- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Alasan kenapa sandaran kursi pesawat harus ditegakan


TS
justformilis
Alasan kenapa sandaran kursi pesawat harus ditegakan




Mungkin dari agan-agan ada yang suka bertanya.,. kenapa sih terlalu banyak aturan jika naik pesawat, terutama saat sebelum take off dan landing, hal yang harus dilakukan sebelum take off dan landing adalah harus menegakan sandaran kursi dan membuka jendela.
Spoiler for Kenapa ?:
kompasiana.com - berikut ini merupakan bentuk social responsibility dari seorang Travel Junkie Indonesia untuk mensosialisasikan tips aman naik pesawat terbang. semoga hal ini menjadi kesadaran dan keselamatan bagi kita bersama.
Mengapa ketika take off dan landing sandaran kursi harus ditegakkan?Karena, Take Off dan Landing merupakan proses paling krusial dalam sebuah penerbangan, pada saat itu lah pesawat dalam kecepatan tinggi. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, pilot perlu melakukan immediate action (tindakan segera), misalnya, membatalkan take off. nah, pada saat itu akan ada instruksi bagi penumpang untuk mengambil bent down (duduk dengan badan ditundukkan sambil memegang kaki), yang merupakan posisi paling aman untuk melindungi diri dari benturan. Bila kursi tidak dalam keadaan tegak, tentu akan sulit untuk melakukan tindakan bent down secepatnya. Selain itu, penumpang yang duduk di belakang anda, akan terkena sandaran kursi anda pada saat dia akan melakukan bent down
Tambahan pula, kenapa sandaran kursi harus ditegakkan, adalah agar jika terjadi emergency sandaran kursi tidak miring ke belakang sehingga menghalangi penumpang yang harus keluar dari tempat duduknya.
Mengapa ponsel harus dimatikan?
Ponsel harus dimatikan sepanjang perjalanan, bukan hanya pada saat take off dan landing. ketika berada di ketinggian, tidak ada ponsel yang bisa berfungsi karena tidak ada sinyal yang sampai. Bila ponsel dinyalakan, sekalipun dibuat silent, meski tidak ada sinyal, ponsel akan terus mencari2 sinyal. Hal itu akan mengganggu system komunikasi yg ada di cockpit, karena alat komunikasi pesawat sangatlah sensitif.misalny saat mesin komunikasi menyebut bahwa ketinggian pesawat adalah 2.000 kaki, tapi karena diganggu bunyi kresek2 akibat ponsel yang sedang mencari sinyal, maka bisa saja kedengaranny jadi 20.000 kaki, karena yang terdengar hanya angka 2 saja. Akibatny, karena dianggap terlalu tinggi, maka pilot akan menurunkan ketinggian dan bisa2 pesawat menabrak gunung. Alat navigasi juga ikut terganggu sehingga petunjuk arah menjadi tidak akurat bahkan melenceng sama sekali. Meski hanya satu ponsel yang menyala, pencarian sinyal itu akan tetap mengganggu. Apalagi klo semua ponsel milik penumpang menyala. Bukan mustahil petunjuk navigasi akan hilang beberapa detik dan itu sangat berbahaya dan bisa juga mengakibatkan alat navigasi mati total.
Mengapa penutup jendela juga harus dibuka?
Agar penumpang juga ikut waspada, misalnya bila ada percikan api di sayap pesawat. Selain itu, penumpang juga bisa ikut melihat posisi pesawat apakah mendekati laut atau daratan saat akan melakukan pendaratan darurat sehingga bisa secepatny memutuskan apakah perlu mengenakan jaket pelampung atau tidak.
Ada beberapa alasan, jika terjadi keadaan darurat/emergency:
1. dari dalam pesawat bisa melihat jika ada api di bagian luar pesawat, sehingga awak kabin bisa menutup pintu/emergency exit yang tidak bisa dilewati karena ada api atau halangan lain.
2. team penolong bisa melihat dari luar bagaimana keadaan di dalam pesawat.
3. mata kita perlu waktu untuk adaptasi dari terang ke gelap dan sebaliknya. Jendela dibuka sehingga mata tidak perlu adaptasi dengan keadaan sekitar. Ini juga menerangkan kenapa lampu kabin dimatikan pada saat take off/landing pada malam hari.
Pentingkah memerhatikan demo keselamatan yang diperagakan pramugari?
sangat penting, karena tiap pesawat memiliki kondisi interior yang berbeda-beda, misalny dalam hal letak pintu darurat. Kalaupun sudah sering mendengar, tidak ada salahny tetap memerhatikan, sekedar untuk mengingat kembali dan bisa mengantisipasi bila terjadi sesuatu. Baca pula kartu prosedur keselamatan yg biasanya diselipkan di kantong tempat duduk depan anda. Yang tak kalah penting, periksa selalu keberadaan life vest yg ada di bawah tempat duduk anda. Jika tidak ada, segera minta ke pramugari.
Tips memilih tempat duduk yang aman di pesawat
Spoiler for Tips Memilih kursi pesawat:
Terdapat beberapa versi tempat duduk yang paling aman di peswat, berikut beberapa sumber sebagai bahan pertimbangan kita yakni:
a. Diintip dari Discovery Channel, inilah 3 kursi paling aman di pesawat:
1) Selain baris 1-7 di pesawat
Menurut Discover Channel, baris 1-7 adalah kursi fatal. Penumpang di bangku ini bisa menerima dampak paling parah dari kecelakaan.
2) Kursi di samping pintu darurat
Inilah salah satu tempat duduk paling aman di pesawat. Jika terjadi kecelakaan, Anda bisa keluar pertama dengan membuka jendela darurat.
3) Kursi di lorong pesawat
Kemudahan saat meninggalkan pesawat jika ada kondisi darurat
b. Profesor Ed Galea dari University of Greenwich mempelajari grafik tempat duduk lebih dari 100 kecelakaan pesawat dan mewawancarai puluhan korban. Ia menemukan bahwa orang yang selamat rata-rata duduk lima baris sebelum pintu darurat. Dia juga menemukan kursi di bagian belakang pesawat umumnya lebih aman, seperti juga kursi di bagian lorong.
c. Sebuah studi dari situs Telegraph membuat kesimpulan bahwa kursi yang teraman sesungguhnya adalah kursi kelas ekonomi, yang berada di bagian belakang pesawat. Terutama bila Anda mengenakan sabuk pengaman, dan berada beberapa baris dari pintu darurat
d. Aviation Safety Network memuat daftar posisi tempat duduk penumpang yang selamat saat terjadi kecelakaan fatal. Data yang ditampilkan diperoleh dari laporan resmi hasil investigasi kecelakaan pesawat dari tahun 1959 sampai akhir 2011. Dalam kurun waktu 52 tahun tersebut, tercatat 262 kecelakaan pesawat komersial sayangnya, tidak semua laporan investigasi dari kecelakaan tersebut bisa diperoleh. Data-data ini hanya melihat secara kasar apakah posisi menentukan penumpang bisa bertahan dari kecelakaan dan hanya dapat digunakan 51 laporan dan peringkat tertinggi lokasi penumpang selamat ada di bagian belakang pesawat (19/51).
a. Diintip dari Discovery Channel, inilah 3 kursi paling aman di pesawat:
1) Selain baris 1-7 di pesawat
Menurut Discover Channel, baris 1-7 adalah kursi fatal. Penumpang di bangku ini bisa menerima dampak paling parah dari kecelakaan.
2) Kursi di samping pintu darurat
Inilah salah satu tempat duduk paling aman di pesawat. Jika terjadi kecelakaan, Anda bisa keluar pertama dengan membuka jendela darurat.
3) Kursi di lorong pesawat
Kemudahan saat meninggalkan pesawat jika ada kondisi darurat
b. Profesor Ed Galea dari University of Greenwich mempelajari grafik tempat duduk lebih dari 100 kecelakaan pesawat dan mewawancarai puluhan korban. Ia menemukan bahwa orang yang selamat rata-rata duduk lima baris sebelum pintu darurat. Dia juga menemukan kursi di bagian belakang pesawat umumnya lebih aman, seperti juga kursi di bagian lorong.
c. Sebuah studi dari situs Telegraph membuat kesimpulan bahwa kursi yang teraman sesungguhnya adalah kursi kelas ekonomi, yang berada di bagian belakang pesawat. Terutama bila Anda mengenakan sabuk pengaman, dan berada beberapa baris dari pintu darurat
d. Aviation Safety Network memuat daftar posisi tempat duduk penumpang yang selamat saat terjadi kecelakaan fatal. Data yang ditampilkan diperoleh dari laporan resmi hasil investigasi kecelakaan pesawat dari tahun 1959 sampai akhir 2011. Dalam kurun waktu 52 tahun tersebut, tercatat 262 kecelakaan pesawat komersial sayangnya, tidak semua laporan investigasi dari kecelakaan tersebut bisa diperoleh. Data-data ini hanya melihat secara kasar apakah posisi menentukan penumpang bisa bertahan dari kecelakaan dan hanya dapat digunakan 51 laporan dan peringkat tertinggi lokasi penumpang selamat ada di bagian belakang pesawat (19/51).
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Terima kasih banyak sudah mengunjungi thread ini..

Jangan Lupa



Spoiler for Tambahan dari agan-agan:
Quote:
Original Posted By gtrferi►ane pernah ngalamin pas mau take off keluar percikan api di mesin pesawat, jendela ane buka jadi ane ngeliat itu percikan api, pilot akhirnya membatalkan take off
Diubah oleh justformilis 03-11-2013 00:17
0
11.6K
Kutip
93
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan