sisigelapmuAvatar border
TS
sisigelapmu
5 Penyebab Beberapa Agan Golput di Pemilu
VOTEdulu ya gan diatas...

emoticon-Maaf Agan emoticon-Maaf Aganwati


Sebelumnya bantu di-rate dulu gan, semoga trit ane bisa mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangkitkan kembali Raksasa Indonesia!

emoticon-Rate 5 Star


Data & Fakta

Data dari Pusat Studi dan Kawasan Universitas Gadjah Mada (PSK-UGM), persentase Golput pada setiap pemilu di Indonesia sejak tahun 1974-2009

1971: 6.64 %
1977: 8.40 %
1982: 8.53 %
1987: 8.39%
1992: 9.09 %
1997: 9.42 %
1999: 10.21 %
2004: 23.34 %
2009: 39.1% (rekor terburuk)

Jangan bangga dulu gan punya rekor buruk Golput, kalau melihat data lelang KPU, biaya cetak 1 lembar surat berkisar Rp500, belum termasuk kotak, pengiriman, pemutakhiran data, dan lain-lain. Maka tahun 2009 yang angka Golputnya mencapai 50 juta orang, sama artinya sekurang-kurangnyasudah Rp25.000.000.000 uang negara tidak dimanfaatkan oleh agan-agan yang golput.

Quote:


Nah, berikut ini penyebab yang bikin sebagian agan-agan golput, sebagian merupakan pemandangan ane yang disarikan dari berbagai sumber:

1. Belum Paham Politik

Soal paham tidak paham, bukan urusan tua atau muda, tapi soal informasi. Darimana informasi bisa didapat? Ya dari sekolah, buku, dan internet. Biar pun sekarang sudah jaman modern, masih banyak yang belum sekolah, belum tahu internet, dan belom bisa baca buku. Nah lhoh, pembahasannya panjang kalo ini, bisa berantai-rantai. Tapi kesimpulannya, ya belum paham.

Seharusnya, pendidikan politik dilakukan oleh partai politik, tapi sayang, parpol sibuknya 5 tahun sekali atau menjelang pemilu doang, harusnya sepanjang 1.825 hari sejak pemilu berakhir, parpol tetap harus sosialisasi politik, cari aspirasi masyarakat, aktif bikin kegiatan politik, sosialisasi parlemen, jelasin ke masyarakat apa itu partai oposisi, apa itu partai koalisi, mencari kader-kader muda, baru, berbakat, berprestasi, dan berakhlaq baik, dan seterusnya.

Jelaskan kepada masyarakat bahwa politik itu bukan media untuk mencari uang, tapi dia adalah media untuk meraih kekuasan yang peruntukannya untuk mengatur orang banyak. Orang-orang yang jadi wakil rakyat sejatinya bukan untuk mencari uang tapi untuk melayani masyarakat dalam semua hal, meliputi hukum, ideologi, sosial, ekonomi, budaya, kewarganegaraan dan perundang-undangan.

Quote:


Spoiler for Daftar Buronan Korupsi:


2. Korban Praktik Politik Kotor

Banyak orang yang golput akibat metode buruk politisi untuk meraih kekuasaan yaitu menghalalkan segara cara untuk mendapatkan kemenangan dalam persaingan politik. Termasuk ya politik uang. Politik uang sejatinya adalah suap-menyuap, seharusnya politisi yang menggunakan politik uang ditangkap KPK karena melakukan suap untuk meraih kekuasaan tertentu dalam penyelenggaraan negara.

Politisi-politisi kotor inilah yang bikin banyak masyarakat jadi muak terhadap partai politik, dan yang paling parah adalah alergi mendengar kata "politik". Padahal, ayo kita sama-sama cari dan buktikan, saya yakin tidak ada AD/ART partai politik yang menghalalkan korupsi. Kalau ternyata ada, koq bisa lolos KPU? Belum lagi janji-janji muluk yang bikin tambah muak. Sampai-sampai ada jokes: Beda PIL KB dengan PILKADA, PIL KB kalau lupa pasti jadi, tapi PILKADA kalau jadi pasti lupa.

Quote:


Spoiler for Janji Politisi:


3. Terlalu Banyak Pilihan Bikin Bingung

Kalau tidak ada pilihan, itu artinya kita hidup dalam negara monarki atau kerajaan, atau kediktatoran. Padahal saudara-saudara kita dari kampus di Grogol sana sudah mengorbankan nyawanya supaya negara kita terbebas dari kediktatoran. Harusnya kalau agan-agan senang dengan kediktatoran, dulu jangan protes-protes dong waktu jaman orde baru.

Kalau pilihan cuma 2 partai, ya dilema juga, kalo 3 baru alternatiflah. Tapi kalau kelewat sampe 40 partai, memang bingung, tapi tetep harus tentukan sikap. Seleksi ajah berdasarkan kriteria yang agan cocok, baik secara subjektif maupun objektif. Tentu kalau bisa objektif lebih baik. Kalau sudah besar belum bisa menentukan pilihan, mendingan bobok pakai popok, kalau makan disuapin.

Quote:


Spoiler for Pemimpin yang tidak memberikan pilihan:


4. Faktor Teknis KPU

Ternyata, gak semua agan jadi golput karena kehendak mereka, tapi sebagian juga karena mereka kehilangan kesempatan untuk memilih, misalnya karena terlambat datang ke TPS, gak punya ongkos pulang buat nyoblos di kampung halaman, data gak bener karena nama gak pas dengan KTP, dan masih banyak lagi. Tapi sebenarnya, yang lebih utama adalah soal niat, pastinya KPU banyak kekurangan karena ngurusin sekian ratus juta data dan manusia. Karena itu kita yang mesti pro-aktif. Kalau emang belum ke daftar, ya cepet ke RT, RW, atau kelurahan. Cepet-cepet juga lapor kalau misalnya mau nyoblos di tempat lain.

Quote:


Spoiler for Ayo Segera Periksa:


5. Kesadaran Diri untuk Berbangsa & Bernegara

Ini hal yang terpenting gan, niat dan kehendak untuk berpartisipasi. Kalo gak ada ini, semua gugur. Dengan memilih, agan sudah memiliki kepedulian terhadap hak-hak agan dan negara Indonesia. Orang yang menghargai dirinya sendiri, tentu juga menghargai orang lain. Terlepas dari politisi yang agan pilih kemudian melakukan pelanggaran atau korupsi, tentu yang akan di-azab Tuhan nantinya adalah si politisi tersebut atas kesalahannya korupsi, bukan agan.

Spoiler for Resiko Demokrasi:


Spoiler for Nyoblos dong gan:


Referensi:
Referensi 1
Referensi 2
Referensi 3
Referensi 4

Agan-agan yang baik hati dan peduli sesama, tentunya meninggalkan komeng yang bermanfaat dan sajian istimewa untuk TS yang seharian di depan monitor sambil mikir buat bangsa dan negara...

emoticon-Blue Guy Cendol (L)

emoticon-I Love Indonesia


Biaya Pemilu2014sebesar +/-Rp17.000.000.000.000

Spoiler for Biaya Pemilu:


Beberapa komeng dari agan-agan
Quote:


Cuma sekedar mengingatkan gan... Golputatau Golhit...
Ya dibantu lah dengan:

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Ane siap menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan menolak emoticon-Blue Guy Bata (L)
emoticon-Maaf Aganwati
Polling
0 suara
Agan memutuskan untuk nyoblos karena apa?
Diubah oleh sisigelapmu 06-11-2013 16:03
0
8.4K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan