CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Minta info gan, tentang ketergantungan obat-obatan +1 cendol
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52654d02a2cb17c249000006/minta-info-gan-tentang-ketergantungan-obat-obatan-1-cendol

Minta info gan, tentang ketergantungan obat-obatan +1 cendol (closed)

terimakasih saran dan masukannya agan2 kaskuser.emoticon-Shakehand2
terimakasih Kaskus emoticon-Kaskus Lovers

Cendol send... emoticon-Shakehand2

Trit ini ane Closed
Momod terimakasih banyak kesempatannya berbagi cerita, silahkan di hapua mod.. emoticon-Shakehand2
profile-picture
grg. memberi reputasi
Diubah oleh calto.belakang
Halaman 1 dari 2
kenapa ga segera dibawa ke panti rehab aja kk

semoga lekas selamat ya emoticon-Smilie
Quote:


Disimak dulu gan, ane juga lagi cari tempatnya emoticon-Hammer2
emoticon-Hi
udah dibawa ke rsko belum kak
kalo ketergantungan obat kenapa dibawa ke RSJ gan?
bukannya lebih baik dibawa ke panti rehabilitasi?
Quote:

mungkin agan ini salah satu yagn udah berpengalaman kalo masalah panti rehabilitasi gan..
Quote:


Rsko apaan sist??
Quote:


Karna terakhir itu ngamuk2 gan, dan berusaha mencelakai org lain,, lagian dikota ane ga ada panti rehab gan, kali aja kaskuser ada yg tau ..
ane kurang tau gan, atas ane blum ada solusi,mungkin bawah ane gan... mksudnya kayak gila gmn gan?
Quote:

biasanya di RS Pemerintah (biasanya di tingkat provinsi) ada poli jiwa gan, termasuk didalamnya ada tes ketergantungan obat disertai uji lab.. coba dulu aja agan cari informasi di RS tersebut siapa tau ada di daerah agan..
dari situ ntar ada rekomendasinya kalo emang dibutuhkan rehabilitasi di panti..
ummmm yaaa kalau memang kakaknya bisa di sembuhkan di tempat rehabilitasi di Bengkulu menurut ane ga apa2 keluarin biaya 7 juta kalau agan dan/atau keluarga mampu (asal jangan ada alasan gara2 kakaknya yg ga bisa di rubah keluar dari mulut panti rehab ntu nantinya). btw, kan agan dapat rekomendasi dari RSJ, kalau agan ada waktu bolehlah agan bertanya sedikit info ke RSJ ntu tentang tempat rehab di bengkulu (no. telpon juga boleh), biar agan bisa tanya panjang lebar ke panti rehab ntu). btw coba tanya si Bapak ketua granat ntu (Henry Yosodiningrat), ga tau benar atau tidak ni twitternya https://twitter.com/henryyoso , kalau ga salah beliau punya anak yg juga mantan ketergantungan obat (tapi sepertinya anak beliau gara2 narkoba). btw lagi, mudah2an kakaknya bisa kembali seperti dulu sebelum tergantung sama obat. Semangat gan
Diubah oleh tria9801
Biarpun di rehab beribu - ribu kali tapi gak ada niat berhenti dari kakak ente ya percuma aja,, alias buang² duit..
Sama halnya kaya berhenti merokok,, susah? Emang.. Makanya harus punya tekat bulat utk berhenti, kalau tidak punya percuma...
Quote:


Makasi gan masukannya... emoticon-Smilie boleh di coba itu... emoticon-shakehand

Quote:


Ia gan, soalnya ini yg ngasi saran petugas disitu, bukan dari staf adm rs nya gan, takutnya cuma basa-basi bahan obrolan aja, nanti kami coba cari informasi dr rsj nya lagi.. Terimakasih gan emoticon-shakehand

Quote:


Menumbuhkan niat si pengguna ini yg cukup sulit gan,, emoticon-Mewek
Diubah oleh calto.belakang
biadanya kalau ketergantungan obat direhsbilitasi gan...
beh serem juga yah ketergantungan obat . pasti awalnya dari coba coba ..
RSKO ( rumah sakit Ketergantungan obat )


tuh gan atas ane kek nya bisa bantu ,kalo ane mah gk tau gan emoticon-Sorry
kalo boleh tau, sakaw obat apa ya kakak nya...?
knp ga lgsg di bawa ke rehabilitas yang ada dulu...?
drpd smua trlambat...
mmng mnyakitkan di rehabilitas, tp mau gmn lagi...?
mmng itu 1 1 nya jalan...
Quote:

bantu sundul emoticon-Sundul Up jawaban super emoticon-2 Jempol
rsj pakem jogjakarta gan, disana juga untuk rehabilitasi nsrkoba juga, tpi bukan yg penjara khusus narkobanya lho gan, yg rsj nya, untuk info di cp dll cobs dicari di google.. dan seblmnya ane turut prihatin ya gan, smoga kk ente lekas sembuh..
Bisa sembuh kok kalo di rehab+kemauan dari si pasien, tergantung kualitas sembuhnya kaya gimana, maksudnya ga nakal/coba2 narkoba lagi



Sekedar berbagi pengalaman aja gan

Almarhum abang ane mantan pemakai narkoba jenis putaw gan, ga tau karna pergaulan atau dijebak temennya, lupa juga ane diceritain nyokap udah lama soalnya

Kejadiannya kira2 waktu ane umur 7tahun, ane beda 15 tahun sama dia

Karena ane tidur 1 kamar sama abang ane, ane sering liat dia "make" didepan mata ane, ane juga tau "perlengkapan" makenya kaya jarum suntik+korek yang dimodif+sendok buat masak putaw+gesper buat ngiket tangan buat nyari urat yang disuntik dll

2th pertama belum ketauan, dan karna mulai banyak barang2 rumah yang ilang, akhirnya orang rumah sadar ada yang ga beres

Akhirnya ketauan juga abang ane sama ortu bahwa dia positif pecandu narkoba jenis putaw

Tapi karna ortu ane ga ngerti mesti gimana, akhirnya dikasihlah uang untuk beli2 putaw buat ngilangin SAKAW nya dengan alesan dia "dosisnya dikit2 dikurangin supaya lama2 bisa lepas dari narkoba".

Tapi ternyata itu ga berhasil, bahkan makin parah, yang ada makin naik dosisnya

Abang ane makin kacau, jadi kasar, emosian, sampe bikin ortu sedih pokoknya

Abang ane selalu minta uang buat "beli", sekali minta sekitar 80ribu-160ribu
Itu waktu belum krismon/krisis moneter, perbandingannya dulu harga premium masih 750perak/liter, bukan jumlah uang yang sedikit waktu itu
Dan itu hampir TIAP HARI selama 1tahun lebih.
Kebayang ga parahnya?

Akhirnya ortu mulai ga kuat biayanya, dan makin ga tega liat kondisi abang ane yang makin kurus kering karna kecanduan narkoba

Ortu coba konsultasi dokter2 spesialis+psikolog tentang narkoba.
Lalu akhirnya ortu ane mutusin buat ngirim abang ane ke panti rehabilitasi narkoba

Disusun lah skenario dengan bantuan beberapa orang anggota kepolisian buat bawa paksa abang ane ke rehab (sedih gan waktu kejadian abang ane dibawa paksa didepan mata ane, nykp sampe nangis di pelukan bokap ane pas abang ane diangkut pake mobil si pak polisi)

Dia dikirim ke suatu tempat namanya "INNABAH VII" letaknya di TASIK MALAYA, ga tau dah masih ada apa ngga, agan search aja kalo mau
Itu pesantren khusus pasien candu narkoba.
Ane tau karna pernah kesana waktu jengukin dia 2x dalam setaun

Dia jadi pasien pesantren itu selama 2taun, kurang lebih ngeluarin biaya sekitar (kalo ga salah inget) 2 jutaan buat biaya tinggal&hidup; disana.
Itu dulu banget lho gan, ga tau deh kalo sekarang berapa biayanya -_-

Setelah rehab 2th itu akhirnya abang ane lepas total dari narkoba, katanya sih setahun pertama udah ga candu lagi, tapi ortu belum nyakin.
Yaah, pada akhirnya dia bisa kumpul lagi sama keluarga.
Dan memulai hidup baru

Kalo lagi cerita2 masalalu di rehab katanya "Namanya doang pesantren, sama aja kaya penjara"
Disiksa, disiram pas tidur, dibangunin paksa.
Tapi disitu kegiatan ibadah (shalat+ngaji) adalah wajib, kata almarhum

Sebenernya masih panjang ceritanya gan perjalanan hidup abang ane sebelom meninggal.
Oke, skip aja ya

Awal 2012 abang ane mulai sakit2an gitu, sering checkup ke dokter2, bolak balik rumah sakit.
Setelah beberapa kali diperiksa/rontgen, dokter vonis abang ane mengidap HEPATITIS C/HIV yang disebabkan dari jarum suntik waktu make narkoba

Kondisi makin hari makin melemah

Sampe akhirnya abang ane wafat pas April 2012 kemarin di umur 38taun. berarti setelah lepas narkoba abang ane masih dikasih kesempatan hidup ±15 taun

Sekian

Ane cuma share pengalaman pahit keluarga ane aja, biar bisa jadi pelajaran buat sekeliling ane gan, jangan sampe jadi kaya almarhum abang ane



Ada 2 kalimat yang menggetarkan ane gan
1. Kata2 dari abang ane: "lu mao bandel? Mao mabok? Terserah! Tapi lu TOLOL kalo sampe jadi pecandu kaya a'a dulu"

2. Kata2 nykp: "temen2 a'a kamu yang sejawat/sesama pecandu, udah pada mati semua, tinggal a'a doang"

Nb: setelah ±15 th lepas total dari narkoba penyakit HIVnya menjangkitin badan dia, ga nyampe 4 bulan sebelom dia meninggal, lama banget keliatan dampaknya
Diubah oleh claven
waduh, kasus berat nih gan.
Kalo di jakarta ane tau gan RSKO(Rumah Sakit Ketergantungan Obat).
Dulu alm abang ane sering di rehab di sini,kl kelakuan mirip orang gila berarti tandanya obatnya lg nagih gan,kesiksa bgt badan rasanya.
Di kunci'in dikamar aja gan kl lg nagih,trus mandiin deh,insyaallah bisa ngurangin ketergantungannya.
Ingetin jg ke abang agan,resiko pecandu cuma 2,MATI atau GILA.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di