- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Rencana Tol Atas Laut Jakarta-Surabaya Sepanjang 775 Km Telan Rp 150 Triliun


TS
myviory
Rencana Tol Atas Laut Jakarta-Surabaya Sepanjang 775 Km Telan Rp 150 Triliun

illustrasi tol bali
Quote:
Jakarta - Sebanyak 19 BUMN berencana membangun tol atau laut Jakarta-Surabaya untuk mengulangi sukses tol atas laut di Bali. Tol ini diproyeksikan akan membentang sepanjang 775 Km dengan proyeksi investasi sekitar Rp 150 triliun.
Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk (WSKT) M. Choliq usai perjanjian kerjasama studi kelayakan (feasibility study) 19 BUMN di Plasa Sarinah Jakarta, Kamis (3/10/2013).
Tol atas laut baru ini diproyeksikan akan dibangun di atas laut dan darat sepanjang pesisir utara (Pantura) Jawa.
"Konstruksi dan pendanaan mungkin. Ini paling masalah regulasi. Ini kalau diberi konsesi jangan sampai tumpang tindih. Panjangnya sekitar 775 Km. Dananya Bisa sampai Rp 150 triliun," ucap M. Choliq
Tahap awal akan dilakukan studi kelayakan selama 6 bulan. Setelah studi tuntas, proposal proyek yang nantinya dibiayai, diusulkan dan dikerjakan oleh BUMN ini diajukan ke regulator.
Di tempat yang sama, ketua konsorsium tol di atas laut Jakarta-Surabaya yakni Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Adityawarman menjelaskan pembangunan tol ini sangat mendesak. Hal ini sejalan dengan padatnya ruas jalan pantura hingga meroketnya jumlah kendaraan bermotor.
"Sekarang saja kalau truk Jakarta-Semarang 3 hari. Kalau ada tol bisa 1 sehari sampai Semarang. Terus Jakarta-Surabaya naik tol bisa 2 hari kalau darat 1 minggu.
Tapi yang mendesak itu di Pantura Semarang-Surabaya," katanya.
19 BUMN antaralaian Jasa Marga, Adhi Karya, Waskita Karya, Wijaya Karya, Pembangunan Perumahan, Brantas Abipraya, Istaka Karya, Pelindo II, Pelindo III, Semen Indonesia, Krakatau Steel, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Jamsostek dan Taspen.
Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk (WSKT) M. Choliq usai perjanjian kerjasama studi kelayakan (feasibility study) 19 BUMN di Plasa Sarinah Jakarta, Kamis (3/10/2013).
Tol atas laut baru ini diproyeksikan akan dibangun di atas laut dan darat sepanjang pesisir utara (Pantura) Jawa.
"Konstruksi dan pendanaan mungkin. Ini paling masalah regulasi. Ini kalau diberi konsesi jangan sampai tumpang tindih. Panjangnya sekitar 775 Km. Dananya Bisa sampai Rp 150 triliun," ucap M. Choliq
Tahap awal akan dilakukan studi kelayakan selama 6 bulan. Setelah studi tuntas, proposal proyek yang nantinya dibiayai, diusulkan dan dikerjakan oleh BUMN ini diajukan ke regulator.
Di tempat yang sama, ketua konsorsium tol di atas laut Jakarta-Surabaya yakni Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Adityawarman menjelaskan pembangunan tol ini sangat mendesak. Hal ini sejalan dengan padatnya ruas jalan pantura hingga meroketnya jumlah kendaraan bermotor.
"Sekarang saja kalau truk Jakarta-Semarang 3 hari. Kalau ada tol bisa 1 sehari sampai Semarang. Terus Jakarta-Surabaya naik tol bisa 2 hari kalau darat 1 minggu.
Tapi yang mendesak itu di Pantura Semarang-Surabaya," katanya.
19 BUMN antaralaian Jasa Marga, Adhi Karya, Waskita Karya, Wijaya Karya, Pembangunan Perumahan, Brantas Abipraya, Istaka Karya, Pelindo II, Pelindo III, Semen Indonesia, Krakatau Steel, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Jamsostek dan Taspen.
Quote:
Jakarta - Perusahaan pelat merah berencana membangun jaringan jalan tol baru Jakarta menuju Surabaya. Tol ini rencananya dibangun dan dibiayai secara keroyokan oleh 19 BUMN.
Tahap awal, ide membangun tol yang diketuai PT Jasa Marga Tbk (JSMR) ini akan melakukan uji kelayakan (feasibility study) selama 6 bulan. Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan pembangunan jalan tol baru ini merupakan momentum untuk melanjutkan sukses tol di atas laut Bali yang dikerjakan oleh BUMN.
"Ini hasil pembicaraan hari Senin. Momentum tol Bali yang cepat dengan andalkan BUMN. Semangat itu kita tingkatkan untuk starting. Hasil studi baru kita ajukan ke pemerintah," ucap Dahlan saat menyaksikan MoU feasibility study oleh 19 BUMN di Plaza Sarinah, Jakarta, Kamis (3/10/2013).
Dahlan meminta studi kelayakan harus selesai dalam kurun waktu 6 bulan ke depan. Sambil melakukan studi kelayakan, perizinan terkait pembangunan jalan tol baru ini harus segera diurus. Namun Dahlan berpesan agar proyek keroyokan BUMN ini laik secara bisnis
"Ini baru studi. Ini studi sangat singkat 6 Bulan. Dari segi kekuatan, kuat karena perbankan kita kuat. Dari BUMN karya juga terbukti kuat," sebutnya.
Di tempat yang sama Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman mengatakan ide pembangunan jalan tol baru dimunculkan oleh Menteri BUMN ketika melakukan syukuran suksesnya tol Bali. Menurutnya tahap awal akan dilakukan studi kelayakan. Tol baru ini bisa saja dibangun di atas laut atau di darat namun semuanya tergantung hasil studi.
"Mana prioritas utama. Nanti ada jalan tol sejajar. Ini baru ide. Kita punya trase. Ini memungkinkan. Jangan sampai merugikan BUMN.
Kalau memungkinkan kita ajukan proposal Pokoknya jalan tol ada yang sebagian darat atau di pinggir laut. Kita liat studinya," sebutnya.
Ide pembangunan ini nantinya bisa mengikuti perkembangan pertumbuhan kendaraan yang sangat padat di area Jabodetabek dan Jawa. Jasa Marga sendiri melihat rute yang paling laik secara bisnis dimulai dari Semarang menuju Surabaya menyusuri pesisir pantai utara.
"Yang mendesak itu pantura. Rute Semarang-Surabaya. Rute itu Semarang-Demak-Rembang-Tuban-Gresik-Surabaya. Ini Jasa Marga lihat paling feasible," katanya.
Hadir pada acara perjanjian kerjasama studi kelayakan jaringan jalan tol di pulau Jawa 19 direksi dari 19 BUMN seperti Jasa Marga, Adhi Karya, Waskita Karya, Wijaya Karya, Pembangunan Perumahan, Brantas Abipraya, Istaka Karya, Pelindo II, Pelindo III, Semen Indonesia, Krakatau Stell, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Jamsostek dan Taspen.
(feb/dru)
Tahap awal, ide membangun tol yang diketuai PT Jasa Marga Tbk (JSMR) ini akan melakukan uji kelayakan (feasibility study) selama 6 bulan. Menteri BUMN Dahlan Iskan menjelaskan pembangunan jalan tol baru ini merupakan momentum untuk melanjutkan sukses tol di atas laut Bali yang dikerjakan oleh BUMN.
"Ini hasil pembicaraan hari Senin. Momentum tol Bali yang cepat dengan andalkan BUMN. Semangat itu kita tingkatkan untuk starting. Hasil studi baru kita ajukan ke pemerintah," ucap Dahlan saat menyaksikan MoU feasibility study oleh 19 BUMN di Plaza Sarinah, Jakarta, Kamis (3/10/2013).
Dahlan meminta studi kelayakan harus selesai dalam kurun waktu 6 bulan ke depan. Sambil melakukan studi kelayakan, perizinan terkait pembangunan jalan tol baru ini harus segera diurus. Namun Dahlan berpesan agar proyek keroyokan BUMN ini laik secara bisnis
"Ini baru studi. Ini studi sangat singkat 6 Bulan. Dari segi kekuatan, kuat karena perbankan kita kuat. Dari BUMN karya juga terbukti kuat," sebutnya.
Di tempat yang sama Direktur Utama Jasa Marga Adityawarman mengatakan ide pembangunan jalan tol baru dimunculkan oleh Menteri BUMN ketika melakukan syukuran suksesnya tol Bali. Menurutnya tahap awal akan dilakukan studi kelayakan. Tol baru ini bisa saja dibangun di atas laut atau di darat namun semuanya tergantung hasil studi.
"Mana prioritas utama. Nanti ada jalan tol sejajar. Ini baru ide. Kita punya trase. Ini memungkinkan. Jangan sampai merugikan BUMN.
Kalau memungkinkan kita ajukan proposal Pokoknya jalan tol ada yang sebagian darat atau di pinggir laut. Kita liat studinya," sebutnya.
Ide pembangunan ini nantinya bisa mengikuti perkembangan pertumbuhan kendaraan yang sangat padat di area Jabodetabek dan Jawa. Jasa Marga sendiri melihat rute yang paling laik secara bisnis dimulai dari Semarang menuju Surabaya menyusuri pesisir pantai utara.
"Yang mendesak itu pantura. Rute Semarang-Surabaya. Rute itu Semarang-Demak-Rembang-Tuban-Gresik-Surabaya. Ini Jasa Marga lihat paling feasible," katanya.
Hadir pada acara perjanjian kerjasama studi kelayakan jaringan jalan tol di pulau Jawa 19 direksi dari 19 BUMN seperti Jasa Marga, Adhi Karya, Waskita Karya, Wijaya Karya, Pembangunan Perumahan, Brantas Abipraya, Istaka Karya, Pelindo II, Pelindo III, Semen Indonesia, Krakatau Stell, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Jamsostek dan Taspen.
(feb/dru)
Kalau beneran jadi, kira2 lewat jalan tol ini kena biaya berapa ya gan...

Pantura sepiii...
Spoiler for Sumber:
[URL="http://finance.detik..com/read/2013/10/03/103021/2376410/4/19-bumn-keroyokan-bangun-tol-baru-jakarta-surabaya-di-atas-laut"]detik: Tol atas laut[/URL]
Diubah oleh myviory 03-10-2013 15:50
0
6.5K
Kutip
66
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan