fauzanafif99Avatar border
TS
fauzanafif99
Dijamin Enak buat Ngelakuin Ini di Malam Hari (Bisa Berefek Ketagihan)
Gan, ada yang suka ngeliatin bintang di langit kalau malam? Biasanya naik ke atas genteng, atas pohon, atau atas bukit? Nah, biar suasananya asik dan maksimal, ini ada rekomendasi lokasi keren buat mandangin bintang di malam hari di Indonesia.

Maros, Sulawesi Selatan

Kata siapa harus pergi jauh-jauh dari peradaban perkotaan untuk bisa melihat bintang? Desa-desa di Maros, Sulawesi Selatan ini terletak hanya sejam perjalanan darat dari Makassar, tetapi masih termasuk salah satu yang terbaik di antara tempat-tempat untuk menatap bintang di Indonesia. Setelah seharian caving di TN Bantimurung-Bulusaraung atau menyusuri sungai berhias hutan bakau di Rammang-Rammang, senja melukiskan warna-warna merah jambu keemasan pada langit Maros, yang akan segera ditenggelamkan oleh biru nila sang malam.

Selama blue hour di antara maghrib dan isya, langit malam Maros berkilau dengan gemintang, berlatar siluet formasi-formasi karst di kejauhan. Di beberapa tempat di Rammang-Rammang, dengan bantuan tripod yang stabil, shutter speed lambat, dan filter yang cocok, kamu bisa mengabadikan bayangan menara-menara karst yang megah pada perairan kuala di bawah langit bertabur bintang.

Masih mikir-mikir buat ke sana? Ini bisa bantu.

Candi Borobudur, Jawa Tengah

Spoiler for Borobudur di Malam Hari:


Menurut beberapa ilmuwan, mahakarya arsitektural abad 9 yang agung dan bernuansa religi ini merupakan sebuah teka-teki astronomi kuno, Tata konstruksi Borobudur—dimensinya, posisi stupa-stupanya, dan tema relief-reliefnya—diduga mempunyai korelasi dengan pergerakan benda-benda angkasa pada musimnya.

Oleh karena itu tak heran jika Borobudur menjadi salah satu tempat untuk menatap bintang di Indonesia yang wajib dikunjungi. Di bawah angkasa bermandi gugusan-gugusan bintang, perhatikan cahaya rembulan yang menembus lubang-lubang stupa, memancarkan bayang-bayang sang Buddha pada lantai candi.

Di warisan budaya dunia lain di Indonesia mungkin bisa keren juga Gan. Cobain deh ke sini

Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat

Pantai berpasir putih? Ada. Tampak megah Gunung Tambora dari kejauhan? Ada. Air terjun berair sebening kristal? Ada. Hutan hujan dan bakau yang lebat? Ada. Bandara yang relatif dekat dengan destinasi terisolasi ini? Ada. Legenda dan klenik mistis yang masih dipegang masyarakat setempat? Ada. Kunjungan bintang rock legendaris dan putri raja? Pernah. Langit malam yang jernih dan gemerlap dengan bintang? Ada banget.

Dengan topografinya yang unik, Moyo mempunyai segala karakteristik ideal sebagai tempat untuk menatap bintang di Indonesia. Pastikan kamu membawa tripod yang stabil dan kamera DSLR dengan bulb mode (kalau bisa ada remote control-nya) untuk menangkap star trail yang memukau di atas indahnya lansekap Moyo. Untuk menangkap variasi menarik warna langit malam, bereksperimenlah dengan WB yang berbeda-beda.

Belom tau di Nusa Tenggara Barat ada apa aja? Daripada malu sama keponakan, mendingan ke sini

Kawah Ijen, Jawa Timur

Spoiler for Bintang-bintang Cantik di Langit Ijen:

Langit tropis mungkin jauh dari semarak warna-warni aurora di dekat kutub. Tetapi satu keistimewaan langit malam Islandia yang kembarannya hanya ada di Indonesia adalah blue flame yang dipijarkan oleh fumarol danau belerang kawah Ijen yang menghiasi langit malam dengan berbagai gradasi warna biru bersanding hijau dan merah.

Amati terbitnya bintang kejora saat matahari terbenam dan rasi-rasi bintang yang satu per satu bermunculan di angkasa selama blue hour. Dengan benda-benda angkasa berpendar di atas dan nyala blue flame di bawah, Ijen menjadi salah satu yang teristimewa di antara tempat-tempat untuk menatap bintang di Indonesia. Berkemah semalaman di tepi kawah bisa berbahaya karena gas beracun yang dikeluarkan belerang, tetapi ada guest house di Paltuding yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki selama dua setengah jam, dengan medan yang tidak sulit untuk pemula.

Jangan sampe salah, Kawah Ijen ini ada di Jawa Timur. Pahami Jawa Timur biar di sana nggak nyasar. Yuk mampir

TN Lorentz, Papua

Sebagai salah satu tempat paling terpencil di Indonesia, TN Lorentz mempunyai pesona tersendiri sebagai tempat untuk menatap bintang. TN Lorentz hanya dapat diakses dengan speedboat dari Pomako di Mimika Timur, jauh dari jalan raya, jangkauan ponsel, dan pasokan listrik. Oleh karena itu, dibutuhkan nyali yang besar untuk datang ke sini.

Satu-satunya pilihan penginapan di TN Lorentz adalah berkemah atau menumpang di rumah penduduk. Dengan bantuan pemandu dari suku Amungme, kamu bisa minta diantar ke tempat untuk memandang matahari terbenam di balik Puncak Jaya, dan jernih kemilau galaksi-galaksi di atasnya. Tempat untuk menatap bintang di Indonesia yang satu ini memang tak tertandingi.

Ke Papua emang jauh Gan, tapi coba cek deh di sana ada apa aja. Habis ngeliat inisemoga ngayalnya nggak kebablasan ya emoticon-Wink

Apakah destinasi kesayangan Agan masuk dalam Top 5 di atas? Yang ada foto langit dan bintang cantik, ayo di share Gan. emoticon-I Love Indonesia
0
2.8K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan