kulunyuxAvatar border
TS
kulunyux
Hati-Hati Dengan Modus Penggelapan Motor Yang Satu Ini (Rapi Banget)
Halo agan2 semua, kali ini ane mo share cerita yang ane alamin sendiri, dalam hal menjual motor. Ini bisa jadi pelajaran berharga buat agan2 semua, agar lebih berhati-hati jika mau menjual motornya (yang mo jual mobil juga berlaku emoticon-Big Grin)

Oke langsung aja, ceritanya gini, ane kan mo ngejual motor Kawasaki Ninja 150RR, nah ane iklanin tuh motor di media online dan media cetak pastinya. Beberapa kali ada tawaran masuk, tapi harganya belum ada yang cocok. Suatu hari, seseorang SMS ane, dia lihat di Tokobagus, dan bilang kalo tertarik banget ama motornya. Dia mau harganya sedikit lebih rendah dari harga yang ane buka. Tapi karena alasan sibuk, dia minta tuh motor dibawa ke Magelang, daerah Mertoyudan (ane di Jogja padahal). Semula ane kaga mau dan agak merasa aneh, karena orang belum liat langsung motornya, kok udah berani nawar tinggi gitu. Tapi karena di hari dia SMS, dia bilang rumah saya di daerah Mertoyudan, kasih ancer-ancer rumahnya dia, ane jadi percaya, ini orang beneran niat beli. Lalu ane menyanggupi membawa motornya ke Magelang itu.

Sewaktu mengakhiri SMS an di hari itu, dia bertanya 3 hal.

Pertama dia baru ada uang yang jumlahnya kira-kira 3/4 dari jumlah yang dia mau bayarkan, dan minta waktu 2 hari untuk mengumpulkan tambahannya. Ane jawab gak masalah, ntar kalo udah kekumpul semua uangnya, kabarin aja, ane langsung berangkat kesana.

Kedua dia bertanya apa boleh test ride untuk meyakinkan kalo motornya bener-bener kondisinya masih oke. Karena emang motornya masih mulus dan belom pernah jatuh, ane bilang besok bisa lah kalo mau test ride.

Ketiga dia bertanya ane umur berapa, udah nikah ato belum, pekerjaan apa, dll. Ya ane jawab apa adanya aja, mungkin dia mau menimbulkan kesan friendly pada ane.

Lalu hari berikutnya, dia kasih kabar kalo uangnya sudah hampir siap, dia bilang akan kasih kabar pada besok pagi-pagi hari berikutnya lagi, ato pada hari yang dijanjikan itu.

Nah kemudian, besoknya pagi-pagi ane iseng SMS dia, bertanya apa uangnya sudah siap, dia jawab siang nanti sudah siap. Lalu kira-kira jam 11 siang, dia kasi kabar kalo uangnya sudah terkumpul semua. Setelah itu ane buat janji temu, jam 2 siang sampe sana.

Segeralah ane meluncur ke Magelang, dengan seorang temen. Setelah sampe disana, ane telpon dia lagi, rumahnya sebelah mana tepatnya. Lalu dia bilang masuk ke jalan kecil, sebelum SPBU, ada masjid, ane disuruh nunggu disitu, nanti dia akan jemput. Lalu setelah sampe depan masjid, ane telpon dia lagi, dan dia jawab, "sebentar mas, aku lagi ada tamu, nanti 15 menit lagi aku kesitu." Dan ane nungguin dia sambil ngobrol2 ama temen ane. Selang 10 menit, dia telpon balik, bilang, "mas rumahku lurus aja kira2 500 meter dari masjid, nanti aku tungguin di depan rumah." Ane agak bingung juga, ternyata ancer-ancer rumahnya gampang, kok dia bilang mau jemput. Tapi ya udah ane langsung menuju ke "rumah" orang itu.

Gak lama, dia mencegat di pinggir jalan, lalu setelah kenalan singkat, dia meminta ane dan temen ane parkir di halaman rumah itu. Dan dia mengenalkan seorang tua yang diakunya sebagai "bapak" nya dia. Lalu kita dipersilahkan masuk ke ruang tamunya, dan disuguh minum juga. Setelah basa-basi singkat, dia langsung minta ijin lihat dokumen motor itu, kemudian keluar bersama ane untuk melihat fisik motor itu. Sementara itu, si bapak tua mengajak temen ane ngobrol2.

Si penipu lalu melihat secara detail fisik motor ane, sambil mencocokan nomer rangka dan mesin, antara yang di fisik motor dan yang tertulis di dokumen. Nah karena Kawasaki Ninja 150RR ini nomer rangkanya tertera di bawah jok belakang, dia lalu ngebuka jok belakang. Lalu secara sengaja, dia taruh dokumen motor itu di bawah jok itu. Setelah menghidupkan mesin, dia meminta ijin untuk test ride, seperti yang dia tanyakan di hari sebelumnya. Karena ane dibuat yakin itu rumah dia, ane kasih ijin, tapi hanya di jalan depan rumahnya. aja.

Lalu dia keluar ke jalan itu, dan pelan2 meluncur meninggalkan TKP, membawa motor berikut dokumennya di dalam jok. Semenit-dua menit dia gak kembali, perasaan ane langsung gak enak, langsung ane kejar dengan berlari. Tapi sia-sia, dia udah gak tampak lagi. Lalu ane kembali ke rumah itu, dan bertanya pada si bapak tua, "pak anaknya kemana tuh, kok lama amat?" Dan si bapak tua bilang, itu bukan anaknya, orang itu baru 2x ke rumah dia, nama aslinya dan tempat tinggalnya pun si bapak tua gak tau. (Entah emang orang desa lugu beneran ato cuma alibi aja, ane gak tau, tapi ane juga gak bisa ngapa2 ama si pak tua itu)

Setelah itu ane ama temen langsung lapor polisi deket situ, dan malamnya pulang ke Jogja, sambil sebar info soal kehilanngan motor ini di sosial media online.

Nah 4 hari kemudian ada info dari orang, bahwa motor ane muncul di salah satu media iklan online, yang ternyata sudah pindah tangan ke seorang pedagang di daerah Klaten. Setelah yakin bahwa itu motor ane (kebetulan pelat nomernya kefoto, dan ada stiker tambahan yang jadi ciri khusus motor itu), langsung besok paginya ane beserta polisi ke Klaten untuk mengamankan motor itu.

Singkat cerita, akhirnya motor itu ditahan di kantor polisi, dan setelah ada kompromi antara ane dan si pedagang itu, motor akhirnya bisa kembali ke tangan ane, dalam keadaan utuh, tanpa kurang apapun. Jadi ya ane masih beruntung banget nih.

Nah, modus utama si penipu ini adalah dengan membuat suatu rumah dan mengesetnya sedemikian rupa, sehingga kita percaya bahwa itu bener2 rumah dia, sehingga kita lengah, mengira dia orang baik2, supaya kemungkinan dia diijinkan untuk test ride lebih besar. Dan yang lebih menyebalkan, kalo emang si yang empu nya rumah ternyata bener2 kagak tau apa2, dia bisa ikut terseret kasus ini, dituduh berkomplot dengan pelaku, kasihan juga kan, si penipu merugikan dua pihak langsung.


So pelajaran yang bisa dipetik kalo kita mau jual motor adalah:

1. Jangan pernah terpancing membawa motor kita ke tempat orang yang berminat membeli. Kalo mau beli, ya mereka suruh lihat aja di rumah kita, supaya aman, karena itu lingkungan tempat tinggal kita, yang pastinya kalo ada apa-apa, banyak yang mau menolong kita.

2. Sebisa mungkin jangan mengijinkan test ride sebelum transaksi dilakukan. Mending setelah proses pembayaran selesai, baru boleh test ride. kalo ternyata ada problem, kita benerin aja di bengkel, dan biaya kita yang tanggung. Nah kalo emang motor kita kondisinya bener2 oke, percaya diri aja deh dengan itu.

3. Kalo ngotot test ride, kita harus pegang identitas diri si calon pembeli (KTP asli ato SIM asli yang emang foto disitu sesuai dengan orangnya), Lalu kita boncengan dengan si calon pembeli, dan minta ditemenin oleh salah satu orang rumah juga. Buat yang rumahnya di kawasan komplek perumahan, test ride nya dilakukan di jalanan komplek aja, gak usah keluar, biar lebih aman.

4. Pembayarannya juga sebisa mungkin transfer antar rekening bank, hindari uang cash. Karena selain ngitungnya repot dan bikin kita susah, karena jumlahnya besar, resiko terselip uang palsu juga ada. Setelah dana masuk, baru motor berikut kelengkapannya kita serahkan.

Jangan ada korban2 lain karena modus penggelapan motor seperti ini ya agan2 semua. Selalu hati-hati pokoknya. Jangan pernah langsung percaya apapun dengan seseorang yang engga kita kenal.


NAMBAH ARTIKEL PENDUKUNG DARI SALAH SATU BLOGGER MOTOR TERKENAL NIH:

Jual Motor, Pembeli Minta Test Ride, Gimana?


NAMBAH SHARE DARI AGAN semerukarundatu:

Quote:


SEKIAN, ditunggu sharenya juga dari agan2 semua. emoticon-Big Grin

Diubah oleh kulunyux 22-10-2013 13:09
0
13.3K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan