yanu2010Avatar border
TS
yanu2010
Cara Tanam Padi yang Brilliant di Indonesia, Jepang dan China
Hallo Agan Kaskuser, salam kenal...
Pada postingan kali ini ane mau berbagi beberapa cara Unik untuk menanam Padi Karena kondisi lingkungan dan alam...

Untuk Pertama Kalinya kita bahas dari Negeri Kita Sendiri Indonesia...
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

INDONESIA
(Menanam Padi Diatas Lahan Banjir)

ADAPTASI IKLIM
Petani Ciamis Kembangkan Padi Terapung

Sofjan (53) memanen padi apung di lahan persawahan yang terendam banjir di Desa Ciganjeng, Padaherang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (14/3). Padi jenis IR 64 yang ditanam di media apung ini merupakan percobaan ketiga kelompok tani setempat di lahan seluas 1.400 meter persegi.

Ciamis, Kompas – Ikatan Petani Pengendalian Hama Terpadu Indonesia bersama petani di Ciganjeng, Ciamis, Jawa Barat, bereksperimen mengembangkan padi terapung. Itu adaptasi terhadap banjir setiap tahun yang kerap menggagalkan panen.

Kamis (14/3), anggota kelompok tani Taruna Mekar Baru Desa Ciganjeng sukses memanen padi di lahan banjir. Padi jenis IR 64 itu ditanam di atas air sedalam 1 meter pada area 1.400 meter persegi. ”Ini percobaan ketiga dan hasilnya cukup baik. Ubinannya 6,2 ton gabah per hektar,” kata Tahmo Cahyonom (38), ketua kelompok tani.

Hamparan padi menguning itu kontras di tengah genangan air di areal pertanian. ”Setiap musim hujan, sekitar 400 hektar sawah di sini kebanjiran. Bulan Desember bisa sampai 2 meter lebih kedalamannya,” katanya.

Desa Ciganjeng yang dikelilingi tiga sungai, yaitu Citandui, Ciseel, dan Cirapuan, langganan kebanjiran. Petani hanya bisa menanam padi pada musim kemarau. Upaya ini kerap gagal. ”Sering sebelum panen sudah banjir. Kami juga harus menyemai padi hingga puluhan kali karena kerap kebanjiran,” kata Tahmo.

Melihat fenomena itu, sejak tiga tahun silam, Ikatan Petani Pengendalian Hama Terpadu Indonesia (IPPHTI) mengembangkan padi terapung, yang bisa berkembang di atas lahan banjir. Sekretaris Jenderal IPPHTI Kustiwa Adinata mengatakan, pada percobaan pertama, media tanam yang dipakai jerami dan polybag. Eksperimen kedua menggunakan media tanam sabut dan bawahnya diberi jaring.

”Sekarang, kami menggunakan bambu dibelah (palupuh) sebagai landasaran sabut kelapa dan pupuk organik. Media tanam ini bisa naik turun mengikuti ketinggian air,” katanya.

Kustiwa berharap, pemerintah daerah bisa meneruskan eksperimen IPPHTI dengan kelompok tani di Ciganjeng itu. ”Kalau semua lahan banjir di kawasan ini dioptimalkan dengan padi apung, dapat meningkatkan produksi beras dan ekonomi masyarakat kecil,” katanya. ”Selain padi, teknik produksi juga bisa dikombinasikan dengan ternak ikan.”

Saat ini, petani dituntut beradaptasi dengan perubahan lingkungan dan iklim. ”Kondisi itu alasan kami mendampingi petani di Ciganjeng,” katanya. Menurut Kustiwa, IPPHTI juga mengembangkan padi tahan air asin di Cilacap dan Cirebon. (AIK)

FOTO:








JEPANG
(Menanam Padi Didalam Gedung)

Jepang adalah negeri yang memiliki kemajuan teknologi yang maju pesat. Mereka tetap tidak melupakan sektor pertanian dan perkebunan. Sebagian orang Jepang masih mempertahankan persawahan dan mengoptimalkan hasil perkebunan. Namun ada yang menarik dari teknologi Negeri Matahari Terbit ini, jika di Indonesia menanam padi atau sayuran dilakukan di sawah dan ladang, maka di Jepang ada lahan di dalam gedung yang bisa digunakan untuk bercocok tanam. Tepatnya Di lantai dasar gedung Nomura yang berlantai 27 di distrik Otemachi, Tokyo mereka menanam berbagai tanaman.
Di areal seluas 1000 m2 tumbuh subur sayuran seperti tomat, strawberi, padi dan tanaman lainnya. Tanaman di tanam dengan sistem hidroponik (cara menanam tanpa media tanah). Disebabkan di dalam gedung di bawah tanah maka sinar mataharipun tidak bisa menembus ke dalam tanaman ini. Namun dengan teknologinya yang telah maju, sebagai pengganti cahaya matahari pada kebun dibawah tanah ini di suplai oleh lampu seperti LED dan high-pressure sodium vapor lamps. Semuanya di kendalikan oleh komputer sehingga baik cahaya maupun temperatur sangat mirip dengan kebun aslinya.
Proyek ini yang telah dijalankan sejak tahun 2005 juga digunakan sebagai tempat untuk berbagai percobaan, pelatihan hingga digunakan untuk tujuan wisata teknologi pertanian. Hingga saat ini lahan percobaan seperti ini sudah ada di sembilan lantai dasar gedung di Tokyo.

Dimasa depan Indonesia juga dapat menerapkan teknologi seperti itu. Karena sekarang di Indonesia banyak pembangunan gedung-gedung. Sehingga orang indonesia tidak perlu kawatir, dengan teknilogi ini mereka tetap dapat meningkatkan kualitas hasil pertanian dan perkebunan.

Di Jepang teknologi ini sudah benar-benar terbukti dan sudah sukses dijalankan. Sehingga orang Indonesia dapat mengembangkan teknologi seperti ini atau mungkin dapat menemukan teknologi baru yang lebih canggih. Semua itu bisa terjadi, asal orang-orang Indonesia mau belajar dan mencoba. Kelemahan orang Indonesia adalah mereka hanya belajar tetapi tidak menerapkan apa yang sudah dipelajari.

FOTO:




CHINA
(Menanam Padi Diatas Gedung)

Umumnya padi ditanam di tanah datar atau perbukitan seperti sistem subak di Bali. Namun bagaimana jadinya jika padi ditanam di atap gedung?

Sawah unik ini bisa Anda temukan di China. Atap gedung sebuah pabrik anggur di negara tersebut telah disulap menjadi sawah seluas 0,33 hektar.

Dalam foto yang dirilis kantor berita Reuters, tampak sejumlah pekerja menyemai padi di atas pabrik anggur yang berlokasi di kawasan Liujiang, Guangxi Zhuang.

Menurut media lokal, padi ditanam di atap bangunan agar padi terhindar dari penyiangan, penyakit tanaman, dan hama serangga selama tiga tahun.

FOTO:





MAU KOMEN, RATE ATAUPUN NYENDOLIN SANGAT DIHARAPKAN... emoticon-Big Grin

Itulah beberapa Cara Unik Menanam Padi ditiap Negara
Mungkin jika ada tambahan dari Agan Aganwati monggo saya persilahkan...
Makasih Kaskus dan Semuanya... emoticon-Shakehand2
Yaminbint
tata604
tata604 dan Yaminbint memberi reputasi
2
40.8K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan