GPO2AAvatar border
TS
GPO2A
Mencermati Fenomena Pasukan Dunia Maya Jokowi
inilah..com, Jakarta - Fenomena Joko Widodo di saat bersamaan juga memunculkan cyber troops alias pasukan dunia maya. Kelompok ini siap setiap saat bila ada pernyataan yang mengkritik Jokowi. Fenomena alamiah atau didesain oleh kekuatan besar?

Keberadaaan Cyber Troops (pasukan dunia maya) yang mengelilingi Jokowi awal mulanya dimunculkan oleh mantan Ketua MPR Amien Rais. Belakangan pernyataan Amien diamini oleh lainnya. Pengakuan anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Achmad Mubarok ihwal pasukan dunia maya di sekitar Jokowi membenarkan informasi Amien Rais sebelumnya.

"Sudah banyak orang yang mengatakan bahwa Jokowi tidak bisa dikirik, karena akan ada serangan balik caci maki.Serangan caci maki ini tidak alamiah dan dilakukan oleh tim dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial," ujar Mubarok kepada wartawan saat dihubungi, Jumat (1/11/2013).

Pernyataan ini melengkapi pernyataan sebelumnya yang disampaikan mantan Ketua MPR Amien Rais. Menurut dia, ada kekuatan besar yang mengarahakan Jokowi pada aras politik seperti saat ini, salah satunya keberadaan pasukan dunia maya.

"Pengerahan cyber troops, orang kritik Jokowi di media, nanti ada ratusan yang menghantam tanpa ampun dengan kata-kata semestinya tidak layak dan elok," ungkap Amien yang mengaku tidak gentar dengan komentar-komentar pendukung Jokowi.

Sementara menurut Praktisi Teknologi Informasi Chafiz Anwar banyak akun palsu pembela Jokowi di sosial media. Hal itu menurutnya bisa dengan mudah diamati karena banyak hal yang sangat tidak masuk akal.

"Kalau komentarnya muncul dalam waktu yang kurang lebih bersamaan dengan komentar yang senada seperti dikomando baik untuk menyerang maupun membela orang-orang yang mereka jaga, maka bisa dipastikan akun-akun itu palsu," ujar Chafiz saat dihubungi inilah..com di Jakarta, Jumat (1/11/2013).

Lebih lanjut Hafiz menyebutkan dalam konteks Jokowi jika ada yang mengkritiknya di sebuah media online maka ssecara otomatis langsung ada serangan dari ribuan orang. "Coba saja bayangkan berita yang mengkritik di sebuah media online itu.Baru beberapa saat tayang langsung yang komentar ribuan. Itu sangat tidak miungkin, kalau bukan sebuah tim yang mengerjakannya yang bisa saja terdiri dari puluhan orang," tambahnya.

Ciri lainnya, imbuh Hafiz, adanya ketidakjelasan identitas para pemilik akun ini. Mereka biasanya menurut Chafiz menggunakan nama-nama palsu dan foto-foto palsu atau menggunakan gambar kartun. Akun tersebut menggunakan mesin pendeteksi dengan kata kunci tertentu.


[url]http://m.inilah..com/read/detail/2043655/mencermati-fenomena-pasukan-dunia-maya-jokowi[/url]

termasuk yang di kaskus emoticon-Bingung (S)

Quote:


Diubah oleh GPO2A 04-11-2013 12:41
0
5.4K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan