- Beranda
- Komunitas
- News
- Ilmu Marketing
Kata siapa market research itu ga penting gan ?? mari masuk sini gan..
TS
pengamatharga
Kata siapa market research itu ga penting gan ?? mari masuk sini gan..
ini gan mengapa menurut ane market research ntu penting gan 
Mungkin sering kita mendengar istilah “konsumen adalah raja.” Betapa tidak… sebuah bisnis, baik yang menjual produk ataupun jasa, benar-benar bergantung pada konsumen yang membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan.
Oleh karena itu, semua perusahaan benar-benar dituntut untuk memahami betul konsumen mereka, baik dari segi permintaan, keinginan, ekspektasi sampai dengan kebiasaan-kebiasaan mereka sehari-hari. Dengan pemahaman terhadap konsumen inilah, sebuah perusahaan dapat menentukan strategi yang tepat untuk menarik hati mereka, bahkan di kasus-kasus tertentu pemahaman konsumen diperlukan sebelum sebuah produk dikembangkan.

Nah… oleh karena itu, sebuah perusahaan benar-benar dituntut untuk memahami konsumen. Namun, apa sih yang harus dilakukan untuk memahami konsumen kita sendiri?
Satu hal yang perlu disadari adalah konsumen adalah manusia juga. Dan seperti layaknya manusia, masing-masing konsumen punya perbedaan dalam cara mereka memilih produk barang ataupun jasa. Perbedaan-perbedaan ini erat kaitannya dengan faktor-faktor yang sering disebut demografi dan psikografi.
Pertama kita lihat dulu apa itu demografi. Demografi pengelompokan konsumen yang berdasar atas usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, lokasi, status dan tingkat pendidikan sesorang.
Lalu mengapa pengelompokan ini penting? Kita ambil saja produk mobil sebagai contoh. Mobil itu sangat beragam variannya dan masing-masing varian punya kelompok konsumen yang beragam pula.
Mobil anak muda sangat berbeda dengan mobil orang dewasa. Begitu juga dengan mobil untuk kalangan eksekutif, tentunya sangat berbeda dengan mobil untuk pekerja kantoran biasa.


Tetapi sering kali, studi demografi saja tidaklah cukup. Secara teoritis, tingkat penghasilan yang berbeda akan menghasilkan preferensi yang berbeda juga. Namun pada kenyataannya orang-orang yang mempunyai tingkat penghasilan yang sama pun dapat memiliki preferensi yang berbeda.
Penting bagi sebuah perusahaan untuk mengetahui lebih jauh apa sebenarnya yang membuat orang-orang yang memiliki usia, penghasilan dan pendidikan yang sama atau berbeda dalam merespon suatu stimulus pemasaran. Untuk itu kita juga perlu untuk mempelajari studi psikografi.
Dalam study psikografis, perilaku konsumen diobservasi melalui gaya hidup (lifestyle), nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan kepribadian (personality). Dalam tulisan ini, mari kita fokus dalam satu aspek terlebih dahulu, yaitu bagaimana lifestyle akan mempengaruhi tindakan seseorang dalam memilih.
Dalam segmentasi demografi yang sama tidak jarang ditemui lifestyle yang berbeda. Orang-orang dengan gender, usia, pekerjaan, dan penghasilan yang sama belum tentu memiliki gaya hidup yang sama.
Gaya hidup ini kemudian mengikat seseorang untuk terus mengikuti perkembangan jaman, sehingga gaya hidupnya pun kemudian akan terus berubah (meningkat). Perkembangan jaman yang berkaitan dengan trend kemudian menentukan preferensi seseorang.
Contoh misalnya dengan segmentasi demografi yang sama namun gaya hidup yang berbeda, orang A akan cenderung lebih memilih produk yang sudah ia kenali atau biasa di konsumsi, namun orang B (mengikuti trend) akan lebih cenderung untuk mencoba produk yang baru karena pengaruh trend dan gaya hidup.
Contoh tersebut merupakan fakta sosial yang biasanya luput dari penglihatan pasar. Oleh karena itu perusahaan sangat perlu untuk memperhatikan konsumen, karena konsumen merupakan kunci utama dari keberhasilan pasar.
Jadi… sekarang kita bisa melihat dengan lebih jelas mengapa orang-orang sering bilang “konsumen adalah raja.”

buat agan yang berkenan, jangan lupa..

karena market research itu penting, ane mau minta bantuannya dari agan-agan dan agan-wati buat ngisi kuesioner ane gan, hehe..ga sampe 3 menit ko gan..

cekidot gan..!
https://docs.google.com/forms/d/1H9T...YbRBw/viewform
makasih buat agan yang udah bantu sebelumnya,
semoga kebaikan agan di balas d kemudian hari 
for sumber :

Mungkin sering kita mendengar istilah “konsumen adalah raja.” Betapa tidak… sebuah bisnis, baik yang menjual produk ataupun jasa, benar-benar bergantung pada konsumen yang membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan.
Oleh karena itu, semua perusahaan benar-benar dituntut untuk memahami betul konsumen mereka, baik dari segi permintaan, keinginan, ekspektasi sampai dengan kebiasaan-kebiasaan mereka sehari-hari. Dengan pemahaman terhadap konsumen inilah, sebuah perusahaan dapat menentukan strategi yang tepat untuk menarik hati mereka, bahkan di kasus-kasus tertentu pemahaman konsumen diperlukan sebelum sebuah produk dikembangkan.

Nah… oleh karena itu, sebuah perusahaan benar-benar dituntut untuk memahami konsumen. Namun, apa sih yang harus dilakukan untuk memahami konsumen kita sendiri?
Satu hal yang perlu disadari adalah konsumen adalah manusia juga. Dan seperti layaknya manusia, masing-masing konsumen punya perbedaan dalam cara mereka memilih produk barang ataupun jasa. Perbedaan-perbedaan ini erat kaitannya dengan faktor-faktor yang sering disebut demografi dan psikografi.
Pertama kita lihat dulu apa itu demografi. Demografi pengelompokan konsumen yang berdasar atas usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan, lokasi, status dan tingkat pendidikan sesorang.
Lalu mengapa pengelompokan ini penting? Kita ambil saja produk mobil sebagai contoh. Mobil itu sangat beragam variannya dan masing-masing varian punya kelompok konsumen yang beragam pula.
Mobil anak muda sangat berbeda dengan mobil orang dewasa. Begitu juga dengan mobil untuk kalangan eksekutif, tentunya sangat berbeda dengan mobil untuk pekerja kantoran biasa.


Tetapi sering kali, studi demografi saja tidaklah cukup. Secara teoritis, tingkat penghasilan yang berbeda akan menghasilkan preferensi yang berbeda juga. Namun pada kenyataannya orang-orang yang mempunyai tingkat penghasilan yang sama pun dapat memiliki preferensi yang berbeda.
Penting bagi sebuah perusahaan untuk mengetahui lebih jauh apa sebenarnya yang membuat orang-orang yang memiliki usia, penghasilan dan pendidikan yang sama atau berbeda dalam merespon suatu stimulus pemasaran. Untuk itu kita juga perlu untuk mempelajari studi psikografi.
Dalam study psikografis, perilaku konsumen diobservasi melalui gaya hidup (lifestyle), nilai-nilai kehidupan yang dianut (value) dan kepribadian (personality). Dalam tulisan ini, mari kita fokus dalam satu aspek terlebih dahulu, yaitu bagaimana lifestyle akan mempengaruhi tindakan seseorang dalam memilih.
Dalam segmentasi demografi yang sama tidak jarang ditemui lifestyle yang berbeda. Orang-orang dengan gender, usia, pekerjaan, dan penghasilan yang sama belum tentu memiliki gaya hidup yang sama.
Gaya hidup ini kemudian mengikat seseorang untuk terus mengikuti perkembangan jaman, sehingga gaya hidupnya pun kemudian akan terus berubah (meningkat). Perkembangan jaman yang berkaitan dengan trend kemudian menentukan preferensi seseorang.
Contoh misalnya dengan segmentasi demografi yang sama namun gaya hidup yang berbeda, orang A akan cenderung lebih memilih produk yang sudah ia kenali atau biasa di konsumsi, namun orang B (mengikuti trend) akan lebih cenderung untuk mencoba produk yang baru karena pengaruh trend dan gaya hidup.
Contoh tersebut merupakan fakta sosial yang biasanya luput dari penglihatan pasar. Oleh karena itu perusahaan sangat perlu untuk memperhatikan konsumen, karena konsumen merupakan kunci utama dari keberhasilan pasar.
Jadi… sekarang kita bisa melihat dengan lebih jelas mengapa orang-orang sering bilang “konsumen adalah raja.”

buat agan yang berkenan, jangan lupa..

karena market research itu penting, ane mau minta bantuannya dari agan-agan dan agan-wati buat ngisi kuesioner ane gan, hehe..ga sampe 3 menit ko gan..

cekidot gan..!

https://docs.google.com/forms/d/1H9T...YbRBw/viewform
makasih buat agan yang udah bantu sebelumnya,
semoga kebaikan agan di balas d kemudian hari 
for sumber :

Spoiler for spoiler for sumber:
Diubah oleh pengamatharga 22-09-2013 12:03
0
2.2K
11
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan