Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

promaximaAvatar border
TS
promaxima
Cek Dahulu Polis Asuransi Jiwa Anda Sebelum Terlambat!!
Anda memiliki atau baru saja membeli sebuah polis asuransi jiwa? Selamat! Dengan Anda membeli sebuah polis asuransi berarti Anda telah membeli perlindungan terhadap resiko finansial yang mungkin terjadi kepada Anda dan keluarga. Anda sudah mau melihat jauh ke depan merencanakan keuangan Anda. Tetapi apakah Anda tahu apa isi polis asuransi jiwa yang Anda miliki sekarang? Apakah agent Anda menjelaskan secara detail mengenai produk asuransi jiwa Anda? Atau Anda hanya sekedar membeli karena itu yang menawarkan adalah saudara Anda atau teman dekat Anda tanpa mengetahui apa saja fitur fiturnya? Jika Anda sudah tahu benar apa isi asuransi jiwa Anda, Anda boleh tidak melanjutkan membaca artikel ini, tetapi jika Anda kurang mengerti atau bahkan tidak tahu, Anda harus melanjutkan! Jangan sampai Anda menyesal telah membeli asuransi tersebut.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah MANFAAT dari polis Anda. Coba liat kembali ilustrasi yang diberikan agent Anda. Di halaman depan ilustrasi semua perusahaan asuransi terdapat rangkuman produk yang Anda ambil, sampai usia berapa Anda akan dicover oleh asuransi, dan jumlah uang pertanggungan yang dijanjikan. Ini adalah inti dari semua Asuransi Jiwa karena ini adalah kontrak Anda dengan pihak asuransi. Cek detail penjelasan dari masing masing rider dan jumlah uang pertanggungan. Apakah manfaat yang diambil dan jumlah uang pertanggungan yang akan diberikan sudah sesuai dengan kebutuhan Anda? Contoh rider manfaat penyakit kritis hanya 20 - 50 juta, apakah cukup uang pertangunggan sebesar itu membiayai pengobatan penyakit kritis?

Hal kedua adalah masa tunggu. Ini adalah bagian yang tidak kalah pentingnya hanya saja kebanyakan orang tidak mengetahui hal ini. Di polis Anda, setiap manfaat yang Anda ambil ada ketentuan-ketentuan yang berlaku. Untuk berberapa manfaat tambahan atau riders ada yang harus melalui masa tunggu, dimana jika Anda melakukan claim pada periode masa tunggu maka pihak asuransi berhak tidak membayarkan claim Anda. Biasanya yang terdapat ketentuan masa tunggu adalah rider cover untuk biaya rawat inap rumah sakit, cover untuk rawat jalan dan cover untuk penyakit kritis. Berbeda-beda setiap perusahaan asuransi. Lalu ketentuan dari setiap manfaat tambahan yang diambil. Anda harus mengetahui kriteria apa saja yang Anda bisa claim dan diganti oleh pihak asuransi. Untuk hal ini Anda bisa membacanya di polis Anda.

Yang terakhir adalah lembar kopi SPAJ di belakang polis Anda. Apakah sudah sesuai dengai rekap kesehatan Anda? Ada berberapa agent nakal yang memalsukan data kesehatan nasabah agar surat pengajuannya bisa langsung diterima oleh pihak asuransi. tanpa proses underwritting. Hal ini penting karena data kesehatan Anda menjadi salah satu pertimbangan pihak asuransi untuk membayar claim. Jika ada data yang dipalsukan saat pengajuan asuransi dan pihak asuransi menemukan data palsu tersebut saat melakukan investigasi maka mereka berhak tidak membayar claim nasabah

Tiga hal diatas sangat penting untuk diketahui. Karena Anda membayar asuransi ini untuk dilindungi secara long term (jangka panjang). Penting sekali untuk bertanya kepada agent penjual Anda mengenai hal ini, dan jangan malas untuk membaca isi polis Anda, karena polis Anda memiliki kekuatan hukum. Pihak Asuransi akan menggunakan polis Anda sebagai bukti hukum dalam proses pembayaran claim dan penyelesaian masalah. Tanyakan jika ada hal yang Anda kurang mengerti. Banyak komplain nasabah asuransi dikarenakan mereka tidak tahu apa yang mereka ambil. Dan saat mereka klaim pihak asuransi menolak klaimnya. Agent yang baik akan menjelaskan hal-hal ini, tetapi ada baiknya Anda sendiri juga meluangkan waktu untuk melihat lagi isi polis Anda supaya Anda tidak merasa ditipu atau dirugikan oleh asuransi. Karena asuransi itu penting untuk meminimalkan resiko keuangan Anda jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa mengganggu perencanaan masa depan Anda dan keluarga.

Silahkan cek polis Anda.Cek Dahulu Polis Asuransi Jiwa Anda Sebelum Terlambat!!

http://asuransisakitkritis.blogspot.com/

Asuransisakitkritis@gmail.com
Diubah oleh promaxima 14-10-2013 02:12
0
9.7K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan