Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lovapreneurAvatar border
TS
lovapreneur
Review Film Oblivion (2013) | Analisis Storyline
Spoiler for Jack Harper and Bubleship:


Then out spake brave Horatius, The Captain of the Gate : 'To every man upon this earth. Death cometh soon or late. And how can man die better. Than Facing fearful odds, For the ashes of his fathers, and The Tample of his Gods.

Lalu bicaralah Horatius dengan gagah berani, Kapten dari Perbatasan : Untuk semua laki-laki yang ada di bumi. Kematian datang segera atau nanti. Apa cara terbaik seseorang mati, selain menghadapi ketakutannya. Demi abu nenek moyangnya, dan kuil-kuil dari Dewa-nya (Lays of ancient Rome)

Jack Harper (Tom Cruise) harus menerima sebuah kenyataan di masa depan, bahwa bumi sudah tidak layak untuk dihuni. Namun ada kenyataan lain yang harus di hadapi Jack.

Jack Harper ditugaskan oleh TET bersama dengan Victoria (Andrea Riseborough) untuk mengawasi Hidro Rigs. Yang berfungsi mengubah Air laut menjadi energi Fusi. Koloni Manusia di Titans, bulan terbesarnya Saturnus sangat bergantung pada energi tersebut. Jack bertugas me-maintenace droid-droid yang beroperasi untuk melindungi Hidro Rigs.

Spoiler for Victoria and Jack with sunset © Oblivion 2013:


Scavenger adalah alien yang menyerang bumi. Walaupun mereka sudah kalah dalam perang, sisa Scavanger masih melakukan perlawanan dengan menyerang droid-droid. Maka setiap hari Jack yang tinggal di sebuah kota angkasa, karena tidak bisa hidup di permukaan bumi yang sudah terkontaminasi radiasi. Harus memperbaiki droid-droid yang rusak karena serangan gerileya Scavenger.

Scavenger menyerang droid-droid untuk diambil Fuel Cell yang merupakan sumber energi droid. Dengan dihubungkan dengan detonator buatan Scavenger, Fuel Cell tersebut bisa dijadikan bom untuk menghancurkan Hidro Rigs. Ditengah-tengah serangan-serangan Scavenger yang sangat krtitikal pada Hidro Rigs, yang membuat 1 Hidro Rigs tidak berfungsi. Jack and Vica (panggilan akrab Victoria) dikejutkan dengan adanya sinyal misterius yang dipancarkan oleh para Scavenger. Sinyal tersebut mengarahkan mereka ke koordinat "Line 17".

Spoiler for Hidro Rigs has Destroyed © Oblivion 2013:


2 pekan lagi, Vica dan Jack akan menyelesaikan tugasnya di Bumi. Dan akan bergabung dengan Koloni manusia di Titans. Jack selama bertugas membangun rumah ditepi danau. Dia melakukannya secara sembunyi-sembunyi dari Vika maupun misi. Walaupun 2 pekan lagi mereka berdua akan dibebas tugaskan, Harper malah tidak ingin meninggalkan bumi.

Spoiler for Jack and The Lake © Oblivion 2013:


Saat sedang tidur di tepi danau, Jack dikagetkan dengan penampakan dilangit. Sebuah pesawat luar angkasa tampak melakukan pendaratan darurat, dan jatuh tepat di Line 17. Koordinat yang dipancarkan oleh Scavenger. TET mengirimkan 2 Droid ke lokasi jatuh, dan membunuh semua awak yang selamat. Jack merasa ada yang salah karena droid diprogram hanya untuk menyerang Scavenger. Untungnya dia menyelamatka 1 awak yang selamat, Julia Rusakova (Olga Kurylenko).

Spoiler for Jack Almost Remember © Oblivion 2013:


Julia Rusakova, setelah siuman memohon agar bisa mengambil Flight Report. Dia bersikeras karena ingin tahu apa yang sebenarnya terjadi kepadanya. Setelah sampai ke lokasi jatuhnya pesawat, Jack dan Julia tertangkap oleh Scavenger. Untuk pertama kalinya Jack bertemu dengan Scav, dan mengetahui rencana sebenarnya dari para scavenger.

Analis

Mungkin bagi sebagian orang menonton awal-awal film ini agak membosankan. Konfliknya datar dan banyak hal yang membuat audience bertanya-tanya. Saya sendiri susah menjelaskan kepada mereka yang ingin menonton, karena alur ceritanya menanjak sedikit demi sedikit. Yang menarik dari Oblivion adalah hubungan antara judul film dengan kisah cinta Jack dengan Julia.

Jack telah dihapus ingatannya sebelum misi, untuk melindungi misi jika seaindainya Jack tertangkap Scavenger. Tapi selama misi, Jack selalu terbawa ingatannya ke bumi sebelum perang 60 tahun yang lalu. Dia sedang berkencan dengan seorang perempuan, dan perempuan itu adalah Julia. Julia ingat kepada Jack dan Jack ingat juga kepada Julia. Yang menjadi pertanyaan besar dan juga membuat cerita menarik, apakah Jack telah hidup 60 tahun yang lalu dan bertemu dengan Julia ?

Oblivion artinya adalah dilupakan, terlupakan. Lupa dalam kasus Oblivion adalah jenis lupa yang anda masih ingat. Misalnya anda ingat kejadiannya, detail yang terjadi tapi tidak mengingat hal itu dimana dan kapan terjadi. Atau anda ingat orangnya, tetapi lupa namanya. Yang ada dalam benak anda adalah kenangan bersamanya disuatu tempat misalnya.


Spoiler for Big Spoiler for you:


Maaf ya agan semuanya. Sebenarnya sudah ada 3 review Oblivion di kaskus. Tapi saya kurang puas jadi saya pengen tulis lagi. Siapa tahu ada yang awalnya enggak mau nonton jadi pengen nonton. emoticon-Sorry.
Diubah oleh lovapreneur 27-08-2013 02:28
0
9.9K
33
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan