naviculesAvatar border
TS
navicules
Filosofi Dibalik Nama-nama Band Rock Terkenal
Alhamdulillah Thread ane jadi HT!!!
Thanks buat momod dan kaskuser semua emoticon-Matabelo



Kita amati jika band-band cadas selalu memakai nama-nama asing dan unik. Di balik nama tersebut ternyata memiliki filosofi yang sangat dalam, Namun ada juga yang klise dan lucu dalam penamaan nama. Meski begitu, nama-nama ini menjadi kiblat bagi musik sekarang. Yuk kita simak cerita band berikut.

SUDAH ANE UPDATE DI POST DI BAWAH DAN POST#9 LUAR DAN INDO


1. Avenged Sevenfold



Mungkin kita penasaran apa yang membuat M Shadows memilih nama Avenged Sevenfold sebagai nama bandnya. Ternyata nama mengambil dari referensi Cain dan Abel dari alkitab. Sementara itu singkatan A7X juga memilki arti tersendiri x yang berarti lipatan atau berkali-kali. Sehingga bisa A7X bermakna pembalasan 7 kali lipat. (kpl/faj)



2. Nirvana

Sebelum memilih nama Nirvana, Kurt Cobain mempunyai deretan daftar nama yang akan dipakai untuk bandnya. Sebut saja Poo Poo Box, Whisker Biscuit, Gut Bomb, Bat Guana, Fecal Matter dan masih banyak lagi. Namun dia merasa tercerahkan saat melihat tayangan tentang ajaran Budha di malam hari. Dari situ dia merasa Nirvana adalah kata yang cocok untuk bandnya, terlebih dia menganggap dirinya pengikut Budha. Nirvana sendiri memiliki arti pencampaian kesempurnaan, yang sepertinya pantas sekali dipakai oleh band ini yang akhirnya memilki 3 personel yang sempurna seperti saudara. (kpl/faj)




3. Pearl Jam

Mungkin banyak yang bertanya kenapa band pengusung Seattle Sound ini memilih nama Pearl Jam. menurut penuturan Eddie Vedder (vokalis) bahwa nama tersebut terinspirasi dari nama neneknya bernama Pearl yang jago membuat selai (Jam dalam Inggris). Namun cerita itu kemudian disanggah oleh Eddie walau dia memang memiliki nenek bernama Pearl. (kpl/faj)

4. Metallica

Metallica adalah sebuah nama yang pas untuk menggambarkan musik mereka yang padat, cadas dan sekeras baja. Menurut penuturan dari Lars Ulrich (drum) bahwa nama ini diambil saat dia membantu temannya untuk memberikan ide bagi majalah metalnya. Lars membawa 2 nama yaitu Metallica dan Metal Mania, yang akhirnya dipilih Metal Mania. Saat membuat band, Lars pun akhirnya terpikirkan untuk memakai nama Metallica di bandnya. (kpl/faj)

5. Blink 182

Ada yang tahu makna angka182 pada Blink 182. Bukan berarti berkedip hingga 182 kali lo. Jadi ceritanya gini, mereka sebelumnya memaki nama blink untuk bandnya. Namun karena ada kesamaan nama dengan band Irlandia membuat mereka harus mengganti. Namun karena nama Blink sudah terlalu asyik bagi mereka akhirnya mereka menaruh angka 182 di belakangnya. Nah, angka 182 ini diambil dari film TURK! 182 yang saat ditontonnya. (kpl/faj)

6. Children of Bodom

Peristiwa pembunuhan di danau Bodom, Esspo, Finlandia pada tahun 1960 menjadi inspirasi bagi band metal ini. Mereka pun menamakan band mereka Children of Bodom untuk memberi tribute bagi para korban tersebut. Bahkan mereka sempat mengangkat cerita pembunuhan ini ke dalam salah satu karyanya. (kpl/faj)



7. Ramones

Meski setiap nama personelnya diberi nama Ramones bukan berarti mereka memiliki darah keluarga.Ternyata nama Ramones ini terinspirasi dari nama samaran personel The Beatles, Paul McCartney. Kabarnya Paul sering check in ke hotel dengan nama Paul Ramones. Entah bagaimana personel pionir punk ini memakai nama Ramones untuk bandnya. (kpl/faj)

MANA BAND ROCK KESUKAAN AGAN?

Spoiler for Sumbernya Gan:


UPDATE BAND ROCK INDONESIA

BURGERKILL

Burgerkill adalah sebuah band metalcore yang berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Nama band ini diambil dari sebuah nama restaurant makanan siap saji asal Amerika, yaitu Burger King, yang kemudian oleh mereka diparodykan menjadi "Burgerkill".
GOD BLESS

Ketika gitaris Ludwig LeMans dan Vokalis Achmad Albar menginjakkan kaki mereka di Jakarta untuk berlibur pada tahun 1973 tiba-tiab mereka berdua melihat fenomena musik panggung terutama rock yang terasa euphoria .Keinginan untuk ngeband di Indonesia kian menggebu setelah melihat konser-konser band-band rock ternama Indonesia saat ituLudwig LeMans dan Achmad Albar.Loetje,panggilan akrab Ludwig LeMans bahkan telah merancang nama The Balls untuk jatidiri band rock yang mereka idamkan.

Nama The Balls hampir dipergunakan.Bahkan dalam beberapa media cetak termasuk diantaranya di majalah Aktuil,gagasan nama The Balls yang diulurkan Loetje telah dimuat.Tapi Achmad Albar malah lebih sreg dengan nama The Road.Tapi The Road pun batal untuk dipakai sebagai nama band.Setahun kemudian Deddy Dorres menggunakan nama The Road untuk nama proyek musik popnya di Purnama/Remaco bersama Ludwig LeMans (gitar),Donny Gagola (bas) dan Fuad Hasan (drum).

Lalu nama lain pun diusulkan yaitu The God.Cuma nama ini urung pula dipakai,karena membawa beban berat,kata mereka.

Kemudian versi resmi yang sering dilontarkan oleh personil God Bless mengenai asal usul nama yaitu ketika di bulan Desember,di rumah Mia (Camellia Malik)dan almarhum Fuad Hassan (drummer) ,Donny dan Iyek melihat sebuah Kartu Natal dan Tahun Baru tergeletak di meja ruang tamu.Donny tertarik dengan kata God Bless pada Greeting Card yang berbunyi ……may God bless you !. Donny dan Iyel lalu berembuk.”Wah kita pakai saja kata God Bless” sepakat mereka berdua Dan resmilah mereka menggunakan nama God Bless hingga kini.SUMBER

NAVICULA

Bisa dibilang musik adalah agama kita… di dalamnya ada filosofi, etika, dan ritualnya. Waktu dan uang kita habis di musik. Agamamu adalah dimana uang dan waktumu lebih banyak kau gunakan! It’s all about Rock n’ Roll !!!” – Robi (vokalis Navicula)

Navicula didirikan tahun 1996 di Bali, Indonesia. Formasi Navicula terkini adalah: Robi (vokal, gitar), Dankie (gitar), Made (bass), Gembull (drum). Nama Navicula diambil dari nama sejenis ganggang emas bersel satu, berbentuk seperti kapal kecil (dalam bahasa Latin, Navicula berarti kapal kecil). Band ini mengusung rock sebagai warna dasar musik mereka, berpadu dengan beragam warna etnik, folk, psychedelic, punk, alternatif, funk, dan blues. Liriknya sarat dengan pesan aktivisme dan semangat tentang Damai, Cinta dan Kebebasan.

Navicula dikenal aktif di dunia indie musik, walau sempat kontrak dengan major label Sony-BMG di tahun 2004. Bersama Sony-BMG, Navicula merilis album ke-4 mereka yang berjudul, Alkemis. Namun, tahun 2007 album ke-5 mereka, Beautiful Rebel, dirilis secara independen dan band ini kembali mengobarkan semangat idealisme mereka melalui jalur indie. Tahun 2009 Navicula merilis album ke-6 yang berjudul “Salto”, dan sekrang mereka sedang mengerjakan album ke-7 (tanggal rilis masih belum diumumkan). Navicula bermarkas di Bali dan tetap eksis di dunia musik nasional hingga saat ini.

Musik Navicula dipengaruhi kuat oleh alternatif rock 90-an, terutama grunge/seattle-sound dari band-band macam Soundgarden, Pearl Jam, Alice in Chains, dan Nirvana. Namun, yang membuat musik mereka menjadi sedemikian unik adalah pekatnya pengaruh budaya Bali saat ini sebagai melting-pot dunia (tempat bercampurnya beragam budaya, termasuk budaya klasik Bali hingga budaya modern internasional), dan kesempatan untuk berkreasi di suatu kondisi yang sangat kontras ini.

Navicula, sebuah band grunge yang dikenal dengan sebutan “the Green Grunge Gentlemen” karena aktifnya mereka di dunia aktivisme sosial dan lingkungan. Tumbuh di Bali, band ini menyerap banyak inspirasi dari beragam budaya dan informasi dari berbagai belahan dunia, isu sosial, serta perubahan ekologi yang terjadi di Bali dan dunia secara global, dan menjadikannya sebagai topik lagu-lagu mereka. “Isu lingkungan hidup merupakan masalah vital yang sangat mempengaruhi kita semua saat ini, sehingga kami percaya sangatlah penting untuk bertindak segera dan melakukan apapun yang kita bisa untuk menyebarkan kesadaran dan pemahaman mengenai isu lingkungan ini. Kami memiliki musik; memiliki media berpengaruh dan bahasa universal, dan dengan media inilah kami berjuang menyebarkan kesadaran positif, terutama bagi kaum muda sebagai agen perubahan. Kami percaya, lewat kegiatan berkesenian, kami bisa menebar benih perubahan. Kita perlu berubah, dan Navicula ingin menjadi bagian dari perubahan ini,” kata Navicula.
EDANE

Semula, Eet Sjahranie ditawari produser rekaman untuk menggarap proyek album solo rock. Dari beberapa nama yang diajukan, Eet memilih Ecky Lamoh. Eet sudah tertarik dengan warna vokal Ecky sejak sama-sama mengisi album Kharisma-nya Eki Soerkarno. Namun Eet ingin, format solo album diubah menjadi duo, dengan titel "E dan E", singkatan dari Ecky Lamoh dan Eet Sjahranie. Namun di tengah jalan mereka berdua malah membentuk grup band. Fajar Satritama dan Iwan Xaverius, yang sejak awal ikut merancang konsep album mereka, diajak bergabung. Berubahlah namanya menjadi EdanE



Tambahan dari Kaskuser

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


TAMBAHN UNTUK BAND LAINNYA ADA DI POST #9 YA GAN


Makasih buat yang udah ngasih ane cendol emoticon-Matabelo



mohon maaf jika thread ane berantakan, maklum cuma pake shampoo emoticon-Hammer2 pake hp gan
jika berkenan boleh emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya gan
yang penting jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh navicules 07-11-2013 08:10
0
112.9K
1.1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan