- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
BELAJAR MENGEMUDI: Bagaimana yang Benar?


TS
whyalwaysme2
BELAJAR MENGEMUDI: Bagaimana yang Benar?


Spoiler for Thanks Supportnya all #4:

Moga2 info ini berguna bagi kita semua 

Quote:
Hello agan2/sista2 semua, pada kali ini ane mau ngeshare suatu info yg greget (ceilah
) yaitu STRATEGI BELAJAR MENGEMUDI: Bagaimana yang Benar? cekidot>> 


Spoiler for salah paham:
banyak yang salah paham yak sama judul thread ane 
Banyak yang kira ini thread teknik mengemudi mobil (nyetirnya)
Ini bukan itu gan (?), tapi tahapan yg bener untuk belajar mobil..
Teknik belajar mobil aslinya itu ga bisa lewat teori gan, harus langsung ada di balik setir n dibimbing sama ahlinya. Jangan pernah coba" belajar teori, baca cara" pake kopling, trus langsung aplikasiin sendiri. Itu DILARANG gan, karena teori dengan kenyataan mengemudi itu sungguh" b e r b e d a

Banyak yang kira ini thread teknik mengemudi mobil (nyetirnya)
Ini bukan itu gan (?), tapi tahapan yg bener untuk belajar mobil..
Teknik belajar mobil aslinya itu ga bisa lewat teori gan, harus langsung ada di balik setir n dibimbing sama ahlinya. Jangan pernah coba" belajar teori, baca cara" pake kopling, trus langsung aplikasiin sendiri. Itu DILARANG gan, karena teori dengan kenyataan mengemudi itu sungguh" b e r b e d a

BELAJAR SAMA SIAPA?
Quote:
Buat dapetin SIM A emg harus berusia minimal 17 tahun, tapi kalo sekedar bisa nyetir sebelum itu, belajar nyetir kemana yang paling efektif?

Quote:
Nyetir sebuah mobil tentu bukan hal sepele. dengan berat diatas 1 ton, pengoperasian mobil yang salah bisa mengakibatkan fatalitas di jalan raya. makanya polisi mentapkan usia minimal buat punya SIM A itu 17 tahun. tapi bukan rahasia umum lagi kalo banyak remaja di bawah usia tsb yang sudah mahir mengemudikan mobil. atau banyak juga yang pengen belajar mobil sejak dini. bagaimana ortu menyikapi hal ini?
Justru ga ada gunanya kalo anak dilarang belajar nyetir mobil, mereka justru akan mencari kompensasi lain. entah minta diajari sopir atau bahkan teman yang bisa menyetir. hal ini justru lebih bahaya, kan?
justru ortu harus bisa mengarahkan ke jalan yang benar (kayak ceramah aja ye
)
Sekarang ini emang ada beberapa cara yg bisa dilakukan untuk belajar nyetir. pertama dengan belajar sendiri dengan instruktur dari orang terdekat misalnya ortu. kedua bisa melalui jalur institusi resmi seperti sekolah mengemudi.
Tahapan2 apa aja yg mesti dilakukan, spy calon2 pengemudi muda ini kelak menjadi pengemudi aman di jalan raya?
Justru ga ada gunanya kalo anak dilarang belajar nyetir mobil, mereka justru akan mencari kompensasi lain. entah minta diajari sopir atau bahkan teman yang bisa menyetir. hal ini justru lebih bahaya, kan?
justru ortu harus bisa mengarahkan ke jalan yang benar (kayak ceramah aja ye

Sekarang ini emang ada beberapa cara yg bisa dilakukan untuk belajar nyetir. pertama dengan belajar sendiri dengan instruktur dari orang terdekat misalnya ortu. kedua bisa melalui jalur institusi resmi seperti sekolah mengemudi.
Tahapan2 apa aja yg mesti dilakukan, spy calon2 pengemudi muda ini kelak menjadi pengemudi aman di jalan raya?

Quote:


ini nih yg masih menjadi perdebatan. ada 2 pendapat berbeda mengenai hal ini. pendapat pertama menyatakan lebih baik belajar mengemudi dengan transmisi matik lebih dulu. dengan gitu calon driver bisa dengan mudah beradaptasi dengan cara pengoperasian mobil. dan selanjutnya ia bisa berkonsentrasi memahami cara berlalu-lintas tanpa direpotkan dgn pengoperasia transmisi. namun klo menurut ane sih lebih baik belajar dgn transmisi manual lebih dulu. kenapa? karena saat berpindah ke transmisi otomatis ga akan sesulit situasi sebaliknya.
Tapi tetap harus ada sesi khusus berlatih dgn mobil transmisi otomatis meski telah mahir menggunakan manual. karakter dan fitur di transmisi otomatis haruslah dipahami betul sebelum boleh mengemudikannya. juga ada kecenderungan pengemudi yg baru mengemudikan mobil otomatis meletakkan kakinya di pedal rem.
hal itu sangat berbahaya krna sensitivitas pedal rem dan kopling berbeda. buat mobil otomatis, kaki kiri harus selalu ada di footrest dan bukan di pedal rem.
Gimana pendapat agan2 sekalian?
Tapi tetap harus ada sesi khusus berlatih dgn mobil transmisi otomatis meski telah mahir menggunakan manual. karakter dan fitur di transmisi otomatis haruslah dipahami betul sebelum boleh mengemudikannya. juga ada kecenderungan pengemudi yg baru mengemudikan mobil otomatis meletakkan kakinya di pedal rem.
hal itu sangat berbahaya krna sensitivitas pedal rem dan kopling berbeda. buat mobil otomatis, kaki kiri harus selalu ada di footrest dan bukan di pedal rem.
Gimana pendapat agan2 sekalian?
Spoiler for Just Info:
di negara yang baru aja kita kalahin (
), Korea Selatan, SIM disana sendiri ada 2, yaitu SIM manual dan SIM matik. Untuk pengemudi SIM matik, mereka hanya boleh menyetir mobil bertransmisi matik, sedangkan SIM manual, boleh menyetir mobil bertransmisi manual dan matik

Quote:
Sekolah Mengemudi
Sekarang ini banyak sekolah mengemudi swasta yang bisa dimasuki. tapi berhubung belum ada standarisasi tinggi yg baku dari pemerintah, rata2 skolah mengemudi ini hanya mengajarkan pengoperasian kendaraan tingkat dasar. sedangkan masalah teknik lanjutan mengemudi aman maupun aturan berlalu-lintas secara rinci belum menjadi fokus pelatihan.
Paling yang menjadi nilai tambah bagi kursuser yakni kursuser dibantu pengurusan SIM. hmmmm..

Quote:
Legal di Jalan Raya
Ternyata sesuai undang2 lalu lintas yang berlaku, ga diharamkan kok membiarkan anak di bawah umur / belum memiliki SIM mengemudi di jalan raya. namun seluruh tanggung jawab ada pada instruktur di sebelahnya.
Artinya saat merasa anak itu cukup secara fisik dalam mengendarai mobil, kita bisa mendampinginya mengemudi di jalan raya tanpa melanggar hukum. namun sebaiknya hal tsb jangan langsung dilakukan
Sebaiknya latih dulu di area tertutup, misalnya di parkiran luas ataupun lapangan bola. dengan begitu sang anak bisa mempelajari intensif cara mengoperasikan kendaraan, tanpa mesti terganggu dengan lalu-lintas. setelah fasih, barulah bisa diajak ke jalan raya dengan selalu didampingi tentunya.
IMHO: bener juga ya gan, kan kita itu harus bisa nyetir dulu baru punya SIM, bukan punya SIM dulu baru bisa nyetir, jadi kalo misalnya kita bener2 ga dibolehin bawa secara legal di jalan raya, gimana kita mau nyesuain diri dulu dengan jalan raya dong ya? makanya kita secara legal bisa nyetir di jalan raya untuk menyesuaikan diri dan mahir dulu, sebelum punya SIM resmi, dengan instruktur disebelah pastinya. tapi tentunya harus hati2 ya gan, coz yang tanggung jawab semuanya di instruktur di sebelahnya. kan kesian klo kita yang nabrak tong sampah orang tapi sebelah kita yang tanggung jawab
Artinya saat merasa anak itu cukup secara fisik dalam mengendarai mobil, kita bisa mendampinginya mengemudi di jalan raya tanpa melanggar hukum. namun sebaiknya hal tsb jangan langsung dilakukan
Sebaiknya latih dulu di area tertutup, misalnya di parkiran luas ataupun lapangan bola. dengan begitu sang anak bisa mempelajari intensif cara mengoperasikan kendaraan, tanpa mesti terganggu dengan lalu-lintas. setelah fasih, barulah bisa diajak ke jalan raya dengan selalu didampingi tentunya.
IMHO: bener juga ya gan, kan kita itu harus bisa nyetir dulu baru punya SIM, bukan punya SIM dulu baru bisa nyetir, jadi kalo misalnya kita bener2 ga dibolehin bawa secara legal di jalan raya, gimana kita mau nyesuain diri dulu dengan jalan raya dong ya? makanya kita secara legal bisa nyetir di jalan raya untuk menyesuaikan diri dan mahir dulu, sebelum punya SIM resmi, dengan instruktur disebelah pastinya. tapi tentunya harus hati2 ya gan, coz yang tanggung jawab semuanya di instruktur di sebelahnya. kan kesian klo kita yang nabrak tong sampah orang tapi sebelah kita yang tanggung jawab

Quote:
Tahap yang Benar
Dari sejumlah wawancara dan investigasi.. (ceilah
) ane pun ada rekomendasi gimana tahapan melatih untuk mengemudi:
1. Sebagai ortu, mesti memiliki dasar teknik nyetir yang baik supaya bisa mengajari di tahap awal
2. Lakukan pelatihan awal di area tertutup tanpa menggangu lalu lintas
3. Setelah mahir mengoperasikan mobil, join aja di sekolah mengemudi spy dapet pengalaman berkendara di jalan raya (asal jangan kayak spongebob ya gan yang ga lulus2
)
4. Lakukan pelatihan di area tertutup kembali kalo mau mengendarai mobil dgn jenis transmisi berbeda
5. Setelah dapet SIM n mengemudi di jalan, dalam waktu maks 3 th sebaiknya belajar mengemudi aman
6. Lakukan refreshment mengemudi aman maks 3 th sekali spy selalu menyegarkan ingatan
Dari sejumlah wawancara dan investigasi.. (ceilah

1. Sebagai ortu, mesti memiliki dasar teknik nyetir yang baik supaya bisa mengajari di tahap awal
2. Lakukan pelatihan awal di area tertutup tanpa menggangu lalu lintas
3. Setelah mahir mengoperasikan mobil, join aja di sekolah mengemudi spy dapet pengalaman berkendara di jalan raya (asal jangan kayak spongebob ya gan yang ga lulus2

4. Lakukan pelatihan di area tertutup kembali kalo mau mengendarai mobil dgn jenis transmisi berbeda
5. Setelah dapet SIM n mengemudi di jalan, dalam waktu maks 3 th sebaiknya belajar mengemudi aman
6. Lakukan refreshment mengemudi aman maks 3 th sekali spy selalu menyegarkan ingatan
Quote:
Safety Driving Course
Di negara maju spt Singapura misalnya, calon pemilik SIm harus lulus teknik mengemudi aman dan defensif. tapi kalo di negara kita hal tsb belum berlaku.
Meski begitu, sangat disarankan untuk mengikuti pelatihan mengemudi aman bila ingin mengurangi resiko di jalan. saat paling baik untuk ikut pelatihan mengemudi aman adalah setelah berpengalaman 1-3 th mengemudi di jalan.
Di sekolah seperti ini, bagaimana mengemudikan mobil secara tepat sehingga menghindarkan dari kondisi bahaya menjadi materi pengajaran. namun apabila kondisi bahaya itu terjadi, ada pembekalan cara menangkalnya. biaya pelatihan mengemudi aman sekitar Rp 1 - 1.5 jt/orang
Di negara maju spt Singapura misalnya, calon pemilik SIm harus lulus teknik mengemudi aman dan defensif. tapi kalo di negara kita hal tsb belum berlaku.
Meski begitu, sangat disarankan untuk mengikuti pelatihan mengemudi aman bila ingin mengurangi resiko di jalan. saat paling baik untuk ikut pelatihan mengemudi aman adalah setelah berpengalaman 1-3 th mengemudi di jalan.
Di sekolah seperti ini, bagaimana mengemudikan mobil secara tepat sehingga menghindarkan dari kondisi bahaya menjadi materi pengajaran. namun apabila kondisi bahaya itu terjadi, ada pembekalan cara menangkalnya. biaya pelatihan mengemudi aman sekitar Rp 1 - 1.5 jt/orang
Spoiler for cerita TS waktu belajar nyetir:
klo ane sendiri, ane belajar mobil cuman 1 hari gan yg dipandunya. berhubung ane otomotif enthusiast, ane sampe ngerti teorinya diluar kepala, semua dari teknik gas, ngerem, berikut teknologi" sekarang ini udah ane kuasain teorinya sebelum praktek. bersyukurnya ane bisa motor kopling, jadi ane udah dapet feeling buat bawa mobil manual. 2 jam pertama ane lancarin kopling dulu sampe halus, baru ane langsung coba bawa, bokap ane udah ga kaget lagi, malah ane dikira pernah bawa mobil sebelumnya
setelah lancar bawa maju, ane langsung belajar teknik parkir n mundur. kira" setengah hari ane lancar bawa, akhirnya pulanglah ane. dan yang langsung bawa pulang itu ane, bokap ane ngasih2 aja, tapi tetap dengan nasihat" ceramah" yang tiada hentiiii 
setelah itu ane ngelancarin terus bawa mobilnya, tapi selama belum punya SIM ane ga keluar komplek dulu.
untuk cerita TS ini, jangan diikutin gitu aja yah cara belajarnya. karena ga semua orang gampang langsung dapet feeling waktu belajar nyetir. ada yang langsung bisa, ada juga yang perlu tahap cukup lama, yang penting tetep safety driving.
bersyukurnya ane belum pernah sekalipun kena accident apapun di jalan, baik mobil maupun motor. dengan ane bisa bawa mobil n motor, ane bisa ngerasain gimana rasanya pengendara motor waktu ane bawa mobil, dan juga gimana rasanya nyetir mobil waktu ane bawa motor. dengan begitu ane bisa toleransi satu sama lain. contohnya, klo ane bawa motor, ane ga selip2 motong mobil sembarangan, karena ane tau rasanya kesel bgt ketika dipotong motor tiba2 waktu nyetir mobil n hampir nyerempet. keep safety driving n riding!


setelah itu ane ngelancarin terus bawa mobilnya, tapi selama belum punya SIM ane ga keluar komplek dulu.
untuk cerita TS ini, jangan diikutin gitu aja yah cara belajarnya. karena ga semua orang gampang langsung dapet feeling waktu belajar nyetir. ada yang langsung bisa, ada juga yang perlu tahap cukup lama, yang penting tetep safety driving.
bersyukurnya ane belum pernah sekalipun kena accident apapun di jalan, baik mobil maupun motor. dengan ane bisa bawa mobil n motor, ane bisa ngerasain gimana rasanya pengendara motor waktu ane bawa mobil, dan juga gimana rasanya nyetir mobil waktu ane bawa motor. dengan begitu ane bisa toleransi satu sama lain. contohnya, klo ane bawa motor, ane ga selip2 motong mobil sembarangan, karena ane tau rasanya kesel bgt ketika dipotong motor tiba2 waktu nyetir mobil n hampir nyerempet. keep safety driving n riding!
Itu dulu aja gan buat thread ane kali ini
KEEP SAFETY DRIVING GAN! PATUHI SEGALA UNDANG-UNDANG n RAMBU LALU LINTAS YANG ADA, JANGAN NAPSU NYEROBOT2 YA! Budayakan Mengemudi yang Baik dan Benar

Klo itu sih biasanya tergantung emosi si supirnya gan, biasanya yg sering terpancing itu anak remaja, karena letak emosi remaja tuh berbeda sama orang dewasa, jujur naluri remaja ane masih kuat gan, tapi ane selalu coba ngendaliin dengan sabar n menganggap ugal"an itu ga berguna
Ane belajar mobil pake SUV gan, karena ane ga ada sedan n keluarga ga terlalu suka sedan coz ga terlalu praktis, sumpah ane gemeteran pertama belajar pake mobil segede gitu
Sumber Terpercaya: AutoBild Indonesia
Thread ane yg lain:
Sejarah PLAS CHAMOIS a.k.a KANEBO
GT4 Drifter LOUNGE
Apa sih manfaatnya bernyanyi di kamar mandi?
Kode Rahasia PES 2013
Rahasia Super agar Anak Cerdas dan Pintar
THANKS FOR VISIT GAN 
KEEP SAFETY DRIVING GAN! PATUHI SEGALA UNDANG-UNDANG n RAMBU LALU LINTAS YANG ADA, JANGAN NAPSU NYEROBOT2 YA! Budayakan Mengemudi yang Baik dan Benar

Spoiler for don't be like this:


Spoiler for Yang terpenting, JANGAN EGOIS:

Spoiler for tambahan agan":
Quote:
Original Posted By kok4bri►Ane udh 9 taon mengemudi gan. Mobil ane manual. Umur sekarang 24. Dominan jalanan perkotaan, luar kota jarang ( 1 bln sekali ) Nurut ane fase 3 taon pertama itu paling rawan. Karena kita blm memiliki insting / feeling yg kuat tentang kondisi dan kemungkinan yang ada di jalanan. Serta belum cukup jam terbang.
nurut ane sih kuncinya ada di kecakapan kita melihat dan membaca situasi, pahami keadaan jalan dan pengguna jalan lain gan, kira2 ni motor ada gelagat mau belok atau ga, org di trotoar gelagat mau nyebrang atau ga, angkot di depan kita yg tiba2 berhenti. Banyak gan pengguna jalan yang sesuka hati mau gas gas, rem rem, belok tanpa lampu sein, Kita harus tetap fokus dan konsentrasi, dengan meningkatnya skill dan pengalaman agan di jalan. Ane rasa agan bakal punya insting / feeling itu gan.
Mengenai matik atau manual. Menurut ane matik lebih mudah di pelajari gan karna konsentrasi pengemudi lebih tertuju pada kondisi jalan. Sedang kalo manual pada pengemudi pemula konsentrasi akan terbagi antara keadaan jalan dengan nginjek pedal kopling dan pindah transmisi.
nurut ane sih kuncinya ada di kecakapan kita melihat dan membaca situasi, pahami keadaan jalan dan pengguna jalan lain gan, kira2 ni motor ada gelagat mau belok atau ga, org di trotoar gelagat mau nyebrang atau ga, angkot di depan kita yg tiba2 berhenti. Banyak gan pengguna jalan yang sesuka hati mau gas gas, rem rem, belok tanpa lampu sein, Kita harus tetap fokus dan konsentrasi, dengan meningkatnya skill dan pengalaman agan di jalan. Ane rasa agan bakal punya insting / feeling itu gan.
Mengenai matik atau manual. Menurut ane matik lebih mudah di pelajari gan karna konsentrasi pengemudi lebih tertuju pada kondisi jalan. Sedang kalo manual pada pengemudi pemula konsentrasi akan terbagi antara keadaan jalan dengan nginjek pedal kopling dan pindah transmisi.
Quote:
Original Posted By PribadIslami►Mau tambahin gan, menurut ane harus ditambahin sama latihan mengendalikan mobil. Maksudnya?
jadi, latihan mengendalikan mobil itu latihan gimana si pengemudi bisa mengendarai mobil dengan obyektif (sesuai aturan), bukan berdasarkan emosi diri. Contohnya : pas di jalan tol, kita ngeliat mobil yang mendahului mobil kita dengan gaya yang kaya pembalap
karena kesel dan terpacu adrenalin, kita jadi mau ngebalap lagi mobil itu.
Nah itu ilustrasinya. Singkat kata, kata ayah ane : Jadilah Pengemudi yang Bisa Mengendalikan Mobil, Bukan Pengemudi/Supirnya yang dikendalikan. Banyak pengemudi yang bisa bawa mobil,, tapi belum tentu bisa mengendalikan mobil tsb.


Nah itu ilustrasinya. Singkat kata, kata ayah ane : Jadilah Pengemudi yang Bisa Mengendalikan Mobil, Bukan Pengemudi/Supirnya yang dikendalikan. Banyak pengemudi yang bisa bawa mobil,, tapi belum tentu bisa mengendalikan mobil tsb.
Klo itu sih biasanya tergantung emosi si supirnya gan, biasanya yg sering terpancing itu anak remaja, karena letak emosi remaja tuh berbeda sama orang dewasa, jujur naluri remaja ane masih kuat gan, tapi ane selalu coba ngendaliin dengan sabar n menganggap ugal"an itu ga berguna
Quote:
Original Posted By dragoid►tangan pelatih harus setia dengan handbrake.. catet! 

Quote:
Original Posted By kardoel►nambahin tips :
Belajar dengan mobil sedan lebih baik, knapa ?
karena bagian depan mobilnya kaga keliatan gan, buat melatih feeling untuk menjaga jarak didepan mobil bisa lebih baik
kalau belajarnya pakai mobil yg depannya keliatan, ketika beralih ke sedan, feeling mengatur jarak didepan jadi repot, minimal nyerempet2 dikit
IMHO buat pengemudi2 muda dibawah 17 tahun sih ga masalah untuk belajar dan mengemudikan mobil, selama mereka selalu didampingi dengan pengemudi dewasa yg sudah berpengalaman, jangan dilepas begitu aja bawa sendiri, karena mengemudi bukan saja masalah skill dan peraturan lalu lintas, tapi mental juga sangat berpengaruh
Belajar dengan mobil sedan lebih baik, knapa ?
karena bagian depan mobilnya kaga keliatan gan, buat melatih feeling untuk menjaga jarak didepan mobil bisa lebih baik
kalau belajarnya pakai mobil yg depannya keliatan, ketika beralih ke sedan, feeling mengatur jarak didepan jadi repot, minimal nyerempet2 dikit

IMHO buat pengemudi2 muda dibawah 17 tahun sih ga masalah untuk belajar dan mengemudikan mobil, selama mereka selalu didampingi dengan pengemudi dewasa yg sudah berpengalaman, jangan dilepas begitu aja bawa sendiri, karena mengemudi bukan saja masalah skill dan peraturan lalu lintas, tapi mental juga sangat berpengaruh

Ane belajar mobil pake SUV gan, karena ane ga ada sedan n keluarga ga terlalu suka sedan coz ga terlalu praktis, sumpah ane gemeteran pertama belajar pake mobil segede gitu

Sumber Terpercaya: AutoBild Indonesia
Spoiler for PS:
diharapkan Komeng2nya semua ya gan, ane lebih suka JUNKER daripada SR yang dianggap "kurang" menghargai usaha TS

Thread ane yg lain:
Sejarah PLAS CHAMOIS a.k.a KANEBO
GT4 Drifter LOUNGE
Apa sih manfaatnya bernyanyi di kamar mandi?
Kode Rahasia PES 2013
Rahasia Super agar Anak Cerdas dan Pintar
Quote:
Ane sih tidak mengharapkan apa2, cukup
+
aja gan 





Diubah oleh whyalwaysme2 04-11-2013 20:45
0
112.4K
Kutip
1.3K
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan