki. Setelah dikenali jenis kecerdasan tersebut, maka menjadi tugas kita untuk memupuk dan mengembangkan jenis kecerdasan tersebut supaya menjadi optimal. Tanpa observasi serius terhadap potensi yang kita miliki, maka potensi tersebut bisa hilang atau salah pengembangan.
Spoiler for TEST MULTIPLE INTELLIGENCE BAHASA INDONESIA AGAN:
MIRORCREATOR
Semakin besar Nilainya semakin Berbakat agan dalam bidangnya
CARA DOWNLOAD MIRORCREATOR
Atau dari Thread sebelah Bahasa inggris
http://www.kaskus.co.id/post/51b049b...cb174c75000005
JANGAN LUPA BATANYA GAN
Diubah oleh kieor2 08-11-2013 03:47
0
2K
Kutip
13
Balasan
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan