Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ferdyan.barcaAvatar border
TS
ferdyan.barca
Jeritan seorang buruh
Baca dulu sampai seleasi gan maaf kalau kurang rapih emoticon-No Sara Please


Surat Terbuka Seorang Buruh Tentang Kelas Menengah Yang Budiman
Kepada yang Budiman Mr dan Mrs Pelari Maraton

Selamat malam Mr dan Mrs Pelari Maraton. Sebelumnya maafken saya karena udah berani-beraninya nulis daripada surat yang begini. Tapi ini penting Mr dan Mrs Pelari Maraton yang terhormat sekalian. Saya harus bicara. Saya harus ngomong soalnya hati saya sudah kepalang mangkel. Bukan sama Mr dan Mrs Pelari Maraton sekalian. Sumpah ndak. Saya berani suer. Tapi saya mangkel sama itu loh yang katanya mas mas korlap (saya ndak tau artinya) kelas menengah (nuwun sewu) ngehek. Orang yang selalu marah dan ngejek saya kaum buruh karena demo.

Jadi ceritanya saya penasaran. Kemarin saat mau berangkat dangdutan saya lewat jalan-jalan gede. Eh dilalah ditutup. Saya pikir ada demo. Lha kok demo hari minggu? Opo yo tumon? Terus saya nanya Mang Ujang, bakul bubur langganan saya, katanya jalan ditutup mau ada marathon. Saya tanya marathon itu apa? Itu lho orang rame-rame lari. Wah saya bingung njuk lari aja pake nutup jalan. Biasanya lari ya lari aja, di monas apa di senayan itu ya banyak. Ini kok haibat betul nganti nutup jalan. Saya penasaran kok bisa nutup jalan tapi ndak ada yang protes. Saya jadi pengen belajar.

Nama saya Sanikem. Saya buruh tekstil di satu perusahaan, aduh maaf Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian, saya ndak bisa kasih unjuk dimana saya kerja. Ngapunten, ini bukan kerana saya pengecut, demi gusti pangeran bukan. Tapi saya khawatir nanti kawan-kawan saya yang tidak tahu saya nulis ini akan dicari lantas dibunuh. Nyawa manusia, apalagi buruh, tidak lebih baik daripada anjing peliharaan mahal yang hilang. Nyawa kami boleh hilang tanpa ada yang peduli dan menyebarkan perihal penindasan, sementara anjing hilang harus dikabarkan karena Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian pikir itu tindakan beradab dari manusia berpendidikan.

Ngapunten lagi Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian. Selama ini saya ndak tahu ada yang namanya kelas menengah. Sedari kecil pas masih sekolah saya tahunya kelas satu sampe enam. Nanti SMP satu sampe tiga lalu terus begitu sampe SMA. Saya sendiri cuma sampe kelas empat SD Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman. Soalnya simbok saya ndak mampu mbayari saya sekolah. Makanya saya suka bingung kelas menengah itu sekolahnya dimana? Kok bisa orang sekolahan marah-marah dan ngejek sesuatu yang ndak dia pahami benar. Ngapunten, nuwun sewu saya beneran ini ndak tahu Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian.

Saya merantau ke kota sejak umur 16 tahun. Yang ngajak waktu itu mas Aripin suaminya mbak Ngatimah. Dia bilang di kota banyak kerjaan ndak kaya di rumah. Saya mau-mau aja wong masih ada adik dan ibu yang harus dihidupi. Sementara bapak sakit stroke sejak sawahnya diambil pak carik untuk pembangunan bendungan jadinya ndak bisa kerja. Wo ndak, maaf, saya ndak mau mengkasihani diri sendiri. Sungguh mati ndak Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman. Saya hanya bercerita siapa saya saja sampe muter-muter ndak jelas. Sumpah beneran.

Kemarin saya dan rekan rekan buruh turun ke jalan untuk menuntut penghidupan yang lebih baik. Tapi Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian, saya heran, kok kami dimusuhi? Saya tahunya juga dikasih tau mbak Siska, orang yang mondok depan rumah, dia itu punya apa itu twitter? Nganu saya ndak tahu apa pokoknya yang bisa bikin orang ngomong sak penaknya dewe terus dibener benerke dewe itu loh. Saya dan kawan-kawan saya dituduh ganggu penggaweannya orang, ganggu orang cari nafkah, melanggar hak untuk cari penghidupan. Saya melongo ndak paham.

Katanya mbak Siska "Kem. Kamu demonya mbok yang aturan mosok ngalangin jalan. Orang kan mau kerja juga mau cari hidup," saya manut diem manut. Wong mbak Siska itu wong pinter lho. Kuliah negeri ndak sampe empat taun lulus. Kalo ngomong Londo puinter banget lho. "Mbok kamu itu tahu diri. Saya dulu kerja awal ya susah. Diterima aja gajinya itu rejeki dari gusti, mbok kamu bersukur ga usah macem," saya manut diem. Yang ngomong sarjana jeh cumlot lagi nilainya biru semua ndak ada yang merah. Saya ini SD aja ndak lulus kok mau mbantah.

Tentu saya sadar. Ndak adil bandingke kerjoan karyawan kantoran karo buruh picisan. Yang satu dalam AC, duduk ongkang-ongkang kaki, haha-hihi, sesekali plesir liburan sambil outbond. Yang satunya dalam pabrik, panas, berdesakan, diawasi mandor, harus presisi, rentan dipecat terus ditekan soal ini itu. Tapi saya ndak maksa mbak Siska untuk mengerti. Pilihan menjadi buruh kan saya yang bikin, tapi opo yo dosa, opo yo hina, opo yo kurang ajar kalo misalnya sedikit saja kami ini dihargai sebagai manusia, sebagai mahluk hidup, bukan aset dan alat kerja.

Kadang saya suka bingung sama mbak Siska. Dikiranya saya itu suka apa demo. Wong panas, lapar, ndak dapet nasi bungkus, ndak dapet uang jalan, hampir pasti dimarahin pak mandor kalo ketahuan mbolos sendirian. Kalo bisa ndak demo ya ndak bakal demo. Buat apa to gontok-gontokan sama orang. Nutup jalan, teriak teriak dan menuntut kesetaraan kesejahteraan. Buruh biar bodo ndak sekolah punya gelar sarjana ya bisa mikir. Apakah hidup layak dan berpenghasilan baik cuma hak sarjana? Siapa yang menentukan itu? Mbok saya dikasih tau biar tak jiwit nganti sumeleh.

Untuk itu Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian, mbok kami ini para buruh yang bodo dan ngototan diajari gimana cara nutup jalan, bikin macet tapi ndak bikin kelas menengah (ngapunten) ngehe ini ndak marah. Ndak bodoh-bodohin kami. Ndak bilang kalo kami ini ndak tahu diri. Sumpah demi gusti pangeran kami cuma ingin hidup layak. Bisa memberi makan keluarga kami di desa. Karena sebagian dari kami ndak kerja buat diri sendiri. Saya sendiri rela jadi buruh bertahun-tahun agar adik saya bisa sekolah tinggi. Bisa pinter kaya mbak Siska kerja kantoran terus bisa makan ayam kentaki tiap hari.

Saya tahu ndak adil tur ndak pantes membandingkan Marathon sama Aksi Buruh. Nek Mbak Siska bilang ndak apple to apple. Yang satu acara kesehatan penting dimana seluruh pesertanya paham dan tujuan marathon. Ndak seperti kami demo buruh yang asal ikut-ikutan dan ga paham esensi demonstarsi. Saya yakin semua peserta marathon ndak ada yang ikut-ikutan. Apalagi cuma sekedar pamer ikutan tren pake sepatu mahal jutaan. Apalagi maraton kan hari minggu bukan pas jam kerja yang orang butuh akses buat kerja. Tapi kalau kami, para buruh demo hari minggu, sing nganggapi sopo?

Ini ndak adil emang, tapi kalau adil, wahai Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian, saya dan Yu Pariyem atau Mas Kartodikromo ndak akan protes. Buat apa protes dan menuntut hidup layak jika sudah diaturi keadilan? Itu kan pikirannya orang ndak waras. Biar bodo buruh juga paham, bahwa hidup itu makin lama makin berkembang, kebutuhan juga. Jika punya ponsel (mbak Siska bilang gajet) itu dosa bagi buruh, kenapa mas mas karyawan punya? Saya beli motor sebab ndak ada angkutan umum ke pabrik. Kalau ada, apalagi murah dan aman, buat apa saya beli motor?

Soal kebutuhan ini tentu ada batasnya. Mosok wong mau dituruti semuanya? Ya karepe dewe namanya. Tapi kan ada standar kelayakan hidup. Ini pemerintah sendiri lho yang bikin, bukan egonya buruh, saya yo ndak nyampe mikir kaya gitu. Wong lulus aja ndak jeh, Nah dari sekian banyak itu kan bisa diomongke baik-baik, sambil lotisan (ngerujak) atau sambil makan sate keong di angkringan. Kita bicarakan lantas sama-sama sepakati mana yang penting banget dijamin dan dipenuhi, mana yang kurang dan mana yang tak perlu. Buruh juga manusia, sama-sama mengerti bahasa, menganggap kami bebal hanya karena turun ke jalan tentu jahat.

Saat surat ini ditulis Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian, saya belum dapat kepastian kabar soal rekan buruh yang katanya ditikam. Pernahkah Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian bayangkan? Kalian menuntut hak kalian yang dijanjikan dan meminta hidup yang layak harganya harus dibayar nyawa. Tentu Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian susah membayangkan. Bagi kami yang setiap hari berkutat dengan jam kerja tinggi, upah rendah dan resiko kecelakaan tinggi. Kematian itu seperti petugas PLN yang bisa datang kapan saja mencabut sekering nyawa kami.

Mas Kartodikromo udah ngajarin saya untuk ndak mengandalkan diri kepada orang lain, ndak ngemis belas kasihan dan ndak memohon apa yang sudah menjadi hak. Memperjuangkan hak wis jadi laku prihatin buruh sejak jaman kalabendu. Menunggu pemerintah atau wong kuliahan bela buruh itu kaya nunggu ratu adil. Lama dan mungkin ra bakal terjadi. Sedari dulu mogok ya kekuatan buruh satu-satunya. Berharap orang lain peduli sama buruh ya sama artinya menyerahkan leher untuk dipancung. Lagipula mogok itu halal jeh, lho piye? Wong urip kui kan ada timbal balik. Saya lho marai sugih idealnya saya juga diberikan kesejahteraan.

Dulu ada mbak Marsinah yang mesti mati mengenaskan demi hak cuti melahirkan. Nek misalnya mbak Marsinah dan mas Munir dulu tidak mengorganisir buruh mogok demo menuntut cuti hamil opo yo bakal dituruti? Opo yo bakal denmas karyawan atawa denmas mahasiswa, denok karyawati denok mahasiswi yang mau memperjuangkan hak kami? Yo ra mungkin. Perjuangan buruh soko jaman mbah putri isih enom yo perjuangan menahan sabar. Lha piye? Nek ra di nyinyiri yo dibedil. Mati itu sudah jadi itung-itungan perjuangan kami.

Tentu ini ndak penting bagi kaum kelas menengah (ngapunten) ngehe. Apa pentingnya nyawa kami ketimbang hidup mereka. Ya tentu aja ndak ada. Dari mbak Siska toh saya juga tahu ada yang misuh-misuhi buruh "Sapa suruh jadi buruh," lho kalo bisa milih jadi direktur ya pengen jadi direktur Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian. Ada pula orang yang misuhi buruh "Kita capek-capek kuliah 5 tahun dapet gaji 3 juta, kok elu buruh ga sekolah minta dibayar sama," lho emangnya harga hidup manusia diukur dari titel sekolah? Kalo sampean kuliah lima tahun saya udah kerja 10 tahun jadi buruh dan hidupnya ndak berubah. Opo yo tumon?

Dari mbak Siska juga saya tahu katanya "Itu kancamu demo naik Ninja yang mahal, gitu nuntut gaji gede. Iso tuku kok isih nuntut demo toh Kem," lha piye mbak. Nek kelas menengah (ngapunten) ngehe boleh dan sah-sah saja ngredit gajet jutaan dengan ngutang padahal gajinya kecil, boleh ngredit mobil padahal ndak mampu, lho buruh kenapa ndak boleh punya barang bagus? Kok ra adil? Nek katanya mbak Siska dobel standar. Sama-sama ga cukup gajinya, sama-sama ngotot gaya-gayaan, cuma bedanya buruh berani menuntut haknya. Nek kelas menengah (ngapunten) ngehe kan isone mung ngomyang wae koyo mbok dewor.

Mungkin ini saja uneg-uneg saya Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian. Monggo kersanipun kalau ada masukan buat saya gimana caranya demo nutup jalan dan macet yang ndak bikin marah. Karena saya dan temen-temen buruh mau turun ke jalan lagi. Supaya saya yo ndak ngerepotin kelas menengah (ngapunten) ngehe tadi. Supaya kita yang sama sama kuli cuma beda seragam ini bisa hidup tepo seliro. Sing karyawan dengan gajetnya kami dengan segala cicilan dan kiriman uang buat orang di rumah.

Ngapunten lho Mr dan Mrs Pelari Maraton yang budiman sekalian. Sudah buang waktu panjenengan sekalian.

sumber : http://www.kandhani.net
0
2.8K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan