Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tukang.copasAvatar border
TS
tukang.copas
JADIKAN TAMAN MARGASATWA RAGUNAN TERBAIK DUNIA, JOKOWI SIAP GELONTORKAN RP 500 Milyar


Liputan6.com, Jakarta : Pemprov DKI akan menganggarkan Rp 400-Rp 500 miliar untuk perbaikan Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Hal tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat membuka acara diskusi publik tentang Pengembangan Taman Margasatwa Ragunan di Pusat Primata Schmutzer.

Jokowi mengaku sudah menyampaikan kepada Ketua Dewan Pengawas Ragunan Hashim Djojohadikusumo untuk segera menyiapkan desain makro pembangunan kebun binatang seluas 120 hektar itu. Sehingga, dapat segera dilakukan perhitungan anggaran keseluruhan. Ia mengatakan berapa pun besar dana yang dihubutuhkan, Pemprov DKI siap menganggarkan

"Tadi sudah saya sampaikan tahun depan akan kita siapkan paling tidak Rp 500 miliar terlebih dulu. Tapi Ragunan harus jadi yang terbaik. Terbaik di dunia lho, bukan hanya di Indonesia," ujar Jokowi di Ragunan, Selasa (8/10/2013).

Hanya, Ketua Pengawas Ragunan memintanya untuk tidak mengeluarkan anggaran yang terlalu tinggi karena saat ini masih dalam tahap mematangkan blue print atau cetak biru desain.

Namun, ia menegaskan pihaknya tidak akan segan mengeluarkan dana hingga triliun asal perencanaan revitalisasi Taman Margasatwa Ragunan terinci baik dari segi desain maupun penggunaan anggaran, sehingga Ragunan bisa tetap terjaga hingga 100 tahun akan datang.

"Komitmen saya kita betul-betul serius ingin menyiapkan Ragunan sebagai sebuah taman margasatwa terbaik. Jadi kalau kerja jangan setengah-setengah saya paling tidak senang. Misalnya butuh Rp 2 triliun, kenapa tidak. Asal penggunaannya betul dan tepat, riil digunakan untuk perbaikan. Anggaran DKI ini gede banget," kata Jokowi.

Rencana penyediaan dana Rp 500 miliar untuk pembenahan Ragunan tersebut akan dimasukkan ke APBD 2014. Bila ternyata pihak Ragunan sudah siap, dana pun siap digunakan. Namun jika desain makronya belum selesai, anggaran tersebut dapat dialihkan ke program lain. (Ein/Yus)

http://news.liputan6.com/read/714474...-500-m?wp.trkn




Jokowi Minta Ragunan Jadi Kebun Binatang Terbaik di Dunia


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Margasatwa Ragunan yang berada di Jakarta merupakan kebun binatang terbesar kedua di dunia setelah Kebun Binatang Toronto. Selain itu, Ragunan juga menjadi kebun binatang ketiga tertua di dunia.

Namun demikian, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meminta agar kebun binatang yang memiliki luas 120 hektar tersebut memiliki predikat terbaik di dunia. Karenanya, dia meminta kepada pengurus Ragunan untuk membuat masterplan kebun binatang untuk 50 tahun ke depan.

Menurut Jokowi, jika masterplan atau blue print Ragunan telah matang, ia menjanjikan akan menggelontorkan dana berapapun sesuai yang dibutuhkan.
"Pemprov siap mendukung dengan menyiapkan anggaran asal jelas goal-nya," ujar dia usai membuka dialog publik di Pusat Primata Schmutzer di Ragunan, Selasa (8/10).

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas Ragunan Hashim Djojohadikusumo mengatakan, ada beberapa hal utama yang mendesak untuk segera dibenahi di Ragunan. Salah satunya, kata dia, mengenai mutu air telaga seluas 6,8 hektar dan air sungai yang ada di kebun binatang.

Menurut Hashim, air yang dipakai untuk keperluan minum dan mandi hewan tersebut kondisinya sudah tercemar. Air kotor tersebut, kata dia, bahkan sudah berdampak pada kesehatan kulit hewan.

"Air yang dipakai harimau dan beruang madu itu berasal dari sungai yang sudah tercemar dan tidak ada oksigen. Jelas sudah tidak memadai. Harus kita perbaiki," ujar dia yang baru menjabat sebagai ketua dewan pengawas Ragunan selama enam bulan tersebut.

Selain itu, lanjut Hashim, pihaknya juga akan melakukan perbaikan pada kandang binatang, perbaikan bioskop yang ada di dalam Ragunan, serta peningkatan dalam hal pengawasan dan keselamatan.

http://www.republika.co.id/berita/na...rbaik-di-dunia
Diubah oleh tukang.copas 08-10-2013 10:17
0
3.3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan