asrulsaniAvatar border
TS
asrulsani
SUdah layak gak Gaji ente sebagai Orang IT (Staff IT masuk!!)
Berapa sih standar Gaji Orang IT sebenarnya, pertanyaan ini muncul sewaktu saya lagi googling ketemu hasil survei Kelly Services Indoensia gaji 2011-2012. bisa di lihat di http://www.scribd.com/doc/72869652/I...uide-2011-2012
Dari jenis industri yang disurvei, Accounting-Finance, dan departemen TI ternyata termasuk cukup bergaji cukup tinggi dibanding departemen lainnya.

Tapi Saya pikir ini hasil dari survei segelintir perusahaan besar di Indonesia dan tidak mencerminkan kondisi para “kuli TI” kita di lapangan yang sebenarnya—yaitu orang-orang yang berada di bawah level manajer dan langsung menghandle komputer atau software, seperti para programer, desainer Web, admin, dsb di berbagai perusahaan TI besar dan kecil.

Kenyataan di lapangan sebenarnya banyak dari Orang IT yang memeras otak hingga larut malam, menangani segala macam urusan perkomputeran, dan termasuk amat turut andil dalam menjaga kelancaran perusahaan, namun kenyataannya masih banyak sekali yang digaji di bawah level 2–3 juta. IT di indonesia kebanyakan benar-benar serasa jadi kuli, berkeringat di bawah gelimang gaji para staf lain. Saya bahkan pernah baca di salah satu posting di slashdot.org yang kebetulan saya lupa bookmark, yang barangkali mengungkapkan hal ini—meskipun secara sarkastis, “Kita coder/programer dan geek diperlakukan seperti sampah [oleh babi pengacara korporat, akunting, dan sales]. Padahal para parasit itu bergantung pada kerja keras kita.”

Saya juga orang IT dan Memang mungkin salah kita sendiri. Banyak dari Orang IT seperti itu tak pernah melewati fasa anak-anak. Kita hanya paham menggauli komputer atau kode, tapi tidak pernah mengasah kemampuan berkomunikasi persuasif. Atau kemampuan menjual diri. Atau kemampuan mengerti akan uang. Kita membiarkan orang lain menginjak-injak atau memanfaatkan kemampuan kita, hanya karena kita tak peduli gaji karena yang penting adalah mendapat koneksi Internet. Atau, kita tak peduli bekerja di mana selama bisa menyendiri di depan layar katoda dan mengetik kode sepuasnya.

Nah, sebagai langkah pertama, bagaimana kalau kita saling berbagi informasi mengenai gaji satu sama lain? Bukankah sharing sudah jadi keahlian dan pekerjaan kita sehari-hari? Baru dari situ masing-masing kita bisa melihat seberapa harga kita di mata perusahaan, secara relatif terhadap perusahaan dan orang lain. Dan semoga setelah itu mata kita bisa sedikit terbuka. jadi coba sharing gaji IT di perusahan masing masing dari situ keliatan bagaimana seh real Standar Gaji IT di Indonesia, jadi formatnya kayak gini (mungkin ada usulan format lain)

Nama Perusahaan :
Alamat Perusahan :
Bidang Perusahaan :
Gaji IT Support :
Gaji IT Administrator :
Gaji IT Network :
Gaji IT Manager :

Dengan begitu dari forum ini akan keliatan Gaji kita sebagai orang IT layak gak seh... gt gan..

norkaobelisk
norkaobelisk memberi reputasi
1
88.5K
430
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan