Welcome To My Thread Gan
Mungkin banyak disini para online shoper yang sering banget dapat calon pelanggan atau pelanggan yang kadang bikin hati "unmood" sedikit
Entah dari bicaranya si pelanggan, rewel, atau yang lain-lain. Dan ane bakalan bahas disini...
Thread ini bukan bertujuan utk kontroversi. Seller dan buyer saling menguntungkan. Gak ada perbedaan. Ane disini bahas resiko seller. Bukan buyer
Berikut 5 resiko seller online :
Quote:
1. Dapet Pelanggan Anak ALAY atau GAPTEK
Pernah atau bahkan sering dapet pelanggan yang gaptek atau bahasa kasarnya masih bocah buat belanja online. Diawal aja udah gak enak bahasanya. Ada bahasa alay yg seller gak mengerti. Singkatan2 atau kalo di BB autotext nya yg super duper alay yg susah buat dibaca (ampun dah). Atau ada pertanyaan-pertanyaan yg bisa dibilang “bodoh” utk dipertanyakan. Kita udah bilang “ini”, masih aja nanya “ini”.
2. Udah jelasin panjang-panjang, TAPI ORANG GAK JADI BELI
Sering terjadi pada para online shop nih. Terutama yg lg butuh duit. Ada orang yg kunjung nanya-nanya, udah langsung dijelasin setiap pertanyaan. Dikira mau beli. Padahal Cuma mau nanya-nanya doang tuh orang. Boro-boro beli. Mana pulsa udah abis ngelayanin tuh orang satu
3. Dapat Pelanggan banyak tanya dan JADI BELI. Tapi Cuma 1 unit. Itupun REWEL minta ampun.
Hahaha kasian nih sama seller yg dapet buyer begini. Udah banyak tanya, rewel, belinya Cuma satu. Keuntungan juga gak cukup beli pulsa lagi gara-gara ngelayanin rewelnya tuh buyer
4. Dapat Pelanggan yg gak ngerti sistem EKSPEDISI
Ada pelanggan yg udah deal pesan. Udah dikirim barangnya. Lalu buyer nanya “mas udah dikirim?” seller jawab “udah mba td siang” dijawab lg sama buyer “kok belum sampai ya?” lalu seller gondok sejenak. Dalam hati berkata “mana adaaaa ekspedisi ongkir murah lgsg sampe bbrp jam!!”
5. Dapat Pelanggan yg gak ngerti cara SETOR TUNAI
Biasanya pelanggan yg baru pertama kali beli online nih. Pertama, buyer kyk gini bakalan nanya-nanya barang jualan kita. Kedua lalu dia bakalan nanya bagaimana caranya transfer tnp ATM. Nah disini seller mulai rada gondok. Mana udah ngejawab semua pertanyaan. Dikirain mau lgsg transfer. Eh malah nanya gimana cara transfer tnp ATM. Mungkin akan dijelasin sedikit sama seller. Tapi kadang buyer belom ngerti dan bakalan nanya terus. Pesennya juga Cuma satu pula.... *lalu seller gantung diri*
Quote:
Thanks untuk agan dan aganwati yg sudah nyimak
Quote:
Kaskuser yang baik selalu meninggalkan komen yg POSITIF dan MEMBANGUN
Agan-agan yang SEHATI
Quote:
Original Posted By gtrferi►ane pernah ngalamin semuanya tuh
malah pernah ada yang gak tahu caranya transfer, ternyata ni buyer masih smp dan gak punya rek bank, ane suruh langsung transfer ke bank...dianya gak ngerti juga, akhirnya gak lama ibunya tuh anak telp ane, sambil nanya ane gak akan nipu kan dab barang pasti sampe kan, dengan sabar ane jelasin semuanya, akhirnya transfer berlangsung dan barangpun ane kirim setelah ane packing
Quote:
Original Posted By Blackjack.21►ane pernah ngalamin semua gan, kalo yang nomer 3 ane milih mending dia gak usah jadi beli, repot nantinya kalo udah sampe, komplen gak puas lah ini itu, padahal pesen barang yang murah, kalo mau yang bagus mah pesen yg mahal sekalian. kek hape aja ada harga ada kualitas
Quote:
Original Posted By Rikirofiki►true banget gan
udah ngalamin semua nya hahaha...
Quote:
Quote:
Original Posted By penjual27►ane udah ngalamin smua sih gan
cuma ane sadar itu smua resikonya.yah itung2 ngelatih bakat dagang sapatau bsk bs makin maju bisa makin berkembang
cuma yg ane rada ga tahan sih kalo 1.
buyer mulai mbanding mbandingin harga,udah gt maksa diskon krn ada yg lbh murah(walopun barang beda dan skilas sama)
2.
menggebu nggebu mau barang bagus tp stelah tau harga agak tinggi jd 'nggrundel'
3. tanya alamat,padahal jelas2 di lapak udh d tulis 'cod dan kirim2' tanpa mencantumkan alamat(tanpa alamat=hanya online)
aneh bener nanggepin yg ky begini nih.
cuma klo d tempat ane sih tanya2 doank boleh tanpa hrus beli(tp kira2 jg donk)
.::dagang itu hobi,bukan gengsi::.
Quote:
Original Posted By pulsahardware►yang paling parah mau tau ga gan?
orangnya cerewet, trus jika ada error, selalu bilangnya barang yg kita jual yg rusak, akhirnya daripada pusing, mending kita refund aja (apalg kalau yg garansinya setahun, kebayang deh layanin orang begini selama setahun), mana pertama belinya minta nego terus gan
paling kesel ama customer begini, untung ga sampai 5 orang yg begini
tapi gmn pun, kalau masih pantes dilayani, ya kita layani gan, kan namanya customer, gmn pun ga bisa disalahkan
Quote:
Original Posted By fansbarca►ane pernah ngalamin semuanya gan
tapi ane lebih memilih kalo ada pelanggan rewel lebih baik nggak usah di ane
bukannya sombong atau nolak rezeki
tapi pada dasarnya rezeki kita ditentukan sama Allah SWT
daripada kita capek gara2 ngeladenin satu pelanggan rewel dan jadi nggak maksimal ngelayanin pelanggan yang lainnya , kan jadi kurang bijak juga
so , pelanggan adalah raja tapi kan pelanggan kita banyak jadi raja yang kita layani juga banyak , maka kita harus sebijak mngkin ambil keputusan
nice share gan
Quote:
Original Posted By kaisar.taro►ane udah pernah ngalamin semua hal itu gan, tapi ane tetap mlayani aja, mana tau bisa bantu orang dan mudah-mudahan calon pembeli merasa terbantu.
Quote:
Original Posted By rizkiforce9221►sebel banget gan ako ada buyer yg cuman PHP doang udah ngeganggu ngabisin pulsa lagi haduh