Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abchaerAvatar border
TS
abchaer
kayu gitar dan fungsinya dan suara yang berbeda2 dari kayu tersebut!
Quote:


sebenarnya apa si pengertian dari gitar akustik emoticon-cystg nih gan, Gitar akustik adalah jenis gitar dimana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik.

Karateristik
1. Suara senar diperkuat oleh bagian resonansi.
2. Gitar akustik memiliki enam senar. Namun beberapa gitar memiliki tujuh senar atau lebih.
3. Beberapa gitar menggunakan senar yang terbuat dari nilon dan yang lainnya terbuat dari baja. Gitar yang menggunakan senar nilon sering pula di sebut sebagai gitar klasik
4. Seluruh bagian gitar terbuat dari kayu. Hal ini tentunya membuat suara gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik.

Quote:


Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi: (1) guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan (2) Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini.
Keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika, dimana banyak replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan Gut / benang benang sutera, di banyak daerah benua itu. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol, tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen instrumen yang kita bisa saksikan dilukisan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat diseluruh Eropa.

nah gan menurut ane pengertian gitar setiap orang beda-beda, tapi yang sebenernya menurut ane sendiri gitar akustik itu banyak sekali pengertian dan dari mana gitar akustik itu berasal. ada yang bilang dari sanalah dari situlah dan itu jauh semuanya emoticon-Ngakak

tapi gitar akustik itu sendiri dinilai dari suara yang bagus dan keindahan bodynya yang membuat gitar itu terkenal dan diterima di masyarakat. keunikan dari gitar akustik lah yang membuat semua orang tergila-gila dengannya emoticon-Coolsampai banyak sekali yang membuat dan mendesain nya secara sendiri-sendiri. mulai dari negara jerman(yang dipakai sungha jung),amerika (terutama martin dan taylor) dan korea dan jepang (cort dan yamaha yang ada di mg dan tempat toko musik).

dalam masalah harga ya pasti beda-beda karena setiap gitar akustik dibuat dengan tidak sendiri melainkan dengan banyak orang yang mengerti tentang gitar (ahli gitar) tapi disini saya akan memberitahukan kepada anda sekalian kayu-kayu yang dibuat oleh ahli gitar untuk dijadikan gitar dan perbedaannya masing masing.

Quote:


Quote:


yaps sebenernya banyak banget sih gan kayu yang bisa dipakai sebagai gitar. tapi ane bisa kasih tau yang sering ada aja di indonesia untuk pelajaran aja. biasanya kan kalo beli murah di pasar cuman pake triplek di depannya dan mahony A udah. ya semoga aja bermanfaat untuk agan-agan kaskuser.

dan bisa kalo kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)atau emoticon-Rate 5 Star nya gan hehehe. dan kalo agan bisa kasih comen yang lain untuk nambah jelasin lagi juga bole, atau tanya-tanya di thread ini juga bole.

salam kenal buat agan-agan kaskuser semuanyaemoticon-Shakehand2
Diubah oleh abchaer 05-09-2013 13:42
0
40.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan