Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ganyong1Avatar border
TS
ganyong1
loket pelayanan publik oleh pemerintah yg terbaik yg pernah agan temui/ketahui
no repost
Spoiler for no repost:

Salah satu fungsi pemerintah adalah sebagai regulator, mengatur agar dalam masyarakat tercipta ketertiban. Hal ini dilaksanakan dengan aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah, agar seluruh masyarakat begini dan jangan begitu. Do & don't.
Contohnya, pemerintah mengahruskan rakyatnya terdaftar dalam administrasi kependudukan, mangkanya ada KTP, akte kelahiran, KK, kalo nikah harusa ada buku nikah, dsb
Kemudian kalo punya kendaraan harus ada BPKB, STNK, kalo bikin pabrik harus ada ijin ini dan itu, kalo mau begini lapor ke kantor ini, dst.
Keharusan2 itu sebenarnya bersifat administratif saja, artinya kalopun agan tak punya KTP agan masih bisa hidup, tanpa akte kelahiran anak ente juga kemungkinan g bakalan diklaim oleh tetangga. Namun kemudian hal2 yg sifatnya administratif tersebut disertai sanksi bagi yg tidak mentaati, misalnya tilang bagi agan yg g bawa SIM saat naik motor sehingga mau-tidak-mau kita dipaksa taat administrasi tsb.
Celakanya, kita g punya pilihan. Kalo tinggal di desa A, tentu agan g boleh ngurus KTP di kantor kelurahan B, kalo tinggal di kabupaten X agan g boleh ngurus SIM di Polres kabupaten tetangga. Pokonya harus disitu. Beda dengan beli nasi, menabung, atau sekolah, agan bebas milih mau yg negeri atau swasta, yg dekat atau yg jauh, yg mahal atau yg gratis banyak pilihannya.
Monopoli layanan administratip inilah yg menyebabkan banyak kantor pemerintah seenaknya bikin layanan, sehingga banyak komplain dari masyarakat. Ruang tunggu yg sumpek, petugasnya datang telat terus baca koran, syaratnya pengurusan harus tanya, kapan selesainya g jelas, dst Namun kembali ke atas tadi, masyarakat tak punya pilihan, harus ke situ. Oknum yg korup pun kemudian memungut biaya tak resmialias pungli agar urusan lancar.
==========================
Namun, saat ini sudah banyak instansi pemerintah yg sudah memperbaiki diri, dengan meniru layanan di bank yg memang berstandar tinggi.
Loket layanan yg dulu model loket karcis, ada yg sudah dibuat terbuka namun mejanya masih tinggi seperti meja teller di bank. Ada lagi yg mejanya sudah rendah seperti loket Customer service di bank.
loket karcis, gan!
Spoiler for loket karcis:

yg kayak gini udah lebih baek
Spoiler for lebih baek:

lebih cakep lagi
Spoiler for lebih cakep lagi:


Ruang tunggunya pun sudah ada yg adem ber-AC.
Kalo dulu petugasnya seenaknya minta duit (pungli), sekarang sudah g minta lagi. Bahkan kalo dikasih uang terima kasih pun tetap ngotot tidak mau.
***
Tulisan tentang layanan kelas jahanam oleh instansi pemerintah ada buanyak banget.
Tapi, apakah agan-agan pernah nemuin loket layanan pemerintah (Pusat maupun daerah) yang menurut agan "sangat memuaskan"? Pokoknyaemoticon-Rate 5 Star dan agan pingin bilang "oi, kalo bikin layanan yg kayak gini loh! udah ada contohnya nih!"
lebih baik lagi agan2 ngasih potonya.
Atau agan malah kerja disitu dan ingin ngasih info ke kaskuser lain?
0
1.9K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan