CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polri Sita Mobil Mewah di Kasus Kredit Fiktif BSM
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/526786813fcb170524000008/polri-sita-mobil-mewah-di-kasus-kredit-fiktif-bsm

Polri Sita Mobil Mewah di Kasus Kredit Fiktif BSM

Polri Sita Mobil Mewah di Kasus Kredit Fiktif BSM

Skalanews - Ada pemandangan berbeda di pelataran gedung Bareskrim Mabes Polri hari ini. Sejumlah mobil mewah berbagai merk seperti Hummer dan Mercy SLK 300 warna kuning mentereng berjejer rapih di sana.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Ronny F Sompie, mengatakan mobil-mobil mewah itu merupakan barang sitaan dari kasus kredit fiktif Bank Syariah Mandiri (BSM) di Bogor.

Diakuinya, kasus tersebut tengah ditangani Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

"Hari ini penyidik direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Polri menyampaikan hasil penyidikan sebuah kasus perbankan di Bank Syariah Mandiri cabang Bogor,"kata Ronny, di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Rabu (23/10).

Dalam kasus ini, ujarnya, telah ditetapkan tiga orang tersangka. Yakni Kepala BSM cabang Utama Bogor inisial MA, Kepala BSM cabang Pembantu Bogor jalan Baru inisial HH, dan Officer BSM Cabang pembantu bogor inisial JL. "Saat ini tengah dilakukan pemeriksaan terhadap 3 tersangka."

Adapun modus operandi yang dilakukan tersangka yakni dengan dalih pemberian fasilitas pembiayaan kepada 197 nasabah fiktif dengan total pembiayaan 102 miliar. Kredit fiktif tersebut merugikan 59 miliar. "Jadi nasabah itu tidak ada. Berapa-berapa pembagian (pembagian kredit) dan sebagaimananya akan dijelaskan."

Dari ketiga tersangka, lanjut Ronny penyidik menyita sejumlah barang bukti. Namun Ronny enggan membeberkan apa saja barang bukti tersebut dengan dalih masih dalam pemeriksaan.

"Kepada tersangka disangkakan pasal 63 UU No 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah dan Pasal 3 ayat 5 UU No. 8 Tentang TPPU."

Adapun pantauan Skalanews, barang bukti yang disita tersebut berupa sekitar 8 mobil mewah berbagai merk. Yakni Toyota fortuner putih berplat F 1030 DO, Honda Freed Putih berplat F 630 CW, Honda CRV Hitam berplat F 1299 L, Honda Jazz Putih berplat F 39 A, Mercy SLK 300 berplat B 1 ADG.

Mercy E 300 putih berplat B 741 NDH, Hummer hitam berplat B 741 FKD, Toyota Alphard putih berplat B 1650 RL, Toyota Altis hitam berplat F 1649 DK dan sebuah sepeda motor merk Honda Gold Wing 2013. (Frida Astuti/ mvw)

http://skalanews.com/berita/detail/1...dit-Fiktif-BSM
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Namanya aja Bank syariah, tapi kelakuan karyawannya BEJAT !!

emoticon-Marah
keep posting ya gan emoticon-I Love Kaskus (S)
Tuh slk ngejreng kek angkot, jd aja kasusnya ketauan emoticon-Ngakak (S)
BSM?

yg katanya syariah, beda sama bank laen? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

udahlah, gak usah pakai nama syariah, kalau orang2 di dalemnya cuma pinter ngaji, tapi hati busuk
Quote:


kalau gak salah, buat jadi karyawan BSM, musti bisa ngaji, pengetahuan mengenai islamnya juga di tanya

yang namanya bank syariah itu hanya produknya yang syariah, tapi orang-orang yang mengelolanya sama aja dengan leasing, bank konven, bpr, dll. Jadi jangan berpandangan bahwa yang namanya bank syariah itu benar-benar menerapkan prinsip syariah atau bertindak berdasarkan prinsip syariah.
itu pelakunya masih manusia kan?

wajar kalo manusia normal pengen naik mercy slk emoticon-Embarrassment

ya meskipun caranya salah emoticon-Embarrassment
yang bedain cuma embel embel syariahnya doang, sisanya gak ada bedanya sama bank konvensional
Serakah amat, borong mobil sampe segitunya emoticon-Matabelo
Quote:


idem gan
mengecewakan banget
Wah.... syari'ahnya gak syariah emoticon-Cape d... (S)
Tamparan keras buat BSM dan Islamic Banking nih...
Mudah-mudahan bisa cepet selesai masalahnya
Konvensional atau syariah sama aja.
jangan2 BSM nya tempat "money laundry" dari pejabat tertentu
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


ente keliru gan. bank syariah itu hanya menerjemahkan istilah-istilah perbankan konvensional ke dalam bahasa arab. sistem yang dijalankannya sama persis.

itulah mengapa ada sekelompok ulama yang menentang ide bank syariah ini. kalo bener-bener syariah, kaga ada bunga (yang diterjemahkan jadi bagi hasil). usaha kaga selamanya untung, pasti ada ruginya. kalo bener-bener pake konsep syariah, hasil yang dibagi seharusnya bisa minus.

artinya, kalo tabungan agan 100 juta, kemudian dipinjam oleh debitur untuk membangun usaha, tapi usahanya merugi, tabungan agan seharusnya bisa berkurang, misalnya jadi 80 juta.

tapi kenyataannya kan kaga begitu...
Quote:


betul gan bank syariah ttep menerapkan cara2 bank konven,kata2 syariah d salah gunakan n hny embel2 sj jd rancu n merusak nama baik emoticon-Bingung
Yah itu kan perbuatan oknum, terlepas dari syariah dan non syariah.
Bank syariah itu memiliki beberapa keuntungan tersendiri dibanding bank non syariah atau biasanya. tapi memang tetap ada kekurangan juga pastinya, gak ada yang sempurna emoticon-Peace

Jadi ada Developer mengajukan 197 Permohonan pinjaman, dan ternyata 117 pinjaman tersebut adalah fiktif, dengan perkiraan kerugian sebesar 59 Miliar.

Hebatnya kredit perumahan lagi emoticon-Matabelo
Tentu kalo tidak ada pembayaran, maka akan disita aset kan?
Berani banget yah emoticon-Cape d... (S) kenapa gak pake jalur KTA? emoticon-Cape d... (S)

Sulitnya bank label pemerintah seperti ini emoticon-Big Grin
Berbeda dengan bank swasta yang tentunya memiliki pengawasan setidaknya lebih ketat dalam pencairan pinjaman. emoticon-Malu (S)
Diubah oleh juragan.nego
Orang dalem sendiri ternyata emoticon-Cape deeehh
Quote:


Semua agama akan sama bila berhadapan dengan uang gan ingat itu
Quote:


iya juga sih gan salah dia sendiri ya
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di