Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RajesswaraAvatar border
TS
Rajesswara
CARA MEMBUAT CENDOL SENDIRI !!
Minuman es cendol atau es dawet merupakan minuman populer dan menjadi favorit bagi banyak orang. Bagi sebagian orang minuman tradisional ini lebih terjamin kualitas bahannya karena terbuat dari bahan-bahan alami dan sederhana. Anda dapat membuat sendiri es cendol atau es dawet di rumah. Jika anda kesulitan mendapatkan cendol atau cendol yang ada di pasaran tidak memuaskankan selera anda, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri. Bagaiamana cara membuat cendol tepung beras? Membuat cendol tidaklah rumit, berikut cara membuatnya:

Bahan:

100 g tepung beras
50 g tepung sagu
½ sdt garam
2 sdm air kapur sirih
50 ml air campuran daun suji dan daun pandan
500 ml air
Air
Es batu
Alat:

Panci (untuk memasak bubur cendol)
Saringan/cetakan cendol (berlubang-lubang bulat-bulat kecil)
Wadah cendol berupa baskom
Cara Membuat Cendol Tepung Beras:

Masukkan bahan bahan berupa tepung beras, tepung sagu, garam, air daun suji-pandan, dan air kapur sirih ke dalam panci yang sudah diisi air. Aduk semua bahan secara merata.
Masak campuran bahan tsb dengan api sedang sambil diaduk pelan (supaya matangnya rata dan tidak berbintil). Masak sampai menjadi bubur cendol yang kental dan berkilat. Jika adonan sudah meletup-letup, artinya bubur cendol sudah matang.
Siapkan saringan/cetakan cendol di atas wadah baskom yang berisi air matang dan es batu. (Catatan: Air es akan membuat cendol panas cepat menjadi dingin dan padat sehingga tidak berubah bentuk dan tidak lengket satu sama lain.)
Tuang bubur cendol panas kedalam saringan/cetakan sedikit demi sedikit, biarkan butiran bubur cendol berjatuhan kedalam air es menjadi cendol. Proses ini dapat dibantu dengan menekan atau meratakan bubur cendol di atas saringan/cetakan menggunakan sendok besar. Lakukan sampai bubur cendol habis.
Cendol tepung beras sudah jadi. Biarkan cendol dalam baskom dingin beberapa saat. Simpan di dalam kulkas bersama airnya jika belum segera digunakan. Tiriskan airnya sebelum digunakan.
Tips Membuat Cendol Tepung Beras

Cara membuat air perasan daun suji dan daun pandan: Ambil segenggam daun suji (pandan betawi) dan 3 lembar daun pandan wangi, potong kasar lalu dihaluskan dengan cara diblender dengan sedikit air kemudian hasilnya diperas dan disaring. Daun sujilah yang terutama memberikan warna hijau alami sedangkan daun pandan untuk pewangi.
Cendol tepung beras bisa dibuat dari 100 persen tepung beras. Cendol 100 persen tepung beras mempunyai tekstur yang agak kasar (tidak licin) dan lembut serta mudah patah, namun banyak juga yang suka. Campuran tepung beras bisa berupa tepung sagu, hunkwe (tepung kacang hijau), tapioka atau maizena. Masing-masing jenis tepung mungkin memberikan cita rasa dan tekstur yang berbeda, demikian pula komposisi campurannya.
Jumlah air yang diperlukan untuk membuat bubur cendol mungkin tidak sama, tergantung jenis dan kualitas tepung yang digunakan. Untuk menyiasatinya, jangan campur air seluruhnya. Jika setelah matang bubur cendol terlalu kental, tambahkan air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk rata sampai kekentalan bubur cendol cukup optimal untuk dicetak.
Untuk mendapatkan cendol yang ujung-ujungnya lancip, bubur cendol harus agak cair, jangan terlalu kental

Spoiler for CENDOL :


Spoiler for KALO BISA:

Diubah oleh Rajesswara 24-10-2013 08:09
0
9.7K
55
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan