v4vigiliusAvatar border
TS
v4vigilius
Golden Record : Kebudayaan Indonesia di Luar Angkasa


Voyager Golden Recordadalah sebuah rekaman fonograf yang disertakan pada pesawat antariksa tanpa awak voyager 1, yang merupakan objek buatan manusia terjauh dari bumi 18 milyar km dari bumi. Voyager 1 diluncurkan pada tahun 1977, dan masih bekerja sampai saat ini.

Piringan tembaga berlapis emas ini berisikan gambar dan suara pilihan yang dapat menggambarkan keanekaragaman hidup di bumi kita, dengan harapan piringan ini dapat ditemukan kehidupan cerdas dari planet lain.


Spoiler for Voyager 1:


Isi dari voyager golden record dipilih oleh tim dari NASA yang diketuai Carl Sagan. 115 gambar dipilih dan rekaman suara-suara alam seperti angin, ombak, hujan, dll.

Piringan emas ini juga menyertakan 55 ucapan salam dari berbagai negara, salah satunya Indonesia. Bunyinya begini
'Selamat malam hadirin sekalian selamat berpisah dan sampai bertemu lagi di lain waktu'.
Klik disini gan

Selain itu juga berisi 26 lagu pilihan dari berbagai negara, Indonesia salah satunya. Gamelan Puspawarna (beragam bunga) berdurasi 4:43 menit ini dapat kesempatan dikirim ke luar angkasa. Gamelan ini dibawakan oleh Gamelan Keraton Pura Paku Alaman di bawah pimpinan K.R.T. Wasitodipuro. emoticon-I Love Indonesia (S)



Gak nyangka kan gan Indonesia sudah menyebarkan misi budaya sampai keluar angkasa. Kira-kira kalau ada kehidupan cerdas di planet lain mendengarkan gamelan kita reaksinya bagaimana yah?emoticon-Ngakak (S)

Semoga alien punya kuping yah



Jangan Lupa Rate dan Comment Gan


Spoiler for List Lengkap Lagu Yang Ada di Voyager:
Diubah oleh v4vigilius 18-10-2013 05:57
0
2.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan