Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jimmysim12Avatar border
TS
jimmysim12
Digantung tidak tewas, Iran eksekusi ulang seorang terpidana mati
Digantung tidak tewas, Iran eksekusi ulang seorang terpidana mati

TEHERAN, KOMPAS.com - Amnesti Internasional mendesak Iran untuk tidak menggantung ulang seorang penyelundup obat bius yang tidak meninggal saat eksekusi.

Terpidana mati, Alireza M (37) ditemukan hidup di ruang mayat setelah digantung di penjara Bojnord pekan lalu. Ia kini dirawat sebagai persiapan untuk digantung ulang.

"Keputusannya adalah hukuman mati dan akan dilakukan lagi bila pria itu sudah membaik," kata seorang pejabat.

Kelompok hak asasi menyatakan Iran adalah negara terbesar kedua setelah China yang menerapkan hukuman mati termasuk dengan hukuman gantung untuk sejumlah kejahatan seperti pembunuhan, rudapaksaan, mata-mata dan perdagangan obat bius.Alireza M digantung selama 12 menit dan setelah itu dokter memastikan ia telah meninggal. Namun saat keluarga korban akan mengambil jenazah dari ruang mayat penjara keesokan harinya, Alireza masih bernafas.

"Kami temukan ia hidup lagi dan dua putrinya sangat gembira," kata salah seorang anggota keluarga kepada media resmi Iran.

Pria itu kemudian dipindahkan ke rumah sakit di bawah penjagaan bersenjata.

"Sulit membayangkan bahwa pria ini akan digantung untuk kedua kalinya setelah mengalami pengalaman sebelumnya, dan ini menunjukkan kekejaman dan tidak berperikemanusiaan dalam hukuman mati," kata Philip Luther, direktur Amnesti Internasional untuk wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara dalam pernyataan pers.

Luther menyerukan agar pria itu tidak digantung ulang dan juga moratorium untuk semua terpidana yang tengah menunggu eksekusi hukuman mati di Iran.

Menurut Amensty, paling tidak 508 orang dihukum mati di Iran tahun ini. Sebagian besar adalah terpidana perdagangan obat bius.

Spoiler for link sumber:
0
1.3K
11
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan