deponiaAvatar border
TS
deponia
Lamborghini Tak Berpelat Nomor di Jalan Raya - Ini alasannya.


Jakarta - Beberapa kendaraan mewah ini berjajar rapih di depan Mal Senayan City, Jakarta, kemarin. Warna-warni supercar yang begitu mencolok dan tampilan menawan dengan mudah mengalihkan perhatian pengunjung mal yang melintas.

Namun, ada yang menarik dari deretan kendaraan pabrikan Italia tersebut, yaitu keberadaan nomor polisi kendaraan yang seharusnya terpasang di kendaraan itu. Apakah hal itu melanggar peraturan yang saat ini ada?

"Seharusnya, mobil baik di depan atau belakang kendaraan ada pelat (nomor). Ini berlaku untuk semua kendaraan, depan belakang harus ada nomor polisi," kata Kasat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Hindarsono, saat berbincang dengan detikcom, Minggu (3/11/2013).

Nomor-nomor tersebut tak lain sebagai identitas sebuah kendaraan dan syarat kendaraan tersebut untuk melaju di jalanan. "Kalau di sirkuit enggak pakai plat nomor memang tidak perlu, kalau di jalan raya itu wajib," tegasnya.

Selain itu, pelat nomor adalah untuk memudahkan polisi mengidentifikasi kendaraan. Entah kendaraan itu dijadikan sebagai alat kejahatan atau mengetahui pemilik kendaraan bila mana terjadi sesuatu terpaut kendaraan tersebut.

"Kalau ternyata kendaraan digunakan untuk hal yang tidak baik, bisa diketahui identitasnya. Kalau tidak ada ya tidak termonitor. Sehingga bisa diantisipasi," ujarnya.

Wakil Ketua Dream Club Indonesia (DCI), Wahyu Dewanto, membantah bila kelompoknya tidak manut terhadap peraturan berlalu lintas, khususnya pencantuman identitas kendaraan berupa nomor polisi di luar kendaraan.

"Kita tetap ada pelat nomornya (bagian depan). Di sini," kata Wakil Ketua Dream Club Indonesia (DCI) Wahyu Dewanto sambil menunjuk bagian dalam mobilnya yang terparkir di depan Mal Senayan City, Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2013).

Wahyu menunjukkan dengan telunjuk, pelat nomor bagian depan tersimpan di dalam mobil, di bawah dashboard mobil Lamborghini Aventador seri LP700-4 kepunyaannya. Ketika pintu mobil dibuka ke atas, terlihat jelas nomor polisi B 1 PGC miliknya.

Ketua Pembina DCI Basuki Lidin menyatakan memang mobil sport Lamborghini mempunyai bentuk moncong yang sulit dipasangi pelat nomor depan. Ini merupakan hal yang biasa lantaran memang sudah 'dari sononya' anatomi mobil sport dibuat seperti itu.

"Memang dari pabrikan sudah seperti itu," kata Basuki yang berprofesi sebagai pengusaha.

[URL="http://news.detik..com/read/2013/11/04/052949/2402750/10/1/lamborghini-tak-berpelat-nomor-polisi-apapun-jenis-mobilnya-itu-wajib"]http://news.detik..com/read/2013/11/04/052949/2402750/10/1/lamborghini-tak-berpelat-nomor-polisi-apapun-jenis-mobilnya-itu-wajib[/URL]

-------------------------
"Ada tapi tiada"
Tajir kalo ngeles muter muter alesannya biar dipahami sebagai hal yg logis dan masuk akal, .. sayang ga disebutkan di berita, ditilang gak tu ama polkisnya ? emoticon-Ngakak

Tampak pantat lambo tanpa pelat
Diubah oleh deponia 04-11-2013 00:48
0
19.3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan